Sukses

Jelajah Likupang, Spot Wisata dan Kuliner Potensial di Sulawesi Utara

Likupang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tempat ini memiliki potensi wisata berupa keindahan alam yang tak kalah dengan Manado dan Bunaken dengan kelezatan kuliner yang khas.

Liputan6.com, Manado - Likupang di Sulawesi Utara mungkin memang tak sepopuler Manado dan Bunaken. Namun, ternyata Likupang menyimpan keindahan yang cocok disebut sebagai Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara.

Likupang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tempat ini memiliki potensi wisata berupa keindahan alam yang tak kalah dengan Manado dan Bunaken dengan kelezatan kuliner yang khas.

Hamparan perbukitan hijau, pantai pasir putih, pesona bawah laut yang masih terjaga, kuliner khas, hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi daya tarik Likupang. Tak heran, jika Likupang masuk ke dalam salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, Kemenparekraf/Baparekraf terus mendorong pembangunan infrastruktur di Likupang, termasuk infrastruktur jalan, air bersih, dan listrik. Likupang menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi wisata menarik, mulai dari Bukit Pulisan hingga Bukit Larata.

Saat berkunjung ke Bukit Pulisan, wisatawan akan disambut dengan hamparan padang rumput luas yang berseberangan langsung dengan pemandangan laut biru. Untuk sampai ke bukit ini, wisatawan harus mendaki terlebih dahulu.

Sementara itu di Bukit Larata, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan bukit savana. Indahnya padang rumput berpadu dengan pemandangan laut pun dapat memanjakan mata. Selain perbukitan, Likupang juga memiliki pantai indah tak berujung. Pada 2007, ditemukan penyu hijau di pantai ini yang membuat masyarakat setempat dan World Wildlife Fund Indonesia terkejut.

Bergeser ke Desa Marinsow di Kecamatan Likupang Timur, terdapat destinasi wisata Pantai Paal. Pantai ini dikenal dengan pemandangan eksotis dengan warna gradasi air laut yang cantik.

Kedua pantai tersebut sangat cocok untuk snorkeling, berjemur, atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan sekitar. Beberapa pantai lain yang ada di Likupang adalah Pantai Pulisan, Pantai Sampiran, dan Pantai Surabaya.

Destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi di Likupang adalah Pulau Lihaga. Pulau ini dikenal memiliki keindahan bawah laut yang tiada dua.

Memiliki luas 8 hektare, pulau ini tampak indah dengan pasir putih lembut dan air laut biru jernihnya. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan snorkeling maupun menikmati keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Kuliner Khas Likupang

Beberapa keindahan destinasi wisata di Likupang semakin sempurna dengan beragam sajian khasnya. Salah satu kuliner khas Likupang yang patut dicoba adalah lalampa.

Lalampa terbuat dari ketan yang diisi dengan ikan cakalang. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang, sehingga memiliki aroma harum dengan rasa gurih.

Selain lalampa, ada juga milu siram, yakni sup jagung yang dibuat dengan udang atau daging ikan. Kuliner ini memiliki cita rasa asam yang berasal dari jeruk nipis serta rasa pedas dari cabai. Kuliner khas Likupang lain yang patut dicoba adalah cakalang fufu, pisang goroho goreng sambal loa, serta binta biluhuta.

Likupang dengan segala keunikan dan keindahannya sangat cocok menjadi destinasi wisata liburan bersama keluarga maupun bagi solo traveler. Berbagai pengalaman menarik akan didapatkan saat berkunjung ke Likupang.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini