Sukses

Banjir Bandang Terjang Kabupaten OKU Sumsel, Warga Cerita Tak Sempat Selamatkan Barang

Banjir bandang menerjang kawasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel), akibat air Sungai Ogan meluap pada Kamis dini hari (23/5/2024).

Liputan6.com, Palembang - Banjir bandang menerjang kawasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel), akibat air Sungai Ogan meluap pada Kamis dini hari (23/5/2024). Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu Gunalfi mengatakan, sungai meluap akibat hujan deras turun dengan intensitas tinggi.

"Sungai Ogan meluap dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB hingga menimbulkan banjir bandang," katanya.

Berdasarkan pantauan, kata dia, banjir merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu seperti di Kecamatan Ulu Ogan, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, Baturaja Timur, dan Baturaja Barat, dengan ketinggian air mencapai 1-2 meter

"Saat ini kami masih melakukan pendataan. Semoga tidak ada korban jiwa," kata Gunalfi.

BPBD OKU menerjunkan personel dan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga terdampak banjir guna mengantisipasi korban jiwa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Tak Sempat Selamatkan Barang

Sementara, menurut Devi, warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, ia terpaksa mengungsi karena rumah yang dihuninya terendam banjir mencapai dua meter.

"Air cepat sekali meninggi hingga masuk ke dalam rumah, sehingga tidak banyak barang berharga yang bisa diselamatkan," ucap Devi.

Menurut dia, bencana alam kali ini lebih parah dibandingkan banjir yang terjadi pada awal bulan lalu yang datang secara tiba-tiba.

"Untuk sementara waktu saya terpaksa mengungsi ke tempat keluarga, mengingat debit air Sungai Ogan terus meningkat," ujar Devi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini