Sukses

Tambah Satu Lagi Maskapai China, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Makin Ramai

Karena kedatangan Warga Negara China ke Bali tinggi, akhirnya maskapai Juneyao mulai beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Liputan6.com, Badung - Penerbangan menuju China yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali bertambah. Tak hanya frekuensi rute, kali ini ada tambahan maskapai yang beroperasi di bandara internasional tersebut.

Rute internasional tersebut ditandai dengan dibukanya penerbangan langsung dari dan menuju Pudong International Airport, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok yang dilayani maskapai Juneyao Airlines.

Penerbangan perdana hari Sabtu (20/1/2024) dengan rute langsung Pudong (PVG) - Denpasar (DPS), penerbangan itu merupakan tambahan frekuensi rute internasional perdana di tahun 2024.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhiatiawan menyebut beroperasinya Juneyao Airlines adalah pertama di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Koordinasi dengan Juneyao Airlines sudah dimulai pertengahan tahun 2023 lalu. Berkat dukungan dan sinergi seluruh stakeholder di lingkungan bandara, inaugural flight Juneyao Airlines dapat terlaksana dengan lancar pada penerbangan perdana," kata dia di Denpasar, Minggu (21/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

36 Rute Internasional

Untuk diketahui,  jumlah kedatangan penumpang WNA asal China mengalami peningkatan jumlah dari tahun 2020 hingga 2021 Bali sangat terpengaruh dampak pandemi Covid-19. Handy menyebut peningkatan tersebut sejalan dengan proyeksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia akan pulih di atas tahun 2025.

"Tahun 2023 wisman China yang datang ke Pulau Bali menduduki peringkat ketiga terbanyak sejumlah 265.805 orang. Kurang lebih berkontribusi 5 persen dari total wisman yang datang sepanjang tahun 2023 sebanyak 5.317.287 orang wisman," tutur dia.

Menurut dia tambahan frekuensi dan maskapai baru di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tersebut akan semakin meramaikan kunjungan wisman di Bali khususnya jumlah kedatangan WNA asal China.

"Diharapkan dapat segera kembali seperti di tahun 2018 yang mencapai 1.380.687 orang untuk wisman asal China," kata dia.

Sementara itu, Juneyao Airlines dengan nomor penerbangan HO 1355 rute Pudong (PVG) – Denpasar (DPS) beroperasi menggunakan pesawat tipe Airbus A320 mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Sabtu (20/1/2024) pukul 15.35 WITA dengan disambut water salute.

Pesawat airbus tersebut membawa 153 penumpang, dan pesawat kembali terbang dengan nomor penerbangan HO 1356 pada pukul 17.20 WITA mengangkut 119 penumpang. Penerbangan Juneyao Airlines dengan rute dari dan menuju Pudong.

Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Bali telah melayani sebanyak 21 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Sedangkan untuk rute internasional, dengan tambahan Juneyao Airlines maka saat ini terdapat 38 maskapai yang melayani rute internasional dengan 36 rute yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Untuk rute menuju Tiongkok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Xiamen Airlines, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines dengan rute dari dan menuju Guangzhou, Fuzhou, Xiamen, dan Shanghai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.