Sukses

Liburan di Solo? Cek Paket Wisata Selama Piala Dunia U-17 2023

Tak dipungkiri, Piala Dunia U-17 2023 menjadi momen bagi wilayah Solo Raya untuk melakukan promosi wisata. Kejuaraan sepak bola kelas dunia ini berhasil mendongkrak peningkatan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Liputan6.com, Solo - Mau liburan ke Kota Solo, sekaligus nonton Piala Dunia U-17 2023? Saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo menawarkan paket wisata yang bisa dinikmati wisatawan atau pengunjung Kota Solo.

Hal ini dilakukan semenjak gelaran Piala Dunia U-17 2023 diselenggarakan salah satunya di Kota Solo.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Gembong Hadi Wibowo pun berharap, para peserta hingga penonton diharapkan bisa menikmati paket wisata di Kota Solo.

"Pada Piala Dunia U-17 2023, kami menyelenggarakan Tour. Penyelenggaraannya memang masih terbatas pada panitia atau Organizing Committee (OC). Beberapa waktu lalu kami sempat membawa mereka mengunjungi beberapa titik destinasi wisata Solo," ujar Gembong, Jumat (23/11/2023).

Tak dipungkiri, Piala Dunia U-17 2023 menjadi momen bagi wilayah Solo Raya untuk melakukan promosi wisata. Kejuaraan sepak bola kelas dunia ini berhasil mendongkrak peningkatan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Promosi wisata di Solo Raya pun terus digencarkan selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Berkati itu, Gembong Hadi Wibowo meyebut, bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung hingga November tahun ini sebetulnya sudah melampaui target.

Sejauh ini, sudah ada 4,5 juta wisatawan yang mengunjungi Solo. Dari jumlah itu, 18 ribu di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. Tapi ia juga memastikan jika masih ada peluang untuk terus meningkatkan angka kunjungan, terlebih Piala Dunia U-17 masih berjalan, apalagi Solo dipastikan akan jadi venue untuk partai final.

"Kami juga menyelipkan informasi mengenai beberapa paket wisata yang sudah kami siapkan. Ini kerja sama antara Dinas dan ASITA untuk mengkreasi paket yang ditawarkan kepada panitia, peserta, hingga penonton Piala Dunia U-17 dari dalam maupun luar negeri," ucapnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket Wisata Menyasar Seluruh Solo Raya

Paket wisatawa yang ditawarkan untuk wisatawan tak hanya disiapkan untuk wilayah Kota Solo saja. Gembong memastikan, pihaknya juga menyasar destinasi-destinasi lainnya di area Solo Raya.

Katanya paket itu sudah dititipkan kepada Dispora untuk mempromosikan kepada penonton Piala Dunia U-17 2023 soal potensi wisata Kota Solo. Mereka juga telah memastikan ada komunikasi dengan kota-kota di sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Solo Mirza Ananda menjelaskan, ada empat paket wisata khusus bagi warga negara Asing (WNA) untuk menyambut tamu-tamu mancanegara selama Piala Dunia U-17 2023.

"Kami menyajikan beberapa wisata alam di kawasan Solo Raya. Yang pertama ialah paket wisata 'View From The Top'. Kami membawa pengunjung ke Boyolali, tepatnya di sekitar Gunung Merapi dan Merbabu. Kemudian ada 'The Magnificent Solo City Heritage Tour' yang akan lebih banyak berkunjung di destinasi-destinasi wisata sejarah di Solo," kata Mirza.

Selain itu, ada 'Exciting Tawangmangu with Jeep Tour'. Pada wisata tur ini, tamu diajak menikmati lanskap Tawangmangu menggunakan jeep. Sedangkan yang terakhir ialah 'Heal for The Soul'. Ini merupakan perpaduan tur di Solo dan Tawangmangu.

Menariknya lagi, paket wisata ini bisa jadi berlanjut di kemudian hari meskipun gelaran Piala Dunia U-17 usai. Hal itu akan dibicarakan kemudian.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.