Sukses

Simak, Keistimewaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Dalam hadis Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa siapa pun yang membaca sepuluh ayat awal dari surat ini akan terlindungi dari Dajjal.

Liputan6.com, Jakarta Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keistimewaan tersendiri. Membaca surat ini pada malam Jumat dan hari Jumat diyakini memiliki manfaat dan syafaat yang luar biasa bagi umat Muslim.

Salah satu manfaat besar membaca Surat Al-Kahfi adalah mendapat perlindungan dari fitnah Dajjal (Anti Kristus dalam ajaran Islam). Dalam hadis Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa siapa pun yang membaca sepuluh ayat awal dari surat ini akan terlindungi dari Dajjal.

Membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat diiringi dengan niat ikhlas kepada Allah SWT akan mendatangkan pahala yang besar. Pahala ini menjadi keistimewaan bagi umat Muslim yang meluangkan waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam banyak hadis, disebutkan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada Jumat dapat menjadi penghapus dosa dari pekan sebelumnya. Hal ini memberikan peluang kepada umat Muslim untuk memperbaiki diri.

Selain itu, membaca Surat Al-Kahfi menjadi salah satu cara umat Islam mendekatkan diri kepada Allah dengan merenungkan pelajaran dari kisah-kisah dalam surat ini.

Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat dianggap sebagai cahaya yang menerangi dan memberkahi hari itu. Cahaya ini akan terus bersinar hingga hari Jumat berikutnya, sehingga umat Muslim diharapkan mendapatkan rahmat dan keberkahan sepanjang pekan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianjurkan

Kisah-kisah dalam Surat Al-Kahfi, seperti kisah Ashabul Kahfi (Pemuda-pemuda di gua) dan kisah Nabi Musa dengan Khidir, memberikan pelajaran tentang iman, keteguhan, dan tawakkal kepada Allah.

Membaca surat ini secara rutin dapat menguatkan iman dan memberi inspirasi dalam menghadapi cobaan hidup. Dengan segala manfaat dan syafaat yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, membaca Surat Al-Kahfi di malam Jumat dan hari Jumat merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Namun, perlu diingat bahwa niat ikhlas dan pemahaman terhadap pesan yang terkandung dalam surat ini adalah hal yang penting dalam menjalankan amalan ini dengan sepenuh hati.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.