Sukses

5 Manfaat Wisata Alam, Tingkatkan Konsentrasi hingga Memperbaiki Suasana Hati

Menyempatkan diri untuk berwisata di alam tidak melulu harus dengan harga mahal atau harus ke luar daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas harian terkadang perlu diimbangi dengan melakukan aktivitas liburan khususnya ke alam untuk sekadar melepas penat.

Menyempatkan diri untuk berwisata di alam tidak melulu harus dengan harga mahal atau harus ke luar daerah. Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat indah di sekitar daerah domisili sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Berwisata di alam ini memiliki banyak manfaatnya, berikut Liputan6.com rangkum manfaat berwisata di alam dari berbagai sumber, yakni:

1. Mengurangi Tingkat Stres

Di dalam kehidupan yang rumit, memang tidak bisa dipungkiri siapa saja bisa mengalami stres. Stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang dihadapinya.

Sekilas mungkin terlihat biasaya saja karena tidak menimbulkan bekas luka yang bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi apabila dibiarkan berlangsung lama dapat merusak kesehatan mental.

Dengan berwisata di alam atau mengunjungi tempat-tempat indah dipercaya dapat mengurangi tingkat stres dari rutinitas keseharian, seperti kerja, tugas yang menumpuk, hingga mumet menyusun skripsi.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Selain untuk menghilangkan stres, berwisata di alam juga dipercaya untuk meningkatkan kembali konsentrasi dalam diri. Konsentrasi adalah memusatkan perhatian atau pikiran pada suatu hal.

Apabila akhir-akhir ini Anda susah sekali untuk berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu, maka coba luangkan waktu dengan pergi berlibur ke alam.

Saat Anda berinteraksi dengan alam, otak akan beristirahat dari overstimulasi sehari-hari yang dapat memiliki efek restoratif pada tingkat perhatian kamu. Maka tidak jarang, orang yang pulang dari liburan akan lebih fresh dan lebih ceria dari sebelumnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Meningkatkan Keharmonisan

Banyak orang memilih mengunjungi tempat-tempat indah dengan orang-orang tersayang, karena beriwisata di alam dengan orang tersayang dapat meningkatkan keharmonisan dan kasih sayang dalam hubungan.

4. Mengukir Kenangan

Manfaat selanjutnya adalah mengukir kenangan, karena hal-hal yang terjadi pada masa lalu dapat membuat kamu mengingatnya pada masa sekarang. Terutama kamu yang pergi berwisata ke tempat indah bersama keluarga.

5. Meningkatkan Kembali Suasana Hati

Apabila Anda sering mempunyai mood yang buruk, maka bisa diatasi dengan pergi berlibur. Pilihlah berlibur dengan melihat suasana alam yang membuat mood kamu menjadi lebih baik, seperti mendengar suara ombak atau menikmati sunset di tepi pantai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini