Sukses

Punya Nama Unik, Dewa Ketut Kantor Sering Hoki

Liputan6.com, Jembrana - Sebuah nama selalu memiliki arti tersendiri bagi orangtua untuk sang anak. Di Bali, misalnya, sebuah nama diyakini mempunyai arti dan makna mendalam.

Nama diberikan kepada seorang anak yang baru lahir harus melalui proses ritual atau upacara khusus. Hal itu bertujuan agar si anak selalu mendapat kebaikan ataupun hoki. Tak mengherankan, bila nama warga di Bali pada dekade 70-an banyak yang aneh dan nyeleneh.

Seperti pria bertumbuh gempal dan berkumis tebal asal Banjar Bale Agung, Desa Yehembang, Mendoyo, Kabupaten Jembrana ini. Dia memiliki nama unik, Dewa Ketut Kantor. Nama tersebut sesuai dengan data kependudukan miliknya seperti KTP dan akta kelahiran.

Dengan nama tersebut, Ketut Kantor justru selalu mendapatkan hoki dalam kehidupannya. "Saya tidak tahu alasan orangtua saya memberi nama Ketut Kantor kepada saya. Saya juga tidak tahu apa artinya," ucap dia kepada Liputan6.com di Jembrana, Bali, Minggu (27/3/2016).

Menurut Ketut Kantor nama pemberian orangtuanya itu justru membuatnya selalu hoki. Entah dari keuletannya ‎atau hanya faktor kebetulan. Pria yang sehari-hari menjajakan sate languan (sate lilit) dan babi mendapatkan penghasilan bersih 1 juta per hari.

"Sehari-hari saya dagang sate lilit dan sate babi. Saya bisa dapat untung bersih 1 juta per hari. hari. Kebetulan atau karena hoki nama, saya tidak tahu juga. Saya syukuri aja," tutur Ketut Kantor.

Ketut Kantor mengaku dirinya pernah menjadi sopir truk dan mengalami kecelakaan di daerah Tabanan, Bali. Kondisi truk masuk ke dalam jurang dan menurut akal sehat tidak mungkin sopir selamat dari tragedi tersebut. Namun, tidak dengan Ketut Kantor. Pria kelahiran ‎31 Desember 1970 itu selamat.

"Semua tidak menyangka saya selamat. Entah apa karena nama saya yang selalu membawa hoki atau hanya kebetulan saja. Saya selamat dari kecelakaan itu," kenang dia.

Sementara itu‎, Ketut Kantor mengaku tak pernah berhenti mengucap syukur atas apa yang diberikan Tuhan untuknya dan keluarganya. Terlepas dari hoki sebuah nama dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut.