Sukses

Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Buah Pepaya

Ada Beberapa manfaat pepaya yang baik untuk Tubuh, salah satunya untuk memperlancat pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan suci ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan lapar, dahaga serta nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Setelah seharian berpuasa, kita pasti akan membutuhkan makanan yang bisa mengembalikan energi tubuh saat berbuka. Menikmati makanan yang manis jadi salah satu cara untuk membuat tubuh kembali berenergi.

Sebagian orang akan menghidangkan makanan manis untuk berbuka, namun sebisa mungkin jangan teralu banyak untuk menyantap makanan manis. Anda pun bisa menggantinya dengan beberapa buah yang manis, memiliki kandungan air yang cukup banyak, dan sehat seperti buah pepaya.

Berbentuk lonjong dengan tekstur yang tidak beraturan, berwarna hijau oranye dan daging buah sedikit kemerahan, pepaya termasuk buah yang rendah kandungan kalorinya. Buah dengan biji berwarna hitam berbentuk bulat juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Termasuk vitamin C, A, B1, B5, B3, K, E, serat, kalsium, folat, magnesium, dan asam folat. 

Sering dibilang sebagai buah yang baunya tidak sedap, banyak yang tidak tahu kalau pepaya adalah salah satu buah tersehat. Begitu banyak manfaat yang sangat penting dikandung oleh buah ini.

Penasaran apa manfaat pepaya? Berikut ini penjelasan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya

1. Penuhi Nutrisi Berguna

Pepaya adalah buah yang tumbuh di tempat tropis dan dikenal karena tinggi vitamin C, A, dan serat. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid. Selain itu, tubuh kita bisa menyerap antioksidan sehat ini lebih baik dari buah pepaya daripada dari buah dan sayuran lainnya.

2. Memiliki Efek Antioksidan yang Kuat

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang diciptakan selama metabolisme tubuh kita. Radikal bebas ini bisa meningkatkan stres oksidatif, yang akhirnya menyebabkan penyakit. Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan pada pepaya, bisa menetralisir radikal bebas.

Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi bisa mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa dan orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan bahkan penyakit hati. Banyak peneliti juga percaya kalau radikal bebas yang berlebihan di otak merupakan faktor pemicu penyakit Alzheimer.

3. Memiliki Kandungan Anti Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam pepaya memiliki manfaat antikanker. Kandungan antioksidan dalam pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker. Lebih spesifik lagi, di antara 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker payudara, Dalam sebuah riset kecil yang melibatkan orang dewasa dengan peradangan dan kondisi perut prakanker, konsumsi pepaya terbukti efektif mengurangi kerusakan oksidatif.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Studi menunjukkan, buah-buahan dengan kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL).

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya

5. Dapat Melawan Peradangan

Peradangan kronis adalah biang dari banyak penyakit seperti jantung, stroke, sampai kanker. Konsumsi makanan dan gaya hidup tak sehat dapat memicu peradangan. Studi menunjukkan, buah dan sayuran kaya antioksidan seperti pepaya dapat membantu mengurangi gejala peradangan.

6. Memperlancar Pencernaan

Enzim papain dalam pepaya bisa membuat protein yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi lebih mudah dicerna. Pepaya juga sering digunakan untuk mengobati sembelit, hal ini karena pepaya kaya serta dan kandungan air yang banyak. Jika Anda memiliki masalah dengan jadwal buang air besar yang tidak teratur atau bahkan sangat jarang, Anda bisa mulai dengan mengonsumsi pepaya secara teratur.  Selain itu, rutin mengonsumsi pepaya dapat membantu tubuh untuk membersihkan usus dari kuman penyakit. Usus yang bersih akan membuat pencernaan anda lancar dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Selain menjaga kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki manfaat untuk membuat kulit tetap kencang dan awet muda. Kulit yang sering terpapar radikal bebas akan berpotensi memiliki banyak kerutan, lebih kendur dan mengalami kerusakan kulit lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia. Vitamin C dan lycopene dalam pepaya melindungi kulitmu dan bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan ini.

8. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa konsumsi asupan tinggi serat dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Sebagai informasi, satu pepaya kecil dapat menyediakan tiga gram serat atau setara 17 gram karbohidrat.

Itu tadi manfaat dari buah pepaya yang baik untuk tubuh. Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, cobalah mulai sekarang untuk lebih rutin mengonsumsi buah penuh manfaa ini. Buah pepaya bisa sangat mudah Anda temukan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern dan harganya juga relatif murah dibanding dengan sejuta manfaat yang akan diberikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini