Sukses

Tekan Pemudik yang Pakai Sepeda Motor, Kemenhub Gelar Mudik Gratis 2023

Dalam data yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan, kendaraan bermotor roda dua ini menjadi moda kedua paling favorit digunakan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Oleh karenanya, agenda Mudik Gratis 2023 diharapkan ada pengurangan yang signifikan terkait pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan serangkaian persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Salah satu yang menjadi fokus pada tahun ini adalah menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah menerangkan bahwa pemudik yang menggunakan motor begitu riskan dengan kecelakaan. Untuk itu, pihaknya turut menghadirkan Mudik Gratis 2023 demi mengalihkan mereka yang menggunakan sepeda motor.

Program mudik gratis menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini, khususnya pengguna sepeda motor yang diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Dalam data yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan, kendaraan bermotor roda dua ini menjadi moda kedua paling favorit digunakan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Oleh karenanya, agenda Mudik Gratis 2023 diharapkan ada pengurangan yang signifikan terkait pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Sejak dibuka pendaftarannya pada 13 Maret 2023 lalu, saat ini pendaftarannya sudah ditutup karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi. Total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus," jelas Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Suharto, dalam siaran pers Kementerian Perhubungan.

Meski demikian, pihaknya juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan pendaftaran tersebut dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

“Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Kagum, Parkiran di Tempat Ini Rapi Layaknya Dealer Sepeda Motor Baru

Tempat parkir sepeda motor pada umumnya tidak membeda-bedakan antara satu model dengan model lainnya. Sudah pemandangan umum jika sepeda motor dari berbagai merek parkir berdekatan.

Namun, ternyata ada tempat parkir yang motor-motornya dikelompokkan berdasarkan modelnya, hal ini bisa dilihat dalam unggahan video akun TikTok @i.kiiii. 

Video yang memperlihatkan parkiran unik ini diunggah pada Kamis (23/3/2023). "Stitch video ini kalau ada yang bisa kalahin rapihnya management parkir di kantor gue," tulisnya.

Awalnya pemilik akun masuk ke parkiran basement di kantornya. Menariknya parkir di sana benar-benar rapi, sebab dikelompokkan berdasarkan model motor. Tempat parkir Honda Beat disendirikan, bahkan di atasnya diberi tulisan "Honda Beat". Hal semacam ini dilakukan juga untuk model motor lainnya.

Sejumlah Yamaha RX King diparkir di tempat yang sama. Kemudian ada juga parkir khusus Vespa, Yamaha Mio, Honda Scoopy, Honda PCX, Yamaha Aerox, hingga Yamaha NMax.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.