Sukses

Hyundai Kona Segera Tantang Honda HR-V, Ini Prediksi Harganya

Hyundai Kona kabarnya akan segera hadir di Indonesia April ini. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) berencana mengenalkan Kona di kantor pusat mereka di Jakarta Selatan sebelum dipamerkan untuk umum di IIMS 2019.

Liputan6.com, Jakarta Hyundai Kona kabarnya akan segera hadir di Indonesia April ini. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) berencana mengenalkan Kona di kantor pusat mereka di Jakarta Selatan sebelum dipamerkan untuk umum di IIMS 2019.

Crossover ini akan mengisi kekosongan antara Hyundai Santa Fe dan Tucson. Lantas berapa harga pesaing Honda HR-V ini?

Lagi-lagi harus mengacu pada laman resmi Samsat Jakarta. Nilai jual Hyundai Kona ini tertera Rp218 juta. Untuk bertarung di segmen kompak SUV lima kursi, diprediksi banderol on the road di kisaran Rp280 juta sampai Rp 300 jutaan. Besaran ini tentu tidak mengikat. Apalagi unit masih diimpor, maka HMI harus meramu harga yang kompetitif. Soalnya beberapa lawan sekelas sudah bikinan lokal.

Untuk bertarung di segmen itu, kemungkinan nominal resmi Hyundai Kona tak jauh dari banderol HR-V. Mobil garapan Honda dilego Rp285 juta sampai Rp400 juta pada tipe 1,8 liter Prestige. Memang ceruk segmen ini tidak sebesar Low MPV. Namun tren dan konsumen loyal pecinta SUV kompak tetap posotif. Hyundai Kona bisa menjadi alternatif segar buat Anda. Secara tampilan, kami akui sangat berbeda dari lawan sekelas. Bahasa rancang bangun Fluidic Sculpture, terpahat indah di bagian muka dan bodinya.

Mari kita lihat dimensiya. Hyundai Kona memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.550 mm. Jarak sumbu rodanya 2.600 mm. Sekilas bentuknya bisa dibilang sebagai baby Santa Fe. Di produk global, fitur keselamatan amat komplet. Amsal, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW) dan Blind-Spot Collision Warning (BCW).

Belum selesai. Terdapat tambahan fitur canggih berupa Rear Cross-Traffic Collison Warning (RCCW). Fitur ini mampu mendeteksi kendaraan lain yang melintas di belakang, saat mobil hendak mundur keluar dari parkiran. Kami berharap, Hyundai tak memangkas sederet fitur ini, agar punya selling value tersendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapur Pacu Hyundai Kona

Hyundai Kona dibekali berbagai pilihan jantung pacu. Pertama mesin berkapasitas 2.0-liter MPI Akitson (148 PS), mesin Gamma 1.6 liter turbocharged (176 PS) dan mesin 3-silinder 1.0 liter turbocharged (119,6 PS). Untuk pilihan transmisinya juga beragam, ada yang bertransmisi otomatis 6-speed. Kemudian transmisi otomatis 7-speed dual-clutch (7DCT) pada engine 1.6 liter turbo. Tunggu sebentar lagi, mesin mana yang ditawarkan Hyundai buat konsumen Indonesia.

Gambaran secara umum, Hyundai Kona siap bertarung di kelas mobil crossover. Unit kemungkinan bersaing dengan Suzuki SX4 S-Cross serta Honda HR-V. Namun, dengan mesin 2.000 cc, mobil ini juga bisa menjadi penantang Mitsubishi Outlander Sport dan Mazda CX3. Tetap pantau OTO.COM untuk perkembangan Kona di Tanah Air.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini