Sukses

Cobalah Teh Hitam buat Perawatan Rambut dan Kulit, Ini Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Teh merupakan salah satu minuman favorit yang sering dikonsumsi bagi sebagian banyak orang di dunia. Selain itu, teh juga ternyata bermanfaat jika digunakan untuk perawatan kulit. Karena mengandung antioksidan, teh dapat membantu proses pengeluaran racun serta peremajaan sel.

Banyak jenis teh yang dikenal. Mulai teh lemon, teh hijau, dan sebagainya. Namun, jangan lupa pula ada teh hitam yang juga banyak memberikan manfaat khususnya untuk perawatan kulit. Selain untuk perawatan kulit, teh hitam itu juga bermanfaat untuk membantu Anda merawat rambut. Tentunya teh hitam ini pun mudah didapat sehingga Anda tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

Melansir laman Times of India, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan teh hitam untuk perawatan rambut dan kulit Anda.

1. Membantu mengurangi kerutan dan garis halus

Mengatasi kerutan pada usia dini merupakan satu hal yang menjadi tugas cukup berat bagi setiap orang khususnya wanita. Namun, tidak perlu khawatir lagi.

Ternyata teh hitam dinilai bermanfaat untuk membantu Anda mengencangkan kulit, terutama daerah sekitar mata. Cara ini dapat menghasilkan garis halus serta kerutan yang ada di wajah dapat memudar dengan proses yang tentu cukup mudah. Anda bisa melakukannya setiap pagi hari setelah bangun tidur.

2. Mengurangi pembengkakan di sekitar mata

Tampilan wajah saat bangun tidur di pagi hari – dengan mata seolah sembab – tentu menjadi pemandangan yang kurang menarik. Nah, jika Anda ingin menghilangkan tampilan mata seperti itu, Anda bisa menggunakan teh hitam.

Anda dapat menghilangkan pembengkakan area mata sama seperti cara menghilangkan kerutan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kantong teh dingin dinilai mampu mengencangkan kulit di sekitar mata karena memiliki sifat antiinflamasi dan sedikit kafein. Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan pembengkakan mata di pagi hari dengan mudah.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Membuat rambut berkilau

Selain mampu merawat kulit, teh hitam juga bermanfaat untuk merawat rambut. Siapa sangka jika teh hitam ternyata mampu berperan sebagai pewarna alami untuk rambut.

Menggunakan teh hitam dingin untuk membilas rambut setiap kali mandi, dinilai mampu membantu Anda menjaga rambut agar tetap hitam dan berkilau. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit bubuk henna ke dalam teh hitam tersebut jika ingin meningkatkan efek pewarnaan pada rambut.

4. Mengurangi dan menghilangkan bekas luka

Teh hitam yang kaya akan antioksidan juga dinilai dapat membantu Anda menyingkirkan radikal bebas serta membuang racun. Anda dapat menggunakan teh hitam pada bagian seperti bekas luka.

Dengan begitu, bekas luka Anda akan memudar dan bahkan teh hitam sendiri dapat meratakan dan mencerahkan warna kulit. Pastikan Anda tidak menggunakan teh hitam hangat atau panas pada kulit Anda. Biarkan teh hitam itu terasa dingin untuk mencapai perawatan yang lebih baik.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati