Sukses

PDIP Jawab Prabowo: Kami Tak Pernah Ajarkan Bung Karno Milik 1 Partai

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat merespons pernyataan Presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto soal Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno bukan hanya milik salah satu partai saja.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memberikan tanggapan terhadap pernyataan Presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto mengenai Presiden pertama RI, Soekarno atau Bung Karno, yang bukan hanya milik satu partai saja.

Djarot mengingatkan bahwa Bung Karno adalah pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI), yang merupakan cikal bakal dari PDIP.

"Di dalam setiap pendidikan kader dan sekolah PDI Perjuangan selalu diajarkan Bung Karno adalah penggali Pancasila, proklamator dan bapak bangsa Indonesia," kata Djarot, saat dikonfirmasi, Jumat (10/5/2024).

Namun, dia menegaskan, bahwa PDIP tak pernah mengajarkan bahwa Bung Karno adalah milik salah satu partai saja.

"Tetapi milik bangsa Indonesia bahkan beliau adalah milik dunia karena jasanya sangat besar dalam berjuang melawan nekolim untuk kemerdekaan bangsa-bangsa terjadi di asia dan afrika," tegas dia.

Oleh karena itu, Djarot menyatakan bahwa sangatlah wajar jika dalam setiap baliho, spanduk partai, atau atribut partai selalu terdapat gambar Bung Karno. Menurutnya, hal ini juga boleh dilakukan oleh partai politik lainnya jika ingin memasang gambar Bung Karno di baliho atau atribut partai mereka.

"Dalam hal ini, partai lain juga diperbolehkan untuk memasang gambar Bung Karno di baliho atau atribut partai mereka," tambah Djarot.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Andreas PDIP: Tak Ada yang Menyatakan Bung Karno Milik Satu Partai

Sebelumnya, Politikus Senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai pernyataan Presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto, soal sosok Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno bukan milik satu partai sangat bagus.

Diketahui, Prabowo mengatakan, Bung Karno bukan hanya milik satu partai saja. Sang proklamator RI tersebut merupakan sosok milik seluruh masyarakat Indonesia.

"Bagus sekali apa yang disampaikan Pak Prabowo," kata Andreas Hugo, saat dihubungi merdeka.com, Jumat (10/5/2024).

Namun, dia merasa aneh dengan pernyataan Prabowo. Sebab, Andreas Hugo menyebut tak ada satu partai pun yang mengklaim bahwa Bung Karno hanya milik salah satu partai saja.

"Tidak ada yang menyatakan Bung Karno milik satu partai," imbuh dia.

3 dari 3 halaman

Prabowo: Ada yang Ngaku-Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Diketahui, Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan Presiden pertama RI Bung Karno adalah milik seluruh rakyat Indonesia.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo Subianto dalam acara Bimtek dan Rakornas PAN di JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Prabowo bahkan merasa bahwa Bung Karno mendukungnya dalam Pilpres 2024. Hal ini dikarenakan apa yang ia perjuangkan sejalan dengan visi sang proklamator.

Menteri Pertahanan ini menyatakan bahwa ia ingin meneruskan impian Bung Karno agar Indonesia mandiri atau berdiri di atas kaki sendiri.

"Menurut perasaan saya, sepertinya beliau juga mendukung saya. Apa yang saya perjuangkan adalah apa yang menjadi cita-cita beliau, yaitu Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri. Indonesia tidak ingin menjadi negara yang tergantung pada negara lain," tambahnya.

"Feeling saya kayanya beliau juga dukung saya juga kira-kira, ya kan, yang saya perjuangkan apa yang beliau cita-citakan, Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri, Indonesia tidak mau jadi darah bagi bangsa lain kan demikian," pungkasnya.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.