Sukses

Selama Kerja Kuli Bangunan, Pegi Setiawan Pembunuh Vina Cirebon Ganti Nama Jadi Robi

Selama pelariannya dan bekerja sebagai kuli bangunan, Pegi Setiawan ternyata sempat mengganti namanya menjadi Robi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelarian Pegi Setiawan alias Perong tersangka pembunuhan dan pemerkosaan Vina Dewi (16) dan Muhammad Rizky Rudiana (16) atau Eky akhirnya berakhir, setelah berhasil ditangkap di Bandung, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Julest Abraham Abas mengatakan selama pelariannya dan bekerja sebagai kuli bangunan, Pegi ternyata sempat mengganti namanya menjadi Robi.

"Dia berganti nama. Panggilan di tempat kerja (kuli bangunan) mengaku bernama Robi," kata Julest saat dikonfirmasi, Kamis (23/5).

Pergantian nama itulah, lanjut Julest, membuat petugas sempat mengalami kesulitan dalam melacak keberadaan Pegi. Terlebih, tersangka kerap berpindah dari kota asalnya Cirebon ke Bandung untuk bekerja sebagai kuli bangunan.

Sampai akhirnya, Pegi sebagai otak pembunuhan Vina Cirebon dan Eky berhasil ditangkap personel Dirreskrimum Polda Jabar di kawasan Jl Kopo, Kota Bandung, Selasa (21/5) sekitar pukul 18.23 WIB.

“Berpindah tempat, di antaranya Cirebon dan Bandung. Namun polisi akhirnya berhasil melacak keberadaan tersangka saat bekerja menjadi kuli bangunan,” ucapnya.

"Tersangka PS diduga sebagai otak kasus pembunuhan disertai pemerkosaan yang terjadi delapan tahun silam,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Foto Pegi

Sementara, Jules menegaskan kalau sampai saat ini polisi masih terus melakukan proses pendalaman atas kasus ini, guna memastikan terkait kasus pembunuhan yang sudah delapan tahun berlalu.

Pasca penangkapan, foto Pegi beredar di media sosial. Saat dikonfirmasi terkait foto Pegi, Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat Kombes Pol Surawan membenarkan foto tersebut.

"Iya benar (foto Pegi)," Surawan saat dikonfirmasi.

Surawan mengungkapkan pelaku yang sudah buron delapan tahun ini ditangkap di Kota Bandung pada Selasa (21/5). Dia menyebut saat ini pelaku telah diamankan dan menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

3 dari 3 halaman

Buru Pelaku Lain

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast mengatakan pihaknya masih memburu pelaku lainnya dalam pembunuhan Vina dan teman lelakinya, Rizky atau Eky di Cirebon.

"Iya (betul) masih dicari (pelaku),” kata Jules.

Polda Jabar juga mengimbau ketiga tersangka yang masih buron masuk daftar pencarian orang (DPO) untuk menyerahkan diri, serta memberikan peringatan kepada siapa saja yang berusaha menyembunyikan ketiganya juga dapat diproses hukum

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini