Sukses

Studi Terbaru Ungkap 2 Cangkir Teh Sehari Dapat Kurangi Stres dan Membantu Tidur Nyenyak

Studi terbaru mengungkapkan 2 cangkir teh sehari kurangi stres dan membantu tidur nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa meminum dua cangkir teh sehari dapat membantu Anda mengurangi stres dan tidur nyenyak.

Menurut Mirror, penelitian tersebut, yang mengamati 33 penelitian berbeda termasuk delapan percobaan pada manusia, dilakukan oleh Tea Advisory Panel (TAP) dan ditulis oleh para ahli nutrisi dan kesejahteraan. Mereka menemukan bahwa beberapa jenis teh dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan mengelola stres.

Ini termasuk teh hitam biasa, secangkir teh klasik Inggris, serta teh hijau, Chamomile Jerman, Lavender, Mawar, Melati, dan Passionflower. Menurut penelitian di Inggris, AS, dan Belanda, satu dari empat orang dewasa tidak mendapatkan waktu tidur 7-9 jam yang direkomendasikan setiap malamnya.

Dr Tim Bond, yang menulis studi baru ini, mengatakan: “Penelitian kami menemukan bahwa sejumlah jenis teh berbeda dapat menurunkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak serta relaksasi. Infus teh herbal mungkin lebih dikenal karena khasiatnya yang menenangkan, tapi penelitian juga mengkonfirmasi bahwa teh hijau, oolong, dan secangkir teh khas Inggris memiliki efek jika dikonsumsi hanya dua cangkir sehari."

Dia menambahkan: “Hal ini menambah data nyata dari survei yang ditinjau oleh TAP yang menemukan bahwa hampir enam dari sepuluh (57%) orang dewasa Inggris merasa rileks ketika mereka minum teh, dan setengahnya merasa tenang. Demikian pula, empat dari 10 (42%) melaporkan bahwa minum teh secara teratur membantu mengatasi stres dan kecemasan dan 23% mengatakan hal itu memerangi suasana hati yang buruk".

“Senyawa aktif dalam teh yang dapat membantu mengirim kita ke dunia mimpi termasuk polifenol, L-theanine, theaflavin, thearubigins dan gamma-aminobutyric acid (GABA). Baik L-theanine, asam amino, dan GABA memiliki efek langsung pada otak, membantu mengaktifkan jalur yang menurunkan stres dan menciptakan ketenangan dan relaksasi. Teh adalah sumber alami utama L-theanine dalam makanan kita."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko kesehatan jika kurang tidur 

Dokter Gill Jenkins telah memperingatkan tentang risiko kesehatan jika kurang tidur, lapor Bristol Live. Dr Jenkins berkata: “Tidur kurang dari enam jam setiap malam terbukti meningkatkan kadar protein C-reaktif yang menunjukkan bahwa tubuh sedang melawan peradangan. Tingkat gamma glutamyl transferase, penanda kerusakan hati, juga meningkat lebih dari 10% setelah kurang tidur kronis. Perubahan ini dan perubahan lainnya mempunyai implikasi kesehatan yang serius."

Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari tujuh jam semalam dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2, obesitas, hipertensi, depresi, dan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

Dalam jangka pendek, kualitas tidur yang buruk mempengaruhi kinerja kognitif dan tugas, meningkatkan perasaan lelah. , dan menghambat pengambilan keputusan. Itu sebabnya kita mengabaikan masalah tidur dan membahayakan diri kita sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Laporan-laporan terkait konsumsi teh

Laporan baru menemukan:

  • Sebuah penelitian pada orang dewasa muda menemukan bahwa dua cangkir teh hijau matcha setiap hari secara signifikan menurunkan kecemasan.
  • Teh hitam (biasa) selama enam minggu menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan relaksasi pada sekelompok pria yang diminta untuk melakukan tugas mental yang membuat stres. Kabar baik bagi orang-orang yang ingin menghilangkan stres dan masalah tidur.
  • Orang lanjut usia yang minum teh lavender dua kali sehari memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah.
  • Dua cangkir teh mawar setiap hari meningkatkan kesejahteraan mental pada gadis remaja.
  • Tingkat kromogranin A – respons stres – meningkat pada siswa yang melakukan tugas beban stres mental.

 

4 dari 4 halaman

Jenis-jenis teh yang efektif

Dr Bond berkata: “Stres dan kurang tidur bisa menjadi lingkaran setan yang berdampak serius pada kinerja mental dan kesehatan fisik. Namun perubahan gaya hidup termasuk minum teh dan kebersihan tidur dapat membuat perbedaan.

“Karena tinjauan baru kami memberikan bukti bagus bahwa dua cangkir teh setiap hari dapat membantu kualitas tidur, relaksasi, dan menghilangkan stres karena tingginya konsentrasi senyawa L-theanine dan polifenol. Beberapa jenis teh efektif termasuk secangkir teh Inggris yang sangat disukai, hijau teh, dan jenis teh herbal, khususnya German Chamomile, Lavender, Rose, Jasmine, dan Passionflower.

"Memasukkan dua cangkir teh ke dalam rutinitas malam kita dapat membuat perbedaan antara bolak-balik dan tidur nyenyak."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.