Sukses

6 Jenis Teh Herbal yang Dapat Atasi Sakit Kepala dan Migrain, Salah Satunya Teh Chamomile

Teh menjadi salah satu minuman yang diminati oleh masyarakat luas karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 6 Janis teh berikut ini membantu meredakan sakit tenggorokan, meredakan sakit perut, dan membantu menghangatkan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Teh herbal menjadi salah satu minuman yang diminati oleh masyarakat luas karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Minuman ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, meredakan sakit perut, dan membantu menghangatkan tubuh Anda.

Melanie Murphu Richter, MS, RDN, seorang ahli diet dan ahli nutrisi saraf mengatakan secangkir teh hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangan sakit kepala yang menganggu.

“Teh tertentu memiliki manfaat anti-inflamasi dan relaksasi otot yang dapat membantu meringankan sakit kepala,” kata Richter. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa teh dengan sedikit kafein dapat membantu meningkatkan aliran darah di otak, atau dikenal sebagai efek vasodilatasi. Reaksi ini dapat membantu meningkatkan efektivitas obat pereda nyeri. Faktanya, sebagian besar obat sakit kepala khusus migrain mengandung sejumlah kafein karena alasan ini, kata Richter.

Teh herbal (yang biasanya tidak mengandung kafein) juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala, bergantung pada bahan apa yang ada di dalam the. Misalnya, Richter mengatakan teh dengan ramuan anti-inflamasi tertentu dan antioksidan seperti polifenol (senyawa yang ditemukan di banyak tanaman) yang membantu mengurangi keparahan dan kambuhnya sakit kepala.

Jika stres dan kecemasan menimbulkan sakit kepala, Richter merekomendasikan untuk memilih teh dengan manfaat penambah relaksasi seperti chamomile atau lemom balm. Jenis teh herbal tertentu seperti peppermint juga dapat membantu mengendurkan otot kepala dan leher yang mungkin berkontribusi terhadap ketegangan atau sakit kepala.

Berikut 6 jenis teh untuk atasi sakit kepala dan migrain, seperti dilansir dari Well Good pada Jumat (29/3/2023), berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Teh Peppermint

Richer mengatakan teh peppermint harus menjadi pilihan utama untuk meredakan sakit kepala, terutama jika Anda mengalami gejala yang berhubungan dengan sinus atau migrain. Menurut Richter, peppermint dapat membantu mengatur sistem peredaran darah dengan meningkatkan aliran darah hingga membantu meringankan gejala sakit kepala. Ditambah lagi, peppermint juga mengandung mentol yang menurut Richter dapat membantu mengendurkan otot kepala hingga membantu meringankan sakit kepala.

2. Teh Jahe

Jika Anda cenderung mengalami mual atau sakit perut akibat sakit kepala, Richter mengatakan bahwa mengonsumsi teh jahe dapat membantu.

“Jahe merupakan ramuan anti inflamasi dan juga dapat meredakan mual yang merupakan gejala migrain,” ujarnya. Jahe mengandung senyawa aktif bernama gingerol yang menurut penelitian berpotensi memodulasi reseptor serotonin di saluran pencernaan, sehingga mengurangi pemicu mual dan muntah.

3 dari 4 halaman

3. Teh Chamomile

Jika Anda mengalami sakit kepala tegang atau sinus, Richter mengatakan teh chamomile bisa menjadi pilihan yang tepat karena berfungsi sebagai pelemas otot ringan. jika Anda mengalami sakit kepala yang berhubungan dengan gangguan pencernaan, teh chamomile dapat digunakan sebagai obat untuk membantu memperlancar pencernaan. Jika sakit kepala tersebut membuat Anda terjaga di malam hari, teh chamomile berpotensi membantu Anda untuk rileks hingga tertidur nyenyak.

4. Teh Lemon Balm

Jika kecemasan memicu sakit kepala Anda, Richter merekomendasikan untuk meminum teh lemon balm.

“Lemon balm sangat membantu untuk mengurangi kecemasan yang dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang atau migrain. Lemon balm dapat mengurangi kejang otot yang terkait dengan sakit kepala” katanya. 

4 dari 4 halaman

5. Teh Lavender

Serupa dengan teh lemon balm, Richter mengatakan teh lavender menjadi salah satu teh rekomendasi yang baik untuk mengatasi sakit kepala akibat stres atau kecemasan berlebih. Teh lavender sangat bermanfaat untuk mengobati migrain atau sakit kepala karena tegang yang dapat meningkatkan kadar kortisol.

‘‘Karena sifatnya yang menenangkan, teh lavender juga dapat membuat Anda tertidur sehingga membantu Anda tertidur sehingga membantu Anda pulih dari sakit kepala lebih cepat,'' tambahnya.

6. Teh Feverfew

Menurut Richter, meminum teh feverfew yang berasal dari tanaman berbunga dalam keluarga daisy secara rutin dapat membantu mencegah sakit kepala. Teh ini juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan terkait migrain, kata Richter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.