Sukses

Canda Cak Imin Rahasiakan Nama Calon di Pilkada Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah, Bahaya

Dia menegaskan, pada waktunya pihaknya akan mengumumkan sosok yang akan maju untuk bertarung di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan akan kerja sama dengan PPP untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di berbagai daerah. Cak Imin menyebut, partainya bersama PPP akan menyiapkan dan mencermati kader-kader terbaik untuk diusung maju di Pilkada 2024.

Namun, Cak Imin mengaku hingga kini kader-kader tersebut masih dirahasiakan terutama Pilkada Jawa Timur. Sebab, dia takut ketahuan mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga akan maju kembali di Pilkada 2024.

"Pertama konstentrasi Pilkada Jatim tadi memang menyita waktu agak banyak dan hampir sepakat pokoknya kita harus mengusung seseorang, siapa dia? Ini masih rahasia, nanti kalau bocor ketahuan Khofifah bahaya," kata Cak Imin, sambil tertawa usai bertemu dengan PPP, di Kantor PKB, Jakarta, Senin (29/4/2024).

Dia menegaskan, pada waktunya pihaknya akan mengumumkan sosok yang akan maju untuk bertarung di Pilkada 2024.

"Jangan dipancing soal nama pokoknya rahasia, yang akan diumumkan pada waktu yang tepat," ujar dia.

Lebih lanjut, Cak Imin mengungkapkan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh tokoh-tokoh yang akan maju di Pilkada sekaligus melakukan beberapa proses seleksi.

"Kami akan mengumpulkan para pendaftar calon kepala daerah mulai tanggal 1-5. Tanggal 1 di Jakarta, 3 di Surabaya-Semarang, 4 Surabaya, 5 Makassar, eh 3 di Aceh. Jadi kita kumpulkan semua calon-calon itu. Kita mengumpulkan semuanya kita seleksi," ungkap dia.

"Semuanya kita beri peluang dan kesempatan tergantung hasil fit and proper test pada konteks visi-misi dan tentu saja peluang untuk memanfaatkan waktu pendek ini elektabilitasnya penting," imbuh Cak Imin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Titipkan 8 Agenda Perubahan

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menitipkan 8 agenda perubahan PKB ke Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Cak Imin usai bertemu dengan Prabowo secara tertutup di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu 24 April 2024.

"Tadi PKB juga menyampaikan kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih, 8 agenda perubahan PKB, di mana 8 agenda PKB diserahkan kepada 08," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, hal itu menjadi tanda, PKB sudah memastikan langkah merapat ke kubu pemerintahan Prabowo-Gibran di kepemimpinan periode 2024-2029. Saat disinggung lebih detilnya, mantan calon wakil presiden ini pun menjawabnya dengan bahasa khas Jawa Timurnya.

"Lha wes cetho welo-welo kok masih ditanyakan?," jawab Cak Imin dengan gaya khas Jawa Timurnya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis 25 April 2024.

Lalu apa saja delapan agenda yang sudah dititipkan Cak Imin ke Prabowo?

Mengutip informasi disampaikan di akun Instagram resmi PKB, Minggu (28/4/2024) delapan agenda tersebut terkait gerakan perubahan yang pada kontestasi Pemilu 2024 disuarakan bersama Anies Baswedan.

 

3 dari 3 halaman

8 Agenda Perubahan

Berikut delapan agenda perubahan tersebut:

1. Merawat dan Memperkuat Kualitas Demokrasi

2. Menjamin Kebebasan Rakyat Berbicara dan Mengkritik

3. Menjamin Kebebasan Pers Sebagai Pilar ke-4 Demokrasi

4. Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja

5. Mewujudkan Upah Berkeadilan dan Menjamin Akses Pemerataan Ekonomi

6. Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup dan Keseimbangan Ekosistem

7. Mewujudkan Keadilan Ekologis Berkelanjutan

8. Mengedepankan Etika Lingkungan dan Pembangunan.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.