Sukses

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Tol Jagorawi Arah Jakarta Diberlakukan Contraflow

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan contraflow mulai dari KM 21+800 sampai dengan KM 11+600 di ruas Tol Jagorawi menuju Jakarta. Pemberlakuan contraflow ini dimulai sejak pukul 11.50 Wib.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan contraflow mulai dari KM 21+800 sampai dengan KM 11+600 di ruas Tol Jagorawi menuju Jakarta. Pemberlakuan contraflow ini dimulai sejak pukul 11.50 Wib.

Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cibubur, Jakarta, Alvin Andituahta Singarimbun mengatakan, contraflow atas diskresi kepolisian ini diberlakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi rute perjalanan agar dapat mengoptimalkan rekayasa lalu lintas yang sedang berlaku," kata Alvin dalam keterangannya, Senin (1/1/2023).

Selain itu, pihaknya juga tak lupa untuk mengingatkan para pengendara untuk dapat memastikan kecukupan saldo pada kartu elektroniknya untuk mencegah kepadatan kendaraan saat melakukan transaksi di gerbang tol.

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat memastikan kecukupan saldo kartu elektronik sebelum memulai perjalanan untuk menghindari kepadatan ketika bertransaksi di gerbang tol," ujarnya.

"Selalu patuhi rambu lalu lintas dan ikuti arahan petugas di lapangan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalur Puncak Bogor Arah Jakarta Diberlakukan One Way

Sebelumnya, Satlantas Polres Bogor telah memberlakukan sistem satu arah dari kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menuju Jakarta, Senin (1/1/2023) siang ini.

Rekayasa itu dilakukan guna mencegah kemacetan di jalur wisata Puncak, selepas perayaan malam tahun baru 2024 yang diprediksi akan terjadi lonjakan mobilitas masyarakat dari Puncak ke Jakarta.

“Senin 01 Januari 2024, Jalur wisata Puncak diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah ke arah Jakarta,” tulis keterangan dari akun instagram @tmcpolresbogor.

Sehingga untuk kendaraan yang hendak menuju Cianjur lewat jalur Puncak, bisa memanfaatkan jalur alternatif seperti via Jonggol (Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Ciriu, Cikalong, Cianjur) dan via Sukabumi (Ciawi, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, Cianjur).

“Kendaraan yang akan mengarah ke Puncak agar melalui jalur alternatif,” imbuhnya.

Selain itu, guna menunjang uraian kendaraan, pihak Jasa Marga juga menerapkan sistem satu arah di Jagorawi dari Puncak arah Jakarta.

“12.34 WIB #Tol_Jagorawi Puncak DIBERLAKUKAN Satu Arah Prioritas Turun,” tulis akun X @PTJASAMARGA.

“Gn Putri KM 21+800 - Cipayung KM 11+600 DIBERLAKUKAN LAJUR CONTRAFLOW/kanan, harap tertib di antrian,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Operasi Lilin Lodaya 2023

Adapun diberlakukan sistem one way ini sebagai bagian dari Operasi Lilin Lodaya 2023 untuk mengamankan arus mobilitas mudik masyarakat saat libur natal dan tahun baru (nataru).

"Tahun ini ada dua arus mudik dan arus balik, hari ini tanggal 26 arus balik pertama, karena ada beberapa kantor yang tanggal 27 sudah masuk kerja sehingga diperkirakan hari ini arus balik pertama," ungkap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus dikutip antara.

Ia menjelaskan setelah arus mudik dan balik pertama pada libur panjang perayaan Natal ini, akan ada arus mudik dan balik kedua pada libur panjang perayaan Tahun Baru 2024.

Yusri memperkirakan arus mudik mendatang berlangsung pada 30-31 Desember 2023, sedangkan arus balik pada 1-2 Januari 2024.

“Makanya hari ini, sudah ada peningkatan arus balik pertama ke Jakarta, baik lewat puncak dan juga melewati Cikampek,” kata Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.