Sukses

5 Rumah Warga di Depok Terancam Longsor Setinggi 15 Meter

Salah seorang warga, Duta mengatakan, rumahnya turut terkena longsor akibat Kali Pesanggrahan menggerus tebing tanah dekat rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana longsor mengancam lima rumah di RW2, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Longsor tersebut dipicu longsor TPA Cipayung yang jatuh ke Kali Pesanggrahan sehingga aliran kali tersebut menggerus tebing dekat rumah warga.

Salah seorang warga, Duta mengatakan, rumahnya turut terkena longsor akibat Kali Pesanggrahan menggerus tebing tanah dekat rumahnya. Rumah Duta tidak kuat menahan material longsor sehingga ikut terkena longsor dan jatuh kebagian bawah.

“Kejadiannya kemarin sekitar pukul 18.20 WIb, rumah saya kena longsor,” ujar Duta kepada Liputan6.com, Sabtu (1/7/2023).

Teras depan rumah Duta dan barang miliknya terbawa longsor dengan ketinggian mencapai 15 meter. Pada saat kejadian Duta bersama keluarganya sedang keluar rumah membeli makan sehingga tidak menjadi korban longsor.

“Pas kejadian saya sedang beli makanan, jadi bagian teras dan barang saya saja yang terkena longsor dan jatuh ke bawah,” jelas Duta.

Terdapat lima rumah terdampak longsor yang sudah terjadi sejak 2019 hingga saat ini. Kejadian longsor sudah dilaporkan ke aparatur Kelurahan hingga Dinas di Pemerintah Kota Depok.

“Sampai sekarang tidak ada realisasinya, cuma janji aja, sampai rumah saya hilang bagian depan ga ada realisasinya,” ucap Duta.

Duta mengaku, sejak 2019 hingga saat ini, dicemaskan dengan potensi longsor yang bisa terjadi setiap saat. Bahkan sudah beberapa rumah warga di sekitar tempat tinggalnya sudah hilang tergerus longsor.

“Disebalah sana sudah ada rumah warga yang hilang, sekarang kami tinggal menunggu giliran,” tegas Duta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Depan Rumah Tergerus Longsor

Mengingat bagian depan rumahnya sudah tergerus longsor, Duta berinisiatif untuk mencari kontrakan sebagai tempat tinggal sementara. Hal itu dilakukannya untuk menghindari keluarganya terkena ancaman longsor susulan.

“Sementara ngontrak, rumah saya bagian bawahnya sudah bolong karena longsor, bahaya kalau ditempati,” ungkap Duta.

Sementara, Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengaku sudah melaporkan peristiwa longsor di RW2 Kelurahan Pasir Putih ke Pemerintah Kota Depok. Kecamatan Sawangan sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kota Depok untuk melakukan penanganan pencegahan longsor yang bersinggungan langsung dengan rumah warga.

“Sudah dilaporkan ke Kadis, sudah lama kita usulin penanganannya,” singkat Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.