Sukses

Golkar: Ridwan Kamil Tahu Diri, Dukung Airlangga Sebagai Capres 2024

Partai Golkar menyatakan keputusan nama calon presiden Golkar sudah bulat yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar menyatakan keputusan nama calon presiden Golkar sudah bulat yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, bukan Ridwan Kamil seperti digadang masyarakat pasca Gubernur Jabar tersebut bergabung ke partai berlambang beringin.

Untuk itu, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily yakin Ridwan Kamil selaku kader partai akan menghormati keputusan partai atau tidak akan mencalon diri untuk maju di Pilpres 2024.

"Pak RK sampaikan beliau politiknya tahu diri, saya kira beliau akan tunduk kepada apa yang jadi perintah partai," ujar Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (19/1/2023).

Menurut Ace, keputusan capres Golkar bukan berarti kader lain seperti RK tidak memiliki kapasitas capres namun hal ini terkait fatsun politik.

"Bukan soal tidak berkapasitas, ini kan soal fatsun kebijakan partai," ujarnya.

Ace menyebut RK telah komit dengan keputusan Golkar dan siap memenangkan Golkar dan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

"Pak RK sudah menunjukkan komitmennya untuk mengikuti dan loyal trhadap keputusan tersebut serta beliau berkomitmen mensosialisasikan dan menggaungkan kemenangan Pak Airlangga dan Golkar dalam pemilu 2024 nanti," ujarnya.

Selain capres, Golkar tetap membuka peluang RK untuk maju Pilkada 2024, termasuk Pilkada DKI Jakarta.

"Ya segala kemungkinan seperti pilkada bisa saja," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Gabung Golkar

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menjadi anggota dari Partai Golkar. Di hadapan awak media, dia didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memamerkan kartu tanda anggotanya.

Untuk posisi, Airlangga menyatakan tengah membicarakannya bersama dengan Ridwan Kamil dalam pertemuan tersebut.

"Nanti ditentukan," tutur Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Rabu 18 Januari 2023.

Ridwan Kamil sendiri tidak banyak bicara. Dia lebih menggunakan ekspresinya untuk menunjukkan sikapnya menjadi anggota Partai Golkar.

"Gini ya," kata Ridwan Kamil sambil memamerkan kartu tanda anggota Partai Golkar dan empat jari.

Ridwan Kamil juga mengenakan jas kebesaran Golkar berwarna kuning seraya dibantu menggunakannya oleh Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.