Sukses

Malam Tasyakur, Kadaker: Bila Ada Umur Panjang, Semoga Kembali Bisa Melayani Jemaah Haji

Liputan6.com, Jakarta Daerah Kerja (Daker) Makkah menggelar Malam Tasyakur. Acara ini menandai berakhirnya masa tugas petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Makkah setelah kloter terakhir jemaah haji diberangkatkan ke Madinah pada Kamis sore 4 Agustus 2022.

Acara diisi dengan salat Maghrib berjemaah dilanjutkan solawatan. Acara diselingi dengan pengumuman pemenang lomba mengenai pelayanan terhadap jemaah haji. Ada juga video mengenai petugas haji yang sedang melayani jemaah di Tanah Suci.

Dilanjutkan lagi dengan acara salat Isya berjemaah hingga makan makan dengan menu nasi khas Arab Saudi dengan lauk kambing dan ayam.

Dalam sambutannya, Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif mengatakan, malam tasyakur ini menunjukkan rasa syukur kelancaran penyelenggaraan ibadah haji dan kesabaran 1.123 petugas dalam pelayanan kepada jemaah haji.

Khanif mengatakan, Makkah memiliki paling banyak pelayanan untuk jemaah haji. Ada 10 bidang pelayanan yang ditempatkan di antaranya Kedatangan dan Kepulangan, Katering, Kesehatan, MCH, Transportasi, hingga Perlindungan Jemaah.

"Selesailah tugas kita. Kami sampaikan ke pimpinan apabila masih diberi panjang umur kami mohon pimpinan, kami kembali ditugaskan kembali menjadi pelayan tamu allah di masa depan," kata Khanif disambut tepukan tangan petugas haji.

 

2 dari 3 halaman

Jemaah Reguler Rasa Plus Plus Plus

Sementara itu, Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat mengatakan, kini pelayanan jemaah haji terkonsentrasi di Madinah. Dinamika pelayanan jemaah 2022 hingga saat ini pun tidak ada masalah yang signifikan.

"Masalah muncul kecil, langsung ditangani dengan sigap. Terima kasih ke petugas haji. Testimoni jemaah haji, banyak yang mengatakan jemaah reguler rasa plus plus plus. Makan wareg 3 kali. Ini bukti pelayanan jauh lebih baik," kata dia.

Arsad mengatakan, Makkah merupakan sentral penyelenggaraan ibadah haji. Di Makkah, semua kloter berkumpul jadi satu dalam pelaksanaan ibadah haji. Pelayanannya pun kompleks sampai 10 bidang, berbeda dengan Daker Madinah dan Daker Bandara.

Dia pun mengapresiasi kinerja masing-masing bidang pelayanan. Walaupun waktu persiapan pendek, jemaah masih bisa dilayani dengan baik.

"Kami ucapkan terima kasih ke PPIH Makkah. Mudah-mudahan kebaikan aktivitas, dan amal buat jemaah itu menjadi amal kebaikan kita semua. Mungkin ibadah tidak sempurna, salat jemaah tidak sesempurna jemaah haji, tapi semoga kita dapat predikat haji mabrur," tandas Arsad.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Konsentrasi Jemaah Haji Kini Berada di Madinah

Seluruh jemaah haji telah meninggalkan Makkah menuju Madinah pada Kamis sore (4/8/2022). Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah ini sudah selesai dan terfokus di Madinah.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab mengatakan, selanjutnya PPIH di Arab Saudi akan mengevaluasi pelaksanaan di Makkah untuk mengecek bahwa tidak ada satupun jamaah yang tertinggal.

"Tinggal nanti proses penumpang kedua yang ada di Madinah yang sudah terus berjalan ya terus sampai hari ini. Jadi semua konsentrasi ada di Madinah untuk menuntaskan kloter-kloter yang ada di Madinah sampai tanggal 13 seluruh jamaah yang ada di sana," kata Saiful Mujab usai melepas keberangkatan jemaah haji kloter terakhir dari Makkah, Kamis

Dia pun mengapresiasi petugas haji di Makkah sehingga pelayanan terhadap jemaah haji berjalan lancar, sesuai SOP, dan tidak ada kendala yang signifikan.

"Kendala-kendala kecil bisa diatasi dengan cepat dan saya memberikan apresiasi seluruh petugas PPIH Mekkah khususnya yang baik dari tingkat Daker maupun sektor dan seluruhnya bahkan sampai sektor khusus untuk bisa melaksanakan dengan baik," kata Saiful.

Dia berharap semoga yang telah dikerjakan petugas haji dengan penuh keikhlasan mendapat pahala setimpal.