Sukses

PAUD di Grogol Jakbar Mengadu ke Polisi Terkait Hoaks Jadi Tempat Prostitusi

Pengelola PAUD di kawasan Grogol, Jakarta Barat mengadu ke polisi terkait viralnya kabar hoaks di media sosial. PAUD tersebut dituding sebagai tempat prostitusi terselubung.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat menerima aduan dari pihak sekolah PAUD di Grogol, Jakarta Barat yang dirugikan atas tersebarnya berita hoaks di media sosial. Sekolah PAUD tersebut dituding membuka praktik prostitusi terselubung.

Kanit Krimsus Polres Metro Jakarta Barat, AKP Fahmi Fiandri menerangkan, perwakilan sekolah PAUD telah menyambangi Polres Jakbar hari ini, Senin (21/2/2022).

"Iya jadi dari PAUD sudah bikin pengaduan ya terkait penyebaran berita bohong," katanya saat dihubungi.

Fahmi menerangkan, perwakilan PAUD membawa barang bukti berupa tangkapan layar di Twitter untuk memperkuat aduannya. Terkait dugaan hoaks ini, kepolisian segera menindaklanjuti aduan tersebut.

Fahmi menyebut, beberapa pihak akan dimintai keterangan sebagai saksi. Fahmi sendiri belum bersedia membeberkan lebih lanjut

"Ke depan kita bakal klarifikasi kepada pihak-pihak terkait," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral di Twitter

Sebelumnya, berita itu diviralkan oleh pemilik akun @cutnesia yang memviralkan di media sosial Twitter pada 18 Februari 2022.

Pemilik akun @cutnesia menyertakan rekaman video. Ketika itu, perekam video menjelajah alamat PAUD melalui mesin telusur Google. Lalu, muncul foto seorang wanita berpakaian seksi kala mengetik alamat PAUD Melati Kindergarten.

Dalam unggahannya, akun Twitter @cutnesia meminta para orangtua berhati-hati dalam memilah tempat pendidikan untuk buah hatinya.

"WASPADALAH dalam memilih sekolah untuk anaknya! Silakan nilai sendiri dan cek langsung kebenarannya di Google," cuit akun @cutnesia seperti dikutip, Minggu (20/2/2022).

 

3 dari 3 halaman

Polisi Turun Tangan

Terkait hal ini, Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat langsung melakukan investigasi dengan mengecek Paud Melati yang berada di kawasan Grogol, Jakarta Barat tersebut. Kepala PAUD Melati, Ismawarni (65) telah dimintai keterangan polisi terkait viralnya kabar miring di media sosial.

"Mengenai berita yang viral di medsos, menurut ibu HJ Ismawarni adalah berita bohong/hoax," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kepolisian, diketahui bahwa foto yang diunggah di Twiter adalah foto lama. Ady mengatakan, foto itu diedit oleh saudara U, kerabat daripada Ismawarni pada tahun 2013.

"Di mana saat itu diunggah di akun Facebook milik saudara U dan tidak mempunyai maksud atau kepentingan lain," beber dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.