Sukses

Mendagri Tito Beri Arahan Langsung PPKM Level 4 ke Bupati Tangerang

Mendagri Tito mengapresiasi langkah pemda setempat, dimana meski masuk penerapan PPKM Level 3, namun memilih terus menerapkan PPKM Level 4.

Liputan6.com, Tangerang - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar terima kunjungan Mendagri M. Tito Karnavian, dalam rangka penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tangerang, Senin (26/7/2021).

Pada pertemuan tersebut digelar di Ruang Rapat Wareng Gedung Setda tersebut, Mendagri mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Tangerang dalam rangka rapat koordinasi dengan Bupati Tangerang, serta unsur Forkopimda terkait penanganan masalah pandemi di Kabupaten Tangerang. Lebih khusus permasalahan PPKM level 4 yang diterapkan di wilayah tersebut.

Dia pun mengapresiasi langkah pemda setempat, dimana meski masuk penerapan PPKM Level 3, namun memilih terus menerapkan PPKM Level 4 yang setara dengan PPKM Darurat.

"Kabupaten Tangerang meskipun masuk PPKM level 3 tetapi karena aglomerasi dengan Jabodetabek maka diterapkan seperti PPKM Level 4," ujar Tito Karnavian.

Mendagri juga mendengarkan paparan Bupati Tangerang, bahwa indikator di Kabupaten Tangerang pada prinsipnya sudah membaik yang ditandai dengan positivity rate yang menurun kemudian BOR yang menurun. Fatality rate juga menurun artinya cukup membaik dari level 4 ke level 3 turun.

"Karena aglomerasi kedekatan dengan Jabodetabek sehingga Kabupaten Tangerang memasuki level 4, ini dilakukan mengingat Kabupaten Tangerang sangat strategis, sebab memiliki penduduk yang hampir 4 juta,"katanya.

Menurutnya, keberhasilan penanganan Covid-19 di ibukota sangat bergantung pada daerah-daerah satelit, seperti Kabupaten Tangerang yang terbesar di aglomerasi Jabodetabek.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyerapan APBD

Tito juga sempat melihat data realisasi belanja yang cukup baik pada APBD yang sudah lebih dari 40 persen. Angka tersebut menurutnya sudah baik ditengah perjuangan pemerintah daerah menghadapi Pandemi Covid-19.

Termasuk pencairan tunjangan insentif untuk para nakes yang dinilainya sudah 56 persen dicairkan.

"Saya juga mengucapkan terima kasih yang tinggi Kepada Bupati Zaki, salah satu pesan dari Presiden itu adalah pencairan insentif tenaga kesehatan yang dananya sudah ada di masing-masing daerah menjadi tanggungjawab daerah masing-masing penyalurannya. Saya lihat angkanya sudah dicairkan 56 persen di Kabupaten Tangerang, itu sudah sangat baik dan sangat bagus," ujar Mendagri.

Sementara itu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, kehadiran Mendagri dinilai banyak memberikan masukan, petunjuk serta memberikan motivasi dan semangat untuk terus bekerja di tengah PPKM level 4 di Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan hasil dari rakor ini bisa segera kami tindaklanjuti dan tentu saja mohon selalu dukungan arahan dan bimbingan dari Pak Mendagri untuk penanganan pandemi Covid 19 di Kabupaten Tangerang, termasuk perkembangan dari anggaran daerah," ungkap Zaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.