Sukses

Jepang Lumpuh Akibat Terjangan Dahsyat Topan Jebi, 8 Orang Tewas

Jepang seketika lumpuh akibat terjangan angin topan berkekuatan tinggi, sedikitnya delapan orang tewas, dan lebih dari 100 orang terluka akibat topan Jebi.

Liputan6SCTV, Jepang - Jepang seketika lumpuh akibat terjangan topan berkekuatan tinggi. Topan Jebi merusak ratusan rumah, sekolah, dan toko. Sedikitnya delapan orang tewas, dan lebih dari 100 orang terluka. Topan terdahsyat dalam kurun waktu 25 tahun terakhir itu juga menerjang sejumlah wilayah di Jepang. Bahkan kapal terhempas ke sudut jembatan kota.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (5/9/2018), topan Jebi juga menyebabkan banjir di Bandara Internasional Kansai dan merendam sejumlah fasilitas di bandara. Akibatnya 700 penerbangan dibatalkan.

Topan Jebi mulai memporak-porandakan Jepang sejak 1993. Kala itu angin berhembus dari arah utara melewati Pulau Honshu. Badan Meteorologi Jepang menyebutkan, topan Jebi datang melalui utara Pantai Fukui dengan kecepatan tingg.

Dalam keadaan konstan, angin tersebut bertiup 126 km per jam, namun kecepatannya bisa mencapai 180 km per jam.

Kali ini Topan Jebi menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai lebih dari 120 warga. Angin ini pertama kali melanda barat daya Pulau Shikoku dan berlanjut ke wilayah Honshu. Ratusan mobil di tempat pelelangan mobil bahkan terbakar di tengah jebakan Topan Jebi.

Akibat topan dahsyat tersebut, kereta cepat Shinkansen dari Tokyo ke Hiroshima dihentikan sementara. Bukan hanya itu, topan Jebi juga memutus aliran listrik di ratusan rumah, serta membuat sejumlah sekolah dan toko tutup di Osaka. (Galuh Garmabrata)