Sukses

BNNP Lampung Tahan Kalapas Kalianda Terkait Kasus Narkotika dan TPPU

Muchlis diduga membantu peredaran narkoba yang dikendalikan oleh salah satu narapidana di dalam lapas.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menahan mantan Kepala Lapas Klas II A Kalianda Lampung Selatan, Muchlis Adjie. Dia ditahan di BNNP Lampung terkait kasus Narkoba dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Betul, (ditahan) di BNNP Lampung. Kasusnya sekarang masih dalam proses penyidikan," ujar Kabag Humas BNN Kombes Sulistiandriatmoko saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 24 Mei 2018.

Muchlis diduga membantu peredaran narkoba yang dikendalikan oleh salah satu narapidana di dalam Lapas. Bahkan, Muchlis disebut memberikan akses kepada narapidana tersebut untuk bertemu berbagai orang di Lapas dan memiliki telepon seluler.

"Dia posisinya, kan, Kalapas. Khusus untuk napi (bernama) M, itu setiap tamu yang datang perintah dia tidak usah dilakukan pemeriksaan, sehingga tidak ada pemeriksaan. Berarti kan dia membantu melakukan (peredaran narkoba) kan," ujar Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol Tagam Sinaga saat dihubungi secara terpisah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Pencucian Uang

Sementara dalam kasus Pencucian Uang, menurut Tagam, diduga Muchlis menerima aliran dana terkait transaksi narkoba yang ditemukan di rekeningnya lebih dari satu kali.

PPATK kini masih menghitung jumlah uang yang diterima oleh Muchlis. "TPPU nya masih pemeriksaan saksi-saksi," ucap Tagam.

Atas perbuatannya, Muchlis Adjie dijerat Pasal 114 dan Pasal 132 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.