Sukses

Penjelasan Menag Keluarkan Daftar 200 Mubalig

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama merilis 200 daftar nama mubalig atau penyiar ajaran agama Islam untuk jadi rujukan masyarakat mengisi kegiatan keagamaan. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menjelaskan, dikeluarkannya daftar tersebut karena banyak permintaan mendapatkan penceramah yang baik.

"Ya jadi memang kami Kemenag baru saja mengeluarkan nama-nama penceramah karena dalam beberapa hari terakhir kami banyak mendapat pertanyaan dari sejumlah kalangan terkait kebutuhan untuk bisa mendapat penceramah yang baik," kata Lukman di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/5).

Lukman mengatakan, pihaknya meminta pendapat sejumlah ormas Islam, masjid besar, serta tokoh agama hingga akhirnya muncul nama 200 mubalig. Tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menambah nama-nama ustaz dan ustazah.

"Tentu ini nanti akan secara bertahap akan ada susulan, bukan berarti yang tidak termasuk daftar 200 itu bukan penceramah moderat. Tapi yang jelas yang 200 itu sudah benar-benar atas rekomendasi dari sejumlah kalangan," papar Lukman.

Dia mengatakan, mereka memiliki kompetensi tinggi terhadap ajaran agama Islam. Kemudian, memiliki pengalaman yang cukup dalam berceramah.

"Menjadi penceramah tidak hanya penguasaan konten tapi keterampilan dalam menyampaikan isi pesan ke masyarakat. Ketiga, terbukti bahwa yang bersangkutan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi," papar Lukman.

Namun Lukman menjelaskan 200 mubalig tersebut tidak diwajibkan untuk dipakai oleh publik. Pasalnya, rekomemendasi tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat yang memerlukan mubalig yang dinilai sudah berkompeten.

"Tidak ada kewajiban. Itu adalah nama bagi mereka yang membutuhkan dan memerlukan. Sekarang banyak sekali musala majelis taklim di kementerian lembaga instansi BUMN dan mereka meminta masukan itu, sehingga kita memenuhi," kata Lukman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Daftar Mubalig

Kementerian Agama mengeluarkan daftar mubalig atau penyiar ajaran agama Islam yang direkomendasikan. 200 Nama ini dinilai berkompeten dan memiliki reputasi baik ketika menyiarkan ajaran agama.

Mereka yang masuk antara lain Abdullah Gymnastiar (AA Gym), Alwi Shihab, Dedeh Rosidah (Mamah Dedeh), Mahfud MD, Muhammad Din Syamsuddin, dan Yusuf Mansur.

Daftar 200 mubalig rekomendasi Kementerian Agama bisa Anda lihat pada tautan ini.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kementerian Agama Rilis 200 Nama Mubalig yang Direkomendasikan
Artikel Selanjutnya
PNS Istri Terduga Teroris Sidoarjo Terancam Dipecat