Sukses

Kementerian Agama Rilis 200 Nama Mubalig yang Direkomendasikan

Kementerian Agama mengeluarkan daftar mubalig atau penyiar ajaran agama Islam yang direkomendasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama mengeluarkan daftar mubalig atau penyiar ajaran agama Islam yang direkomendasikan. 200 Nama ini dinilai berkompeten dan memiliki reputasi baik ketika menyiarkan ajaran agama.

Mereka yang masuk antara lain Abdullah Gymnastiar (AA Gym), Alwi Shihab, Dedeh Rosidah (Mamah Dedeh), Mahfud MD, Muhammad Din Syamsuddin, dan Yusuf Mansur.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tidak sembarang mubalig bisa masuk daftar itu. Pihaknya menyeleksi rekam jejak mubalig ini terlebih dahulu dengan masukan dari tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat.

Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi para mubalig tersebut, yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama mumpuni, reputasi baik, dan berkomitmen kebangsaan tinggi.

Menurut dia, pada tahap awal, Kementerian Agama baru merilis 200 daftar nama mubalig. Jumlah daftar ini akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

"Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut," ujar Menteri Agama dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

"Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi," sambung dia.

Jika masyarakat ingin memberi masukan tentang mubalig lain yang pantas masuk dalam daftar, bisa berkirim pesan whatsapp melalui nomor 0811-8497-492.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Masyarakat

Menteri Lukman berharap, rilis daftar nama mubalig ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses penceramah. Langkah tersebut juga untuk memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kementerian Agama.

"Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig," kata Menteri Agama.

Daftar 200 mubalig rekomendasi Kementerian Agama bisa Anda lihat pada tautan ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.