Sukses

JK: Ibu Mega Bilang KPK Dibubarkan Kalau Korupsi Sudah Habis

JK juga menyampaikan, saat ini keberadaan KPK masih dibutuhkan, karena korupsi masih terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjadi pembicara kunci dalam peringatan Hari Konstitusi di MPR, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dibubarkan bila korupsi di Tanah Air sudah tidak ada lagi. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pernyataan Megawati itu bukan berarti sikap tidak pro pada pemberantasan korupsi.

"Ibu Mega tidak pernah bilang begitu (KPK dibubarkan). Bu Mega mengatakan kalau korupsi sudah habis," kata Jusuf Kalla di JIExpo, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

"Bu Mega tidak pernah bilang dibubarkan," tegas pria yang kerap disapa JK itu.

JK juga menyampaikan, saat ini keberadaan KPK masih dibutuhkan, karena korupsi masih terjadi. Keberadaan KPK telah menurunkan tingkat korupsi di Indonesia.

"Kita kan korupsi sekarang sudah menurun, tapi tentu belum (semua), masih ada," tandas JK.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya menyatakan keberadaan KPK bersifat sementara. KPK akan dibubarkan bila korupsi sudah tidak ada lagi di Indonesia.

"Sampai kapan ada KPK? KPK selalu bilang korupsi terus berlanjut. Harusnya hentikan korupsi, sehingga KPK yang ad hoc dapat dibubarkan," kata Megawati di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Selasa 18 Agustus 2015.

Presiden ke-5 RI ini yakin dirinya akan di-bully karena pernyataannya yang bernada negatif kepada KPK. Namun Mega menyebut pihak-pihak yang mencibirnya adalah orang yang berpikiran pendek. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

Video Terkini