Sukses

2 Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Bengkulu

Keindahan bunga-bunga bangkai berukuran raksasa itu bisa dinikmati hingga 5 hari ke depan sebelum mereka membusuk.

Liputan6.com, Jakarta - 2 Kuntum bunga Rafflesia arnoldii mekar bersamaan di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register 5, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Keindahan bunga berukuran raksasa itu bisa dinikmati hingga 5 hari ke depan sebelum mereka membusuk.

"Diameter bunga masing-masing 80 centimeter dan jarak antarbunga hanya 1,5 meter," kata Koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Kepahiang, Holidin di Bengkulu, Senin (20/4/2015).

Dia mengatakan, untuk bisa mengakses lokasi bunga mekar itu, pengunjung harus berjalan kaki ke dalam hutan sejauh 250 meter. "Kami sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati bunga Rafflesia," ucap dia.

Menurut Holidin, mekarnya 2 kuntum bunga bangkai ini adalah peristiwa yang jarang terjadi. Biasanya hanya 1 bunga saja yang ditemukan mekar. Terakhir pada 2012, ada 2 kuntum bunga Rafflesia mekar sekaligus dengan jarak antar-bunga 2 meter.

"Jarak antarbunga yang mekar sekarang ini lebih pendek, jadi lebih unik," ujar Holidin.

Hutan Lindung Bukit Daun di Kabupaten Kepahiang yang berjarak 50 kilometer dari Kota Bengkulu merupakan salah satu habitat bunga Rafflesia arnoldii.

Kerusakan hutan akibat perambahan liar menjadi ancaman utama kelestarian bunga rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu. (Ant/Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.