Sukses

Minyak Goreng Bekas Bikin Mampet Saluran Pembuangan, Begini Cara Membuangnya

Penting untuk diingat bahwa minyak bekas dari proses penggorengan tidak boleh dibuang secara sembarangan karena bisa menyumbat saluran air.

Liputan6.com, Jakarta - Penting untuk diingat bahwa minyak goreng bekas tidak boleh dibuang sembarangan. Sejumlah kecil minyak tersebut bisa menyebabkan masalah serius pada saluran pembuangan. Seorang tukang ledeng berbagi metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Melansir The Guardian, Selasa, 18 Juli 2023, tukang ledeng terkemuka Sydney Lars Olsson menegaskan bahwa sebagai aturan umum, tindakan membuang minyak goreng sisa ke saluran pembuangan sebaiknya dihindari, karena akan merugikan sistem saluran air kita. 

Menurut Olsson, masalah utamanya adalah ketika minyak goreng dingin akan mengeras sehingga melapisi saluran air. Ujung-ujungnya, minyak yang tertinggal akan menyumbat saluran pembuangan. Minyak bekas juga dapat bergabung dengan limbah lain, misalnya tisu basah, membentuk penyumbatan keras yang dikenal sebagai fatberg.

Fatberg adalah gumpalan massa padat yang terbentuk ketika lemak makanan atau lemak industri menyumbat saluran air dan membentuk struktur mirip dengan agar-agar yang berdiri sendiri. Minyak ini tidak hanya menyebabkan masalah pada sistem drainase kota, tetapi juga dapat menyumbat pipa di dalam rumah atau apartemen kita, sehingga memerlukan bantuan tukang ledeng untuk memperbaikinya.

Olsson memperingatkan bahwa tinggal di daerah dengan saluran pembuangan tua meningkatkan risiko ini. "Jika Anda menaruh sedikit saja, itu sudah cukup merusak dan akan menimbulkan masalah. Jika Anda memasukkan jumlah besar, tentu saja masalahnya akan semakin parah," kata Ollson.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membuang Minyak Bekas?

Dalam jumlah kecil, minyak bekas dapat dibersihkan dengan mengelapnya menggunakan tisu makan dan kemudian membuangnya ke tempat sampah. Namun, bagaimana bila minyak bekas yang dihasilkan lebih banyak dari itu?

Menurut Olsson, cara pertama adalah dengan menyiram minyak bekas yang tak sengaja masuk ke saluran pembuangan dengan air panas. Dengan segera menyiram saluran air dengan air panas, minyak yang terdapat di dalamnya akan mencair dan terbantu dalam proses pembuangan.

Penting bagi kita untuk menghindari menuangkan air dingin, karena tindakan ini akan mendinginkan minyak dan membuatnya mengeras lebih cepat.

Menurut Olsson, sebaiknya kita menggunakan produk seperti Domestos atau deterjen pencuci piring berkualitas baik, karena mengandung penghilang lemak yang dapat membantu mengatasi minyak. Namun, dia menekankan bahwa itu adalah langkah terakhir yang bisa kita lakukan.

Selanjutnya, disarankan untuk menghentikan praktik membuang minyak ke dalam saluran air secara teratur. Jadi, penting untuk benar-benar menghentikan kebiasaan tersebut untuk menjaga saluran air tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Produk Pembersih Saluran Air?

 

Menurut Olsson, sebaiknya kita menggunakan produk deterjen pencuci piring berkualitas baik, karena mengandung penghilang lemak yang dapat membantu mengatasi minyak. Namun, dia menekankan bahwa itu adalah langkah terakhir yang bisa kita lakukan.

Sementara, penggunaan soda bikarbonat untuk membersihkan saluran pembuangan dinilainya tidak akan efektif. Karena itu, ia mengingatkan untuk mengedepankan pencegahan alih-alih mengatasinya. "Jawabannya adalah, jangan membuangnya ke saluran air."

Sementara itu, melansir Real Simple pada 20 April 2023, cara mudah dan efisien untuk membuang minyak goreng sisa adalah dengan membiarkannya mendingin dan kemudian menuangkan ke dalam wadah sekali pakai, seperti karton susu atau kotak makanan.

Jika kita menggunakan minyak untuk menggoreng makanan nabati, pertimbangkan untuk mengomposkannya sampah kompos. Ini akan berguna bagi serangga dan cacing tanah di lingkungan kita. 

Minyak jelantah juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sabun. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, caranya dimulai dengan mengumpulkan jelantah. Lalu, bersihkan dengan cara direndam arang untuk menghilangkan bau anyir yang menempel.

Kemudian, aduk dengan soda api dengan takaran yang sudah ditentukan aduk hingga bercampur. Bisa juga menambahkan air pandan atau air lemon untuk memberi aroma wangi alami dan juga pewarna makanan agar tampilannya menjadi lebih cantik.

4 dari 4 halaman

Bisa Tambah Penghasilan

Menurut Tri Lestari, pengelola bank sampah, kecintaan terhadap lingkungan bukan hanya berdampak untuk kelestarian alam, melainkan juga bisa menambah penghasilan.

"Hanya butuh sedikit kreativitas, maka limbah jelantah bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual seperti sabun ataupun lilin," ujarnya. Tri merasa senang jika ada perusahaan yang mau mendukung gerakan peduli lingkungan sekaligus mengasah kreativitas.

Sementara, Branch Manager Alfamart Cikokol, Hadi Susianto berpendapat, selain menanamkan rasa peduli akan lingkungan hidup, kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu menambah dan mengasah keterampilan masyarakat khususnya kaum ibu.

"Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan secara mandiri," ucapnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan perempuan yang bertujuan menambah keterampilan. "Jika ditekuni dengan serius, keterampilan tersebut dapat dijadikan tambahan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Hadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini