Sukses

Tampilan Paspor Kanada yang Lebih Canggih, Ada Daun Maple dan Gambar Bergerak

Kanada telah meluncurkan desain paspor baru dengan fitur keamanan yang ditingkatkan. Informasi pribadi pemegang paspor Kanada sekarang akan diukir dengan laser alih-alih dicetak dengan tinta.

Liputan6.com, Jakarta - Kanada telah meluncurkan desain paspor baru dengan fitur keamanan yang ditingkatkan. Informasi pribadi pemegang paspor Kanada sekarang akan diukir dengan laser alih-alih dicetak dengan tinta.

Dikutip Euronews, Selasa, 16 Mei 2023, halaman-halaman paspor tersebut menampilkan gambar orang-orang Kanada, lanskap, dan satwa liar yang hanya muncul dalam sinar ultraviolet. Desain sampul juga telah diubah untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Lambang emas sekarang bergabung dengan garis daun maple metalik. Namun, warna paspor tetap biru laut. "Paspor Kanada yang baru lebih dari sekadar dokumen perjalanan, itu adalah representasi dari identitas dan nilai-nilai nasional kita," kata Sean Fraser, Menteri Imigrasi, Pengungsi dan Kewarganegaraan.

Ia menambahkan, "Ini adalah pengingat akan keindahan dan keragaman Kanada, dan mencerminkan komitmen negara tersebut untuk menyambut orang-orang dari seluruh dunia."

Untuk menghormati posisi Kanada di Persemakmuran, dokumen perjalanan itu juga merujuk pada keluarga kerajaan Inggris. Namun, karena proses desain yang panjang, desain menampilkan lambang Ratu Elizabeth II daripada lambang Raja Charles III yang baru dinobatkan.

Paspor baru akan mulai diluncurkan akhir musim panas ini. Desain paspor baru Kanada mencakup sejumlah fitur keamanan baru untuk menjaga keamanan identitas warga negara.

Di sampul depan bagian dalam, tinta pengubah warna menggambarkan seekor rusa dan kepingan salju. Di halaman sebaliknya, chip dan antena paspor yang terlihat dapat digunakan untuk mengonfirmasi validitas paspor dan menjaga keamanan informasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Desain

Di halaman informasi pribadi, informasi kini diukir dengan laser, bukan dicetak dengan tinta. Pemilihan tersebut membuatnya lebih tahan lama dan tahan terhadap gangguan dan pemalsuan.

Halaman ini juga menampilkan kinegram - gambar variabel optik difraksi - di atas foto utama yang tampak bergerak saat Anda melihatnya dari sudut yang berbeda.Tanggal lahir muncul dan menghilang tergantung bagaimana Anda melihatnya.

Jendela tembus pandang khusus dengan gambar sekunder pemegang paspor dan tinta peka suhu semakin meningkatkan keamanan. Halaman ini sekarang akan terbuat dari polikarbonat yang tahan lama dan tahan air.

Pada akhir 2023, warga Kanada akan dapat memperbarui paspor mereka, membayar biaya mereka, dan mengunggah foto mereka secara online dengan aman. Pemerintah Kanada telah meyakinkan pemegang paspor bahwa versi lama juga baru aman bahwa tidak perlu memperbarui paspor lebih awal. 

Paspor baru merayakan warisan dan identitas Kanada dengan gambar keindahan alam dan tradisi negara tersebut selama empat musim. 

3 dari 4 halaman

Keindahan dan Tradisi Kanada

Sampulnya menampilkan foil metalik berbentuk daun maple di sampulnya. Bagian belakang paspor dihiasi dengan daun maple yang dibuang. Seasonal art yang berubah di bawah sinar UV ditemukan di halaman prangko, menampilkan pemandangan beruang, burung, memetik labu, dan berenang liar.

Paspor Kanada adalah salah satu paspor terkuat di dunia. Menurut Henley Passport Index 2023, Kanada berada di posisi ke-8 bersama Australia, Yunani, dan Malta, dapat mengakses 185 destinasi bebas visa.

Dikutip dari World Economic Forum, Selasa, 16 Mei 2023, tiga paspor terkuat di dunia semuanya berasal dari Asia. Henley Passport Index memeringkatkan semua paspor dunia menurut jumlah tujuan yang dapat diakses pemegangnya tanpa mendapatkan visa terlebih dahulu.

Jepang memiliki paspor terkuat di dunia selama lima tahun berturut-turut. Pemegang paspor Jepang dapat mengunjungi 193 dari 227 tujuan global bebas visa. Korea Selatan dan Singapura berada di urutan ke-2 pada indeks, dengan skor bebas visa/visa-on-arrival 192. Jerman dan Spanyol berada di urutan ke-3, dengan akses bebas visa ke 190 tujuan.

4 dari 4 halaman

Daftar Paspor Terkuat di Dunia 2023

Inggris dan AS tetap berada di posisi ke-6 dan ke-7, dengan skor 187 dan 186. Mereka bersama-sama memegang posisi teratas pada 2014, tetapi peringkat Henley mengatakan tampaknya tidak mungkin keduanya akan mencapai posisi pertama lagi. Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa pada 2016.

Henley Passport Index disusun oleh firma konsultan imigrasi Henley & Partners. Ini juga menggabungkan data indeks paspornya dengan angka PDB Bank Dunia untuk membuat skor Henley Passport Power, yang menunjukkan "persentase PDB global yang diberikan setiap paspor kepada pemegangnya yang bebas visa".

Ini bisa menjadi alat yang berharga bagi pelancong bisnis, investor, dan siapa pun yang berencana untuk beremigrasi. Tapi itu juga menyoroti "ketimpangan ekonomi yang semakin melebar dan kesenjangan kekayaan yang telah menentukan dunia kita", kata Ketua Henley & Partners Dr Christian Kaelin. Dia menemukan indeks paspor hampir 20 tahun yang lalu, berdasarkan data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional.

Simak daftar paspor paling kuat di dunia pada 2023:

  1. Jepang (193 destinasi)
  2. Singapura, Korea Selatan (192 destinasi)
  3. Jerman, Spanyol (190 destinasi)
  4. Finlandia, Italia, Luksemburg (189 destinasi)
  5. Austria, Denmark, Belanda, Swedia (188 destinasi)
  6. Prancis, Irlandia, Portugal, Inggris Raya (187 destinasi)
  7. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Amerika Serikat, Republik Ceko (186 destinasi)
  8. Australia, Kanada, Yunani, Malta (185 destinasi)
  9. Hongaria, Polandia (184 destinasi)
  10. Lituania, Slovakia (183 destinasi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini