Sukses

Miliuner Wolfgang Porsche Ceraikan Istri yang Sakit Demensia, Mengaku Tak Tahan Hadapi Perubahan

Wolfgang Porsche menikahi istrinya pada 2018. Akibat demensia yang dialaminya selama dua tahun terakhir, Claudia bergantung penuh pada orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Wolfgang Porsche mungkin melupakan janji sehidup semati dalam suka dan duka yang biasanya diucapkan pengantin saat menikah. Pasalnya, ia menggugat cerai istrinya yang kini menderita sakit 'mirip demensia'.

Menurut laporan, mengutip NY Post, Jumat (24/3/2023), Presiden Dewan Pengawas Porsche Automobil Holding SE itu menyebut sakit sang istri tidak tertahankan lagi untuknya. Sumber dekat pasangan itu mengatakan Porsche merasa 'tidak mungkin' untuk terus tinggal bersama istrinya Claudia Porsche (74).

Tabloid berbahasa Jerman, Bild, menuliskan bahwa kondisi kesehatan yang menurun telah mengubah kepribadiannya secara permanen. Miliuner itu menyebut kondisi kesehatan dan 'perubahan drastis' pada kepribadian Claudia sebagai alasan perpisahan.

Bild melaporkan Claudia yang merupakan mantan penasihat pemerintah Jerman tidak bisa lagi bergerak tanpa dibantu. Dalam dua tahun terakhir, dia bergantung pada perawatan sepenuhnya dari putrinya dan empat asisten rumah tangga.

Porsche dan Claudia menikah pada 2019 setelah menjalin asmara sejak 2007. Mereka memiliki dua anak bersama.

Pria Jerman yang tinggal di Austria itu sebelumnya pernah menikah dengan seorang direktur, Susanne Bresser, pada 1988. Dari pernikahan pertama yang berakhir pada 2008, ia dikaruniai dua anak. 

Selain menjabat di Porsche Automobil Holding SE, ia juga memiliki posisi di Porsche AG. Wolfgang adalah anak bungsu mantan desainer dan CEO Porsche AG, Ferdinand Porsche Jr. dan Dorothea Reitz. Ia juga cucu dari Ferdinand Porsche Sr. yang merupakan pendiri Porsche AG. Kekayaan keluarganya diperkirakan bernilai 22 miliar dolar AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wolfgang Dikabarkan Dekat dengan Perempuan Lain

Di tengah berita perceraiannya, Wolfgang disebut menghabiskan waktu dengan teman lamanya, Gabriela Prinzessin zu Leiningen, dalam beberapa bulan terakhir. Gabriela yang disebut sebagai teman lama Porsche diketahui sudah dua kali bercerai.

Ia pertama kali menikah dengan Pangeran Karl Emich of Leiningen pada 1991 sebelum berpisah tujuh tahun kemudian. Hanya beberapa bulan setelah bercerai dari pangeran, ia menikah dengan pria Swiss Karim Aga Khan IV. Pernikahannya dengan Imam Nizari Ismail ke-49 itu bertahan selama 16 tahun sebelum bercerai pada 2014.

Jika benar bercerai, Wolfgang menambah daftar miliuner yang bercerai di usia lanjut. Sebelumnya ada Bill Gates dan Melinda yang memutuskan bercerai pada Mei 2021 setelah 27 tahun bersama.

Kabar perceraian itu juga diterpa isu perselingkungan. Bill dituding 'memulai hubungan intim dengan seorang karyawan perusahaan pada 2000.

Dewan direksi Microsoft pun menyewa firma hukum untuk menyelidiki kasus tersebut, seperti dikutip dari New York Times. Tahun berikutnya, Bill Gates mengundurkan diri dari dewan direksi Microsof, demikian menurut laporan The Wall Street Journal terkait kasus tersebut pada tahun 2000. 

"Terjadi perselingkuhan hampir 20 tahun lalu yang berakhir secara damai," ungkap Bridgitt Arnold, juru bicara Gates. Namun, Arnold menjelaskan, bahwa keputusan Gates untuk keluar dari dewan sama sekali tidak terkait dengan masalah tersebut.

3 dari 4 halaman

Pengumuman Perceraian Bill dan Melinda Gates

Saat mengumumkan perceraian, Bill berusia 65 tahun. Mereka membagikan pengumuman perceraian mereka melalui pernyataan di Twitter. "Setelah banyak pemikiran dan banyak usaha dalam hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," bunyi awalan dari cuitan yang dibagikan pada Selasa, 4 Mei 2021 itu.

"Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," lanjut mereka soal Bill and Melinda Gates Foundation.

Disampaikan pula, mereka terus berbagi keyakinan akan misi tersebut dan melanjutkan bersama yayasan yang telah didirikan pada 2000. "Tetapi kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami," jelas mereka.

"Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai mengarungi kehidupan baru ini," demikian akhir dari pernyataan Bill dan Melinda.

Dilansir dari People, Bill Gates dan Melinda mengikat janji suci pernikahan di Pulau Lanai, Hawaii pada 1 Januari 1994 silam. Rumah tangga mereka dikaruniai tiga buah hati, yakni Jennifer Katharine, Phoebe Adele, dan Rory John.

4 dari 4 halaman

Perceraian Jeff Bezos dan MacKenzie

Sebelum pasangan Gates, Jeff Bezos yang pernah memegang gelar orang terkaya di dunia juga bercerai dari istrinya MacKenzie pada 2019, setelah 25 tahun menikah. Pasangan yang dikaruniai empat anak itu sepakat untuk membagi harta mereka yang mencapai 149,2 miliar atau sekitar Rp 2.112 triliun.

Mengutip laman CNBC, Jumat, 5 April 2019, Jeff Bezos mendapatkan 75 persen dari total kekayaan dengan nilai 113,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp1.608 triliun. Sementara, istrinya memperoleh jatah 25 persen atau 35,6 miliar dolar AS (sekitar Rp495 triliun).

BBC melaporkan, MacKenzie akan tetap memiliki empat persen saham di Amazon. Namun, wanita kelahiran 7 April 1970 ini akan melepaskan saham di Washington Post dan perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin.

Sebelumnya, pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun ini mendadak mengumumkan perceraian melalui akun Twitter Bezos. "Setelah periode yang eksplorasi cukup panjang dan mencoba berpisah, kami memutuskan untuk bercerai dan melanjutkan hidup sebagai teman," kata Jeff Bezos dan MacKenzie dalam pernyataan bersama.

Mereka melanjutkan, "Kami merasa sangat beruntung bisa saling menemukan satu sama lain dan bersyukur satu sama lain untuk tahun-tahun pernikahan kami."

Selanjutnya, mereka mengatakan, "Meskipun kami tahu kami akan berpisah setelah 25 tahun menikah, kami akan tetap melakukannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.