Sukses

Persiapan Sambut Ramadan, Kenali Tanda Kulkas Harus Diganti

Yuk Bunda cek kondisi kulkas, apakah masih layak sebagai tempat penyimpanan makanan dan punya kapasitas yang memadai?

Liputan6.com, Jakarta Ramadan yang penuh berkah akan segera hadir menerangi dunia. Sebelum memasuki bulan spesial ini, ada beberapa hal yang perlu rumah tangga persiapan bukan? Selain mempersiapkan jiwa dan mental, peralatan rumah tangga untuk memenuhi makanan sehari-hari juga diperlukan. Misalnya kulkas atau lemari es.

Kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang krusial bagi rumah tangga masa kini, apalagi kalau sudah memasuki bulan Ramadhan. Kulkas jadi andalan menyimpan berbagai jenis bahan makanan untuk keperluan buka dan sahur.

Begitu pentingnya kulkas, yuk Bunda cek kondisi kulkas, apakah masih layak sebagai tempat penyimpanan makanan dan punya kapasitas yang memadai? Atau malah muncul tanda-tanda kulkas waktunya diganti. Agar tidak menyulitkan Anda di kemudian hari, ketahui tanda-tanda kulkas bermasalah dan pertimbangkan untuk diganti.

1. Kurang Dingin

Apakah Anda tidak merasa kedinginan saat membuka kulkas, melihat makanan di dalam freezer tidak beku? Jika iya, kulkas mungkin mengalami masalah dalam mempertahankan suhu yang tepat. Kulkas yang kurang dingin dapat membuat makanan lebih cepat rusak dan ini bukan kabar yang baik.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), untuk menjaga makanan bisa tahan lama di lemari es harus disimpan di bawah 40 derajat Fahrenheit dan freezer pada nol derajat. Keduanya dapat diperiksa dengan termometer. Jika saat diperiksa angka tersebut tidak sesuai, mulailah mencari pengganti kulkas baru.

2. Terlalu Dingin

Bukan hanya kurang dingin, kulkas yang terlalu dingin juga merupakan tanda ada yang tidak beres. Terlebih freezer model lama yang sangat rentan terhadap penumpukan embun beku. Cek segel pintu, sensor defrost kulkas, bila ada masalah dengan freezer segera hubungi teknisi untuk menemukan masalahnya.

3. Bunyi Berisik

Umumnya, suara mendengung dari kulkas adalah hal normal. Suara itu muncul dari bukaan katup air yang berfungsi untuk mengisi pembuat es. Namun, bila suaranya lebih seperti getaran dan terdengar suara motor entah darimana, itu bisa menjadi pertanda tidak baik.

Masalah getaran bisa diatasi dengan sesuaikan sekrup leveling dan turunkan kaki leveling ke lantai. Sementara, jika motor kipas mengalami masalah dapat berdampak pada pengeluaran energi yang tidak perlu. Motor yang tidak berfungsi dapat meningkatkan tagihan energi kulkas Anda.

4. Bagian Belakang Panas

Mesin kulkas berada di bagian belakang, jadi wajar jika itu terasa lebih hangat dari pada bagian lainnya. Tetapi jika terasa panas berlebihan saat disentuh, itu bisa menjadi tanda ada masalah. Beberapa penyebabnya seperti kondensor yang kotor, masalah pada koil atau mungkin sistem ventilasi. Bila setelah dibersihkan masih bermasalah, penggantian mungkin diperlukan dan biayanya tidak sedikit.

5. Sudah Berumur

Setiap peralatan rumah tangga pasti memiliki masa pakai, sekalipun yang berharga mahal. Jika kulkas berumur hampir atau lebih dari 10 tahun, lebih baik diganti yang baru. Jika sering bermasalah dan servis, pertimbangkan juga untuk diganti yang baru.

6. Kapasitas Kulkas Kurang

Seiring meningkatnya kebutuhan rumah tangga dan bertambahnya anggota keluarga, wajar bila bahan makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas semakin banyak. Maka dari itu, kulkas dengan kapasitas penyimpanan besar sangat penting untuk memudahkanmu untuk menyimpan banyak makanan sekaligus.

Bila kamu masih memakai kulkas satu pintu atau kulkas model lama, sudah saatnya beralih ke kulkas dua pintu. Rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik adalah Polytron Belleza Jumbo 29MNX dengan lebar rak yang lebih luas hingga 58cm untuk ruang penyimpanan yang maksimal. Tidak hanya itu, rak dapat dipindahkan sesuai kebutuhan masing-masing.

Kulkas Belleza Jumbo PRW 29MNX memiliki borderless curved edge yang terbuat dari tempered glass door sehingga kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo 29MNX tahan dari benturan keras dan anti karat. Kulkas ini juga dilengkapi dengan Hybrid Deodorizer yang dapat dicuci dan dipakai sehingga bebas dari bau tidak sedap. Serta memiliki Removable Ice Twist Tray, kompartemen es batu yang dapat dipindahkan.

Kulkas Polytron Belleza Jumbo PRW 29MNX memiliki desain modern dengan warna black. Ingin tahu lebih lanjut kelebihan kulkas Polytron Belleza Jumbo? Kunjungi website resmi Polytron atau official store di e-commerce kesayangan Anda.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.