Sukses

Sederet Potret Kim Ju-ae, Putri Kim Jong-un yang Ikut ke Parade Militer hingga Nonton Sepak Bola

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengajak putrinya, Kim Ju-ae, dalam beberapa kesempatan publik. Momen tersebut sontak membuat sosok Ju-ae menjadi sorotan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat mengajak putrinya, Kim Ju-ae dalam beberapa kesempatan. Momen tersebut sontak membuat sosok Ju-ae menjadi sorotan dunia dan berbagai pihak.

Dikutip dari CNN, Minggu (19/2/2023), salah satu acara yang didatangi putri Kim Jong-un adalah jamuan makan mewah di barak militer pada Selasa, 7 Februari 2023. Kehadiran Ju-ae disebut sebagai tanda ia mungkin dipersiapkan sebagai pengganti ayahnya dalam rezim keluarga otoriter sejak beberapa dekade lalu.

Gadis yang diyakini sebagai anak kedua Kim Jong-un ini diyakini berusia 9 tahun. Ia menemani ayahnya dalam kunjungan ke barak dan perjamuan untuk memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea (KPA), media pemerintah melaporkan Rabu, 8 Februari 2023.

Pada Rabu malam, gadis itu muncul lagi, kali ini menonton bersama Kim saat rudal balistik antarbenua diarak melalui alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang dalam parade militer. Sebuah laporan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) menggambarkan melihat Kim dan putrinya pada perjamuan Selasa malam sebagai mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pejabat militer yang hadir.

Potret-potret yang diterbitkan oleh surat kabar Rodong Sinmun milik negara tersebut menunjukkan gadis itu berjalan di samping Kim dan ibunya saat mereka memasuki tempat perjamuan. Sementara, para perwira militer bertepuk tangan.

Di perjamuan, gadis itu duduk di tengah meja utama antara pemimpin Korea Utara itu dan ibunya. Di negara di mana keluarga Kim dan militer semuanya kuat, kehadiran Ju-ae di acara penting seperti itu mengirimkan sinyal yang jelas, kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Ewha University di Seoul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Pengamat

"Dengan pura-pura menyertakan istri dan putrinya, Kim ingin pengamat di dalam dan luar negeri melihat dinasti keluarganya dan militer Korea Utara sebagai hubungan yang tidak dapat ditarik kembali," katanya.

Pengamat lain mengatakan jelas Kim telah membuat pilihan penggantinya, membenarkan spekulasi yang dimulai dengan penampilan Ju-ae pada peluncuran uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pada November dengan ayahnya. Anggota parlemen Korea Selatan dan sekretaris Badan Intelijen Nasional Yoo Sang-bum mengatakan setelah peluncuran itu bahwa gadis itu diduga adalah Ju-ae.

Sederet potret menunjukkan keduanya berjalan bergandengan tangan saat memeriksa rudal besar, sementara media pemerintah menyebut putri "kesayangan" Kim. Media pemerintah Korea Utara menerbitkan sebuah cerita akhir bulan itu dengan foto-foto Kim dan putrinya, menggambarkannya sebagai anak yang "paling dicintai", kata Cheong Seong-chang, seorang analis senior di Sejong Institute di Korea Selatan.

"Mempertimbangkan hal tersebut, tidak diragukan lagi bahwa Kim Ju-ae telah ditunjuk sebagai penerus Kim Jong-un, dan perlu diperhatikan bagaimana hal ini akan mempengaruhi kebijakan dalam dan luar negeri Korea Utara dalam jangka menengah hingga jangka panjang, dan bagaimana warga Korea Utara akan menerima suksesi generasi keempat," kata Cheong.

3 dari 4 halaman

Keluarga Kim Berkuasa

Pemerintahan keluarga Kim di Korea Utara dimulai pada 1948, ketika Kim Il Sung berkuasa setelah Perang Dunia II. Ketika dia meninggal pada 1994, putranya Kim Jong Il mengambil kendali negara.

Kim Jong-un berkuasa pada Desember 2011 setelah kematian Kim Jong Il, ayahnya. Tidak ada indikasi Kim Jong Un akan meneruskan kepemimpinan dalam waktu dekat.

Sementara rezim Kim telah mengadakan jamuan untuk militer sebelumnya, gambar-gambar dari acara Selasa menggambarkan pengaturan yang lebih heboh daripada yang pernah terlihat sebelumnya. "Perjamuan mewah Kim untuk memperingati angkatan bersenjata dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa para perwira sangat dihormati di masyarakat dan tentara didukung dengan baik oleh negara," kata Easley.

KCNA melaporkan bahwa Kim Jong-un telah berpidato di perjamuan di mana pemimpin Korea Utara memuji dan mendorong militer tanpa berkomentar tentang Amerika Serikat atau Korea Selatan. Perjamuan Selasa datang sehari sebelum apa yang banyak ahli perkirakan akan menjadi parade militer terbesar Korea Utara yang pernah ada.

4 dari 4 halaman

Nonton Pertandingan Sepak Bola

Dikutip dari Sky News, Minggu (19/2/2023), selain parade militer, Kim Jong-un baru-baru ini juga terlihat mengajak putrinya menyaksikan pertandingan sepak bola untuk merayakan ulang tahun mendiang ayahnya. Media pemerintah mengatakan kehadiran Kim dan putrinya yang "tercinta" Kim Ju-ae membawa kegembiraan" pada pertandingan tersebut.

Ini adalah yang keenam dari serangkaian penampilan publik yang menimbulkan spekulasi apakah Ju-ae sedang dipersiapkan untuk peran kepemimpinan atau penerus ayahnya. Pertandingan sepak bola digambarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea sebagai "acara olahraga dan budaya yang signifikan", dengan foto-foto yang diterbitkan oleh surat kabar resmi Korea Utara Rodong Sinmun menunjukkan Kim dan putrinya tersenyum dan bertepuk tangan dari kursi VIP.

Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim dan salah satu pejabat tinggi kebijakan luar negerinya, terlihat duduk berbaris di belakang, menyaksikan pertandingan antara anggota staf dari kabinet dan kementerian pertahanan. Biasanya, Kim Ju-ae bergabung dengan ayahnya di acara yang terang-terangan berkaitan dengan ambisi nuklirnya.

Dalam penampilan pertamanya di media pemerintah, dia dibawa untuk mengamati uji terbang rudal balistik antarbenua (ICBM). Analis mengatakan ini adalah cara ayahnya untuk mengingatkan dunia bahwa dia tidak akan pernah secara sukarela menyerahkan persenjataannya, dia lihat sebagai jaminan terkuat untuk kelangsungan hidupnya dan perpanjangan kekuasaan dinasti keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.