Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Pesawat Jatuh di Nepal, Travel Vlogger Rusia Jadi Korban hingga Siaran Langsung di Pesawat Sebelum Kecelakaan

Top 3 Berita Hari Ini, travel vlogger Rusia jadi korban pesawat jatuh di Nepal, fakta menarik Kongo dan Yeti Airlines.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang travel vlogger Rusia menjadi salah satu korban pesawat jatuh di Nepal pada Minggu, 15 Januari 2023. Elena Banduro, nama vlogger itu, menjadi korban pertama yang teridentifikasi dan terdokumentasi.

Perempuan asal Moskow itu menjadi penumpang pesawat turboprop mesin kembar ATR-72 yang jatuh di dekat Bandara Internasional Pokhara yang baru dibuka di Nepal. Hal itu dikonfirmasi oleh Duta Besar Rusia untuk Nepal, Alexei Novikov.

Sebelum terbang ke Nepal, Banduri bahkan sempat menuliskan artikel yang berisi ketidaksabarannya untuk segera berlibur.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang Kongo yang merupakan bekas kerajaan di Afrika, terletak di selatan Sungai Kongo yang sekarang merupakan Angola dan Republik Demokratik Kongo.

Mulanya kerajaan ini merupakan federasi dari pemerintahan kecil, tetapi saat kerajaan berkembang, wilayah yang ditaklukkan diintegrasikan sebagai warisan kerajaan. Namun di era modern dengan konstitusi tahun 2002, Kongo adalah sebuah republik demokratik.

Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang pesawat Yeti Airlines yang mengangkut 72 orang jatuh di Sungai Seti, Nepal, pada Minggu, 15 Januari 2023. Maskapai domestik di Nepal itu sebelumnya terbang dari Kathmandu, menuju bandara baru di Pokhara yang baru saja dibuka.

Di antara penumpang pesawat ATR-72 bermesin ganda itu, 15 di antaranya adalah turis asing. Mereka terdiri dari empat warga Rusia, korban warga negara asing lainnya adalah lima warga India, dua warga Korea Selatan, satu dari Argentina, satu dari Prancis, seorang warga Australia, dan seorang berkebangsaan Irlandia.

Insiden itu tercatat sebagai kecelakaan udara terburuk di Nepal selama hampir tiga dekade. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Pesawat Jatuh di Nepal, Travel Vlogger Rusia Jadi Korban hingga Siaran Langsung di Pesawat Sebelum Kecelakaan

Seorang travel vlogger Rusia menjadi salah satu korban pesawat jatuh di Nepal pada Minggu, 15 Januari 2023. Elena Banduro, nama vlogger itu, menjadi korban pertama yang teridentifikasi dan terdokumentasi.

Perempuan berusia 33 tahun asal Moscow itu menjadi penumpang pesawat turboprop mesin kembar ATR-72 yang jatuh di dekat Bandara Internasional Pokhara yang baru dibuka di Nepal. Hal itu dikonfirmasi oleh Duta Besar Rusia untuk Nepal, Alexei Novikov.

Selanjutnya… 

6 Fakta Menarik Kongo, Negara Afrika Pemilik Danau Lava Terbesar di Dunia

Kongo merupakan bekas kerajaan di Afrika, terletak di selatan Sungai Kongo yang sekarang merupakan Angola dan Republik Demokratik Kongo. Menurut catatan tradisional, kerajaan ini didirikan oleh Lukeni lua Nimi sekitar tahun 1390.

Mengutip Britannica, Sabtu, 14 Januari 2023, mulanya kerajaan ini merupakan federasi dari pemerintahan kecil, tetapi saat kerajaan berkembang, wilayah yang ditaklukkan diintegrasikan sebagai warisan kerajaan.

Selanjutnya… 

Yeti Airlines Jatuh di Pokhara, Mengapa Terbang di Nepal Berisiko Tinggi?

Pesawat Yeti Airlines yang mengangkut 72 orang jatuh di Sungai Seti, Nepal, pada Minggu, 15 Januari 2023. Maskapai domestik di Nepal itu sebelumnya terbang dari ibu kota Nepal, Kathmandu, menuju bandara baru di Pokhara yang baru saja dibuka.

Di antara penumpang pesawat ATR-72 bermesin ganda itu, 15 di antaranya adalah turis asing. Mereka terdiri dari empat warga Rusia, korban warga negara asing lainnya adalah lima warga India, dua warga Korea Selatan, satu dari Argentina, satu dari Prancis, seorang warga Australia, dan seorang berkebangsaan Irlandia.

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.