Sukses

6 Fakta Menarik Kongo, Negara Afrika Pemilik Danau Lava Terbesar di Dunia

Kongo yang terletak di Afrika memiliki Gunung Nyiragongo dengan danau lava terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kongo merupakan bekas kerajaan di Afrika, terletak di selatan Sungai Kongo yang sekarang merupakan Angola dan Republik Demokratik Kongo. Menurut catatan tradisional, kerajaan ini didirikan oleh Lukeni lua Nimi sekitar tahun 1390.

Mengutip Britannica, Sabtu, 14 Januari 2023, mulanya kerajaan ini merupakan federasi dari pemerintahan kecil, tetapi saat kerajaan berkembang, wilayah yang ditaklukkan diintegrasikan sebagai warisan kerajaan.

Namun di era modern dengan konstitusi tahun 2002, Kongo adalah sebuah republik demokratik. Cabang eksekutif pemerintah dipimpin oleh presiden, yang dipilih secara populer untuk maksimal dua masa jabatan tujuh tahun dan menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Presiden menunjuk Dewan Menteri. Cabang legislatif bersifat bikameral dan terdiri dari Senat dan Majelis Nasional yaitu anggota dipilih untuk menjabat selama enam tahun dan lima tahun, masing-masing. Masih banyak hal lain tentang Kongo, berikut enam fakta menarik Kongo yang dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu, 14 Januari 2023. 

1. Dijuluki Perang Dunia Afrika

Mengutip dari BBC, Sabtu, 14 Januari 2023 negara yang kini menjadi Republik Demokratik Kongo baru-baru ini telah menjadi salah satu negara dengan konflik perang saudara dan korupsi. Kongo merupakan negara dengan sumber daya ekonomi yang sangat besar, namun para pengamat menyebut Kongo sebagai "perang dunia Afrika" lantaran perang saudara yang akibatnya membuat warga sipil ikut menderita.

Perang merenggut hingga enam juta nyawa, baik sebagai akibat langsung dari pertempuran atau karena penyakit dan kekurangan gizi. Pertempuran dipicu oleh kekayaan mineral negara yang sangat besar, dengan semua pihak memanfaatkan anarki untuk menjarah sumber daya alam. Beberapa milisi terus bertempur di timur, di mana pasukan besar Perserikatan Bangsa-Bangsa sedang berjuang untuk menjaga perdamaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Prancis Sebagai Bahasa Resmi

Sekitar setengah dari penduduk Kongo mengidentifikasi diri mereka sebagai orang-orang Kongo, yang meliputi berbagai etnis seperti Sundi, Kongo, Lali, Kougni, Bembe, Kamba, Dondo, Vili, dan Yombe. Ada pula Suku Ubangi termasuk di dalamnya Makoua, Kouyou, Mboshi, Likouala, Ngala, dan Bonga. Teke dan Sanga, atau "Bantuan Gabon", juga dibagi menjadi beberapa subkelompok etnis Kongo.

Orang Pigmi Binga hidup dalam kelompok kecil, bagian dari masyarakat petani di sekitarnya. Dari orang Eropa yang tetap tinggal di Kongo sebelum perselisihan sipil di akhir 1990-an, banyak di antaranya adalah bangsa Prancis dan tinggal di kota-kota besar, tetapi hanya sebagian kecil yang tersisa.

Kecuali orang Pigmi dan penduduk berbahasa Adamawa-Ubangi di timur laut, semua penduduk asli berbicara bahasa Bantu. Komunikasi dan perdagangan antarkelompok mendorong perkembangan dua bahasa perdagangan, Lingala dan Kituba (Mono kutuba). Lingala diucapkan di utara Brazzaville, dan Kituba umum di daerah antara ibu kota dan pantai. Namun dari semua itu, Bahasa Prancis adalah bahasa resmi Kongo untuk pendidikan, serta bahasa kelas atas.

3. Sungai Kongo Sebagai Jalur Perdagangan

Pada awal abad ke-19, Sungai Kongo telah menjadi jalur perdagangan utama antara pesisir dan pedalaman. Henry Morton Stanley, seorang jurnalis Inggris, menjelajahi sungai pada 1877, tetapi Prancis memperoleh yurisdiksi pada 1880 saat Pierre de Brazza menandatangani perjanjian dengan penguasa Tio.

Proklamasi resmi koloni Kongo Prancis muncul pada 1891. Upaya awal Prancis untuk mengeksploitasi kepemilikan mereka menyebabkan perlakuan kejam terhadap penduduk setempat dan penaklukan wilayah tersebut untuk eksploitasi ekstrem oleh perusahaan konsesi. Pada tahun 1910 Prancis bergabung dengan Kongo dengan koloni-koloni tetangga, menciptakan federasi Afrika Khatulistiwa Prancis, dengan ibukotanya di Brazzaville.

4. Kaya Satwa Liar

Sekitar seperenam wilayah Kongo dilindungi; taman nasional termasuk Nouabalé-Ndoki, tempat tinggal lebih dari 300 spesies burung dan lebih dari 1.000 spesies tumbuhan dan pohon, dan Odzala-Kokoua, yang merupakan suaka gajah dan gorila yang penting. Sebagian besar negara ditutupi dengan hutan hujan tropis, meskipun penebangan telah membuka area di selatan.

Beberapa jenis monyet, simpanse, gorila, gajah, okapi, babi hutan, dan kerbau hidup di hutan terdapat di Kongo. Satwa liar di daerah sabana termasuk antelop, serigala, anjing liar, hyena, dan cheetah. Di dataran tinggi, bisa ditemukan badak dan jerapah banyak, termasuk singa langka.

3 dari 4 halaman

4. Punya Danau Lava Terbesar di Dunia

Mengutip dari visit.virunga, Sabtu, 14 Januari 2023, Nyiragongo adalah stratovolcano indah yang berisi danau lava terbesar di dunia. Lereng hutan gunung berapi yang lebih rendah merupakan rumah bagi berbagai hewan, termasuk simpanse, beberapa spesies monyet, bunglon bertanduk tiga, semak belukar, dan segudang spesies burung, membuat perjalanan ke puncak gunung yang perkasa ini semakin memuaskan.

Trek gunung berapi Nyiragongo dibagi menjadi lima bagian, dengan istirahat 15 menit di setiap perhentian. Pendaki memulai pendakian di Kibati Ranger Post di ketinggian 1870m dan mencapai puncak di ketinggian 3.470m, dengan pendakian sejauh 6,5 km sekali jalan.

Waktu pendakian rata-rata adalah 4 hingga 6 jam, dengan turun ke bagian gunung berapi memakan waktu sekitar 4 jam. Waktu bergantung pada kecepatan dan kelincahan kelompok karena orang yang paling lambat dalam perjalanan menentukan kecepatannya.

Bagian pertama perjalanan akan membawa pelancong melewati hutan lebat di dasar Nyiragongo. Di area inilah para pendaki untuk terus mengamati satwa liar, termasuk monyet dan semak belukar. Hutan naik ke bagian kedua jalur terbukanya menawarkan pemandangan lembah yang indah di bawahnya.

Sementara di bagian ketiga membawa wisatawan melintasi aliran lahar tua dan melewati celah vulkanik yang mengepul. Setelah memasuki hutan pegunungan tinggi untuk melintasi bagian keempat, pendakian kelima dan terakhir adalah sejauh 300m yang terjal menuju puncak.

Begitu berada di puncak, kelelahan mencair saat Nyiragongo menawarkan hadiah yang menggembirakan bagi mereka yang telah menaklukkan lerengnya. Pemandangan danau lava terbesar di dunia yang bergolak dalam mozaik api merah cair. Pemandangan yang paling menakjubkan disimpan untuk yang terakhir, namun, saat matahari terbenam dan Nyiragongo mulai bersinar di malam hari dengan latar belakang bintang.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Muamba Nsusu

Mengutip dari Taste Atlas, Sabtu, 14 Januari 2023, ada berbagai kuliner khas Kongo. Salah satunya muamba nsusu yang adalah hidangan tradisional Afrika asal Kongo. Rebusan ini biasanya diolah dengan kombinasi selai kacang, ayam, tomat, bayam, perasan jeruk lemon, kunyit, paprika, cabai, minyak sawit, bawang bombay, dan jinten.

Potongan ayam direndam dalam jus lemon, kunyit, paprika, dan cabai, lalu direbus dalam kaldu sayuran dengan bahan lainnya hingga semuanya empuk. Setelah selesai, hidangan ini biasanya dihias dengan daun bawang cincang dan kacang tumbuk. Muamba nsusu biasa dimakan bersama pisang raja, ubi, nasi, atau fufu di sampingnya.

Selanjutnya, ada hidangan liboké de poisson yaitu menu ikan sederhana yang dimasak dengan daun pisang ini umumnya diasosiasikan dengan Republik Kongo. Makanan ini bisa disiapkan dengan ikan utuh atau fillet ikan yang diasinkan atau dibumbui dan kadang-kadang diperkaya dengan bawang dan sayuran.

Semua bahan dibungkus rapi dengan daun pisang, dan kemasannya dipanggang atau dipanggang dalam oven. Hidangan ini disajikan secara tradisional disertai dengan chikwanga, yaitu kue tepung singkong atau fufu sebagai lauk Afrika yang ada di mana-mana yang terdiri dari sayuran bertepung yang ditumbuk.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.