Sukses

3 Resep Berbahan Kacang Merah, Salah Satunya Kue Khas Korea

Selain serbaguna, kacang merah merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, protein nabati, serta banyak vitamin dan mineral penting.

Liputan6.com, Jakarta - Serba cocok, kacang merah telah jadi bahan andalan sederet sajian menggugah selera. Mulai dari camilan bercita rasa manis, sampai sayur, semua bisa diolah menggunakan bahan satu ini.

Selain serbaguna, melansir Medical News Today, Senin, 1 November 2021, kacang merah merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, protein nabati, serta banyak vitamin dan mineral penting. Bahan ini dapat dapat meningkatkan kualitas diet Anda dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain membantu menurunan berat badan, kacang merah juga dipercaya sanggup menjaga gula darah tetap stabil dan menurunkan risiko kanker tertentu. Dengan sebegitu banyak manfaat, bahan ini bisa diolah ke berbagai macam resep. Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum dari Cookpad Indonesia.

Pat Sirutteok

Kue beras kacang merah khas Korea kreasi pengguna @avitaunaiya ini membutuhkan bahan-bahan:

200 gram kacang merah

250 gram tepung beras ketan

150 ml air dingin

1/4 sdt garam

Secukupnya gula pasir

 

Langkah Pembuatan:

1. Didihkan air. Masukkan kacang merah, tutup panci, rebus selama lima menit. Matikan api, biarkan kacang di dalam panci dalam keadaan tertutup selama 30 menit. Rebus lagi selama tujuh menit, masih dalam keadaan panci tertutup. Setelah tujuh menit, matikan api. Tiriskan.

2. Tuang tepung ke wadah yang cukup besar. Campur air dingin dan garam di wadah lain. Tuang campuran air dan garam ke tepung, aduk sampai teksturnya seperti pasir kinetik. Jika banyak gumpalan, hancurkan gumpalannya supaya tidak bergerindil. Bungkus plastik, simpan di kulkas minimal dua jam.

3. Siapkan loyang dan kain keju atau saringan tahu. Taruh loyang di atas kain keju.

4. Cincang kasar kacang merah, beri sedikit garam. Tuang kacang merah ke dalam loyang untuk layer pertama, lalu taburi gula pasir.

5. Tuang tepung yang sudah didinginkan untuk layer selanjutnya. Ulangi sampai adonan penuh. Layer paling atas adalah kacang merah ditambah gula pasir. Setelah sampai di layer paling atas, ikat kain keju.

6. Kukus dengan api sedang selama 40 menit. Lanjut kukus 20 menit dengan api kecil. Jangan lupa membungkus tutup panci dengan kain supaya airnya tidak menetes ke kue.

7. Setelah matang, angkat. keluarkan dari cetakan, tunggu dingin. Setelah dingin, buka kain keju, pindahkan kue ke piring saji, potong-potong. Pat sirutteok siap disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kacang Merah Ayam Bumbu Asam

Resep kreasi pengguna Chiensyn Kuliner ini membutuhkan bahan-bahan:

250 gram kacang merah

250 gram daging ayam

250 gram labu siam

150 gram kacang panjang

150 gram terung ungu

4 buah cabai merah

5 siung bawang putih

6 siung bawang merah

10 gram terasi

1 buah tomat

2 batang daun bawang

6 buah asam jawa

2 lembar daun salam

3 ruas lengkuas

30 gram gula merah

1,5 liter air

Secukupnya garam dan kaldu

 

Langkah Pembuatan:

1. Rendam kacang merah beberapa saat. Cuci bersih daging ayam. Potong-potong labu siam, kacang panjang, dan terung.

2. Rebus daging ayam dengan geprekan lengkuas dan daun salam.

3. Menunggu daging ayam mendidih, siapkan terasi dan asam jawa, lalu ulek kasar bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Iris tomat dan daun bawang.

4. Setelah mendidih, masukkan kacang merah. Biarkan empuk, kemudian masukkan labu siam, biarkan empuk. Lalu, masukkan kacang panjang. Masukkan terong, lalu terasi dan asam. Tambahkan bumbu yang sudah diulek.

5. Tambahkan kaldu, garam, dan gula merah. Koreksi rasa.

6. Masukkan irisan tomat dan daun bawang. Matikan kompor dan sajikan.

3 dari 4 halaman

Nasi Kelapa Kacang Merah

Resep kreasi pengguna Mamake Wawa ini membutuhkan bahan-bahan:

300 gram beras

200 gram kelapa parut setengah tua

100 gram kacang merah

400 ml air

1 batang serai, geprek

2 ruas lengkuas, geprek

1 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 ruas jahe, geprek

3 biji cengkih

2 cm kayu manis

1/4 buah pala

1 lembar daun pandan, ikat simpul

1/2 sdt garam

500 ml air kelapa (bisa diganti air biasa)

 

Langkah Pembuatan:

1. Cuci bersih kacang merah. Rendam dengan air panas. Biarkan semalaman, kurang lebih 8 sampai 12 jam.

2. Cuci lagi kacang merah yang telah direndam semalaman. Rebus kacang merah dengan 400 ml air. Tutup panci selama merebus.

3. Rebus dengan teknik 5.30.7, yaitu rebus selama lima menit. Setelah air mendidih, matikan api dan panci tetap ditutup. Diamkan 30 menit, lalu lanjut rebus selama tujuh menit setelah air mendidih. Agar lebih lembut, diamkan 30 menit dengan panci tetap tertutup. Lalu, rebus lagi selama 30 menit. Matikan api. Biarkan dingin dengan panci tetap ditutup.

4. Campur air kelapa atau air biasa dengan garam, daun pandan, daun jeruk, daun salam, cengkih, pala, kayu manis, serai, dan lengkuas dalam panci. Masak hingga mendidih.

5. Masukkan beras dan kacang merah. Masak hingga air menyusut. Masukkan kelapa setengah tua. Aduk rata.

6. Masukkan nasi ke dalam kukusan yang telah dialas daun pisang. Kukus selama 20 menit atau sampai nasi matang. Nasi kelapa kacang merah siap disajikan.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.