Sukses

Chef Profesional Berbagi Tips Tingkatkan Rasa Masakan Rumah Secara Instan

Tips meningkatkan rasa masakan rumah ini termasuk memahami resep, memasak bahan berlemak, sampai menyimpan rempah sebagai bumbu.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangan-ruangan di dalam hunian, tidak terkecuali dapur, jadi terasa semakin familiar selama pandemi. Dengan banyaknya waktu dihabiskan di dalam ruang, Anda boleh jadi salah satu yang bereksplorasi dengan memasak berbagai sajian di rumah.

Sebagai amatir, meningkatkan cita rasa masakan rumah nyatanya bukan satu yang mustahil. Dirangkum Buzzfeed, Rabu, 8 September 2021, para chef profesional di Reddit berbagi saran untuk mewujudkan hal itu.

Pertama, jangan mengandalkan satu resep saja. Baca beberapa versi resep dan pilih salah satu yang tampak seperti rata-rata makanan tersebut dibuat. Kemudian, jadikan pengaturan suhu seolah-olah jadi bagian dari bahan makanan.

Ikuti petunjuk resep, mengingat panci yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menghasilkan makanan yang buruk atau hidangan yang tidak dimasak dengan benar. Alhasil, Anda tidak bisa mencicip sajian tersebut dalam cita rasa seharusnya.

Ketiga, ketika mengeluarkan sesuatu dari oven, entah itu panci, wajan, nampan, apa pun, gantungkan handuk atau sarung tangan oven di atas pegangan atau tepinya. Dengan begitu, Anda atau siapa pun di dapur tahu itu panas dan tidak boleh dipegang dengan tangan kosong.

Lalu, bumbu seperti garam, merica, dan apa pun yang menambah rasa asam merupakan "sentuhan ajaib" bagi hampir semua hidangan. Jika makanan Anda terasa seperti ada yang kurang, tambahkan garam, merica, dan jus lemon. Kemudian, tes rasa lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memasak Bahan Mengandung Lemak

Seorang chef lain menyarankan untuk membuat sendiri saus salad. Selain tidak menghabiskan banyak waktu, kemungkinan besar bahan-bahannya sudah ada di dapur. "Saus buatan sendiri rasanya jauh lebih enak daripada yang kemasaan," katanya.

Tips selanjutnya, saat memasak bahan yang mengandung banyak lemak dan minyak, seperti mentega atau minyak sayur, Anda perlu menambahkan jumlah keasaman yang pas. Bahan-bahan seperti jus lemon atau cuka benar-benar membantu dalam kasus ini.

Koki lain meminta Anda mencicipi semuanya saat memasak, bukan hanya sajian yang sudah jadi. Cobalah semua bumbu, garam, dan merica secara terpisah sebelum menambahkannya ke hidangan Anda. "Jangan biarkan satu bahan buruk merusak makanan Anda," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Rempah yang Anda Simpan

Tips lain yang dibagikan adalah menggunakan beberapa bahan berkualitas tinggi. Resep terbaik mengandalkan beberapa bahan segar yang benar-benar berkualitas daripada banyak bahan biasa-biasa saja.

"Jika membuat hidangan seperti sup, saus, daging cincang, atau bakso, dan kuahnya jadi terlalu cair, masukkan kentang tumbuk. Ini membantu kuah mengental dan bisa jadi penyelamat hidangan," sambung chef lain.

Rempah-rempah dijelaskan tidak selamanya tersimpan dalam kualitas terbaik. Rempah lama kemungkinan besar tidak akan membuat Anda mual, tapi rasanya akan hilang.

Terakhir, diamkan dulu daging yang baru diangkat sebelum dipotong. Waktu ini membuat potongan daging lebih juicy dan matang secara merata. "Hanya butuh beberapa menit dan itu meningkatkan masakan Anda," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.