Sukses

Ini Tips Mengembangkan Diri Menjadi Seorang Produktif

Jika dipikir, kamu bisa menggali potensi diri selama di rumah saja dengan melakukan empat hal ini!

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat sebagian orang harus rela kehilangan pekerjaannya. Alhasil, banyak dari mereka menganggur dan susah mencari pekerjaan lagi. Padahal, jika dipikir, kamu bisa menggali potensi diri selama di rumah saja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah melakukannya.

Jangan malas

Mungkin kamu terpukul akibat pekerjaan hilang selama pandemi. Jika terlalu larut dalam perasaan itu, akan menimbulkan rasa malas untuk berkembang.

Hindari kebiasaan buruk tersebut. Cobalah ingat, bahwa kita semua memiliki waktu yang terbatas, sehingga marilah untuk menghabiskan waktu untuk hal terbaik yang dapat dilakukan.

Mulailah dengan beraktivitas seperti biasanya. Bangun pagi dan berolahraga. Tak lupa, makanlah makanan yang bergizi agar tubuh dan pikiran mendapatkan energi yang positif.

Mencari tantangan

Jang berdiam diri ketika kamu harus berhenti bekerja. Cobalah untuk mencari tantangan untuk diri sendiri agar lebih jauh melangkah.

Hidup dengan target adalah cara yang efektif untuk menempa diri. Target membuat diri lebih tertantang dalam melakukan segala sesuatu.

Meskipun demikian, tetaplah untuk menentukan target sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai memasang target di luar kemampuan karena hanya akan menyiksa diri.

Apabila ingin meningkatkan target, lakukanlah secara bertahap seiring dengan meningkatkan kemampuan diri. Jangan mengeluh apalagi menyerah. Pelajari tanggung jawab baru Kamu secara optimal dan yakinlah kalau Kamu bisa. Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati usaha dan proses yang Kamu lakukan.

Cari relasi

Saat kamu jatuh karena tidak bekerja, cobalah untuk mencari banyak relasi. Hal itu bisa kamu dapatkan dengan bergabung ke komunitas atau dari teman. Kamu dapat belajar beragam hal dari orang-orang yang ada di jalur relasi.

Tidak hanya peluang yang didapat, tetapi relasi juga dapat menjadi guru yang baik untuk hal baru. Setelah mendapatkan relasi yang sesuai untuk menunjang karier, pertahankanlah.

Saling bertukar informasi, pengalaman, dan pendapat, merupakan cara untuk menjaga relasi yang sudah terjalin. Hal ini adalah poin pentingnya agar relasi yang sudah terjalin tetap berjalan baik, sembari Kamu memperluas relasi lain lagi.

Ikut Pelatihan

Ada banyak cara untuk meningkatkan potensi diri, seperti melalui berbagai kursus serta pelatihan. Semakin berkembang potensi diri, makin banyak pula peluang yang datang menghampiri untuk meningkatkan karier.

Tak perlu bingung bagaimana cara meningkatkan kemampuan (skill) diri, karena sekarang ini sudah banyak lembaga kursus berbagai bidang yang bisa diikuti secara online maupun offline. Bicara kursus online, sekarang ini juga sudah banyak yang gratis, lho!

Dengan skill yang mumpuni, maka akan ada banyak peluang karier lebih bagus yang bisa diambil. Dan Kamu pun bisa bersaing dengan mereka-mereka yang katakanlah fresh graduate namun punya keterampilan yang kekinian dan banyak dibutuhkan perusahaan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan Kartu Prakerja untuk mengembangkan diri. Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja.

Nah, kamu bisa daftar prakerja melalui Tokopedia. Di sana banyak kelas populer yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu. Mulai dari menanam hidroponik, programming, bisnis, keterampilan penjualan, tata boga, kecantikan masih banyak lagi.

Cara mendaftar Kartu Prakerja, kamu cukup buka aplikasi Tokopedia, dan pastikan nomor handphone sudah terverifikasi. Setelah itu, ketik Kartu Prakerja di kolom pencarian.

Pilih kategori pelatihan atau lembaga yang diinginkan. Setelah itu, klik lihat detail pada kelas yang diminati untuk mengetahui cara menukarkan kode voucher.

Klik beli dan masukan kode promo bila tersedia. Selanjutnya, pilih lihat semua pada metode pembayaran. Pilih Kartu Prakerja pada bagian program pemerintah.

Selanjutnya, kamu masukan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS. Setelah berhasil, cek kode voucher pada history transaksi top up & tagihan atau pada email yang terdaftar.

Selanjutnya, lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas yang sudah dibeli. Setelah itu, kode voucher berhasil ditukar, selamat kamu bisa ikut pelatihan.

Selamat mencoba!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini