Sukses

Resep Sempol Tempe, Praktis Tidak Pakai Ribet

Liputan6.com, Jakarta - Sudah mulai beraktivitas setelah menikmat waktu santai di libur Natal dan Tahun Baru 2021? Walau periode ini mungkin Anda habiskan di rumah, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, kembali ke pekerjaan tetap saja bukan perkara mudah.

Menambah mood untuk lebih fokus, tentu ada beberapa opsi yang bisa jadi pertimbangan. Salah satunya adalah menyiapkan camilan yang tak hanya enak, tapi juga praktis dibuat di rumah. Sempol tempe, misalnya.

Paduan cita rasa yang sudah familiar membuat makanan ringan satu ini kian nyaman dikonsumsi. Berikut resep kreasi Felitara seperti dilansir dari Cookpad Indonesia, Minggu, 3 Januari 2021.

Bahan-bahan untuk membuat sempol tempe:

1 papan tempe

3 sdm tepung tapioka

1 sdm tepung terigu

1 butir telur

3 tangkai daun bawang, potong sesuai selera

Bumbu:

1 sdt ketumbar

1 siung bawang putih

1 sdt kaldu jamur

1/2 sdt garam

2 dari 4 halaman

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Kukus tempe kurang lebih 15 menit. Angkat dan hancurkan tempe.

Langkah 2

Tumbuk bumbu-bumbu: bawang putih, tumbar, kaldu jamur, dan garam. Kemudian campurkan tempe yang sudah dihaluskan. Lalu, masukkan daun bawang. Aduk hingga rata.

Langkah 3

Jika sudah tercampur rata, masukkan tepung dan aduk. Lalu, tambahkan telur dan diaduk kembali hingga tercampur rata.

Langkah 4

Didihkan air sembari mengepal adonan yang sudah jadi ke tusuk satai seperti sempol pada umumnya. Masukkan sempol ke air mendidih hingga mengambang.

Langkah 5

Tiriskan sempol. Baru kemudian digoreng dengan minyak hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan selagi hangat dengan saus pilihan Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Cuci Tangan yang Benar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: