Sukses

Alasan Rumah dengan Pemandangan Indah Baik Buat Kesehatan Mental

Tak selalu di pedesaan atau pinggir kota, kita juga dapat menikmati pemandangan kota yang indah di rumah kita.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi corona Covid-19 melanda Indonesia, sudah sekitar sembilan bulan kita lebih banyak berada di rumah. Situasi seperti ini membuat kita sadar, kalau kondisi hunian sangat mempengaruhi mood dan psikologis kita.

Banyak orang mungkin memimpikan rumah dengan pemandangan laut, gunung, atau perkotaan yang romantis. Hal yang wajar kalau semua orang ingin melihat keluar jendela lalu memandang sesuatu yang indah.

Dan ternyata, memang penting untuk menghargai gagasan menemukan rumah dengan pemandangan yang bagus. Ketenangan pribadi bisa dicapai dengan berbagai cara. Bisa dengan dekorasi, warna, kenyamanan, atau pengaturan rumah yang ternyata berperan sangat penting.

Dikutip dari laman Decortips, 19 Desember 2020, kita juga harus mempertimbangkan bahwa rumah dengan pemandangan yang indah dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Saat bangun setiap pagi, melihat keluar jendela dan menikmati pemandangan yang menyenangkan adalah hal yang sangat berharga.

Hal ini biasanya dikaitkan dengan rumah yang terletak di pedesaan atau pinggir kota. Namun, kita juga dapat menikmati pemandangan kota yang indah.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah adalah lokasinya. Orientasi dan tata letaknya akan memengaruhi jam cahaya, udara yang dihirup, dan, tentu saja, pemandangan melalui jendela.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencari area yang lebih luas yang udaranya bersirkulasi dan jarak antar bangunan tidak terlalu dekat. Di pedesaan, kita bisa mendapatkan hal ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengaruh Rumah Sering Diabaikan

"Rumah dan lingkungan kerja sangat berpengaruh pada perasaan kita, namun hal itu sering diabaikan. Di sinilahh lingkungan yang paling sering kita habiskan, jadi wajar saja jika lingkungan itu berdampak bagi kita," jelas psikolog UW Health, Shilagh Mirgain.

Pemandangan dari rumah dapat memengaruhi seseorang secara emosional. Tidak diragukan lagi kalau pemandangan pegunungan, pedesaan, laut, atau cakrawala kota setiap hari memberi dampak pada psikologis yang positif bagi kita.

Rumah harus menjadi tempat peristirahatan, di mana kita merasa jauh dari stres dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, tak masalah kalau Anda masih terus mencari rumah yang paling pas dengan pemandangan yang sedap di mata.

Shilagh Mirgain mengakui tidak mudah mendapatkan hal semacam itu kalau tinggal di perkotaan yang padat. Tapi setidaknya, Anda bisa mencari lingkungan rumah yang bersih sehingga lebih enak dipandang dan tentunya lebih menyehatkan bagi kita.

3 dari 3 halaman

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.