Sukses

Pandemi Covid-19 Bikin Konsumen Properti Pilih Hunian Berkonsep Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 mengubah tatanan gaya hidup masyarakat ke arah yang lebih sehat. Pemilihan tempat tinggal seperti apartemen yang langsung dikelilingi oleh suasana pemukiman yang asri, pepohonan hijau, dan banyak taman ternyata masih menjadi salah satu pilihan.

Bagi kebanyakan kaum milenial dan para pekerja yang berdomisili di Selatan Jakarta, setelah seharian beraktivitas, maka tinggal di apartemen dengan pemandangan pepohonan hijau yang hadir sebagai hutan kota dengan kicau burung, taman yang tertata asri, serta pemandangan sunset terbaik di selatan Jakarta, menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup.

Apalagi saat ini sebagian besar orang bekerja dari rumah (work from home), lokasi dan areal hijaunya pepohonan dan taman kota tersebut, dapat dipergunakan sebagai sarana berolahraga, terutama bagi mereka yang ingin melepas kepenatan akibat stress selama masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 9 bulan terakhir ini, sebagai salah satu pilihan.

Seperti dikemukakan oleh pengamat tata kota dan arsitek lanskap dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, wilayah Jakarta Selatan termasuk lokasi yang dipertimbangkan masih memiliki wilayah yang relatif lebih rindang dibanding wilayah Jakarta lainnya.

Khusus di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menurut Nirwono, suasana banyak pohon rindang dan suasana asri masih bisa dijumpai. “Daerah Lebak Bulus masih menjadi bagian dari wilayah Jakarta Selatan, yang secara keseluruhan menjadi wilayah paling hijau dibandingkan wilayah lain di Jakarta," jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (20/12/2020).

Dengan demikian pengembangan pemukiman baru di Jakarta justru semakin banyak, yang memilih ke arah Selatan sebagai tempat tinggal yang lebih nyaman, dengan bayangan atau latar belakang banyak pepohonan rindang nan hijau dengan sunset terindah Selatan Jakarta.

Sebab menurut Nirwono, kondisi suasana segar dari alam yang asri nan hijau, dengan pepohonan yang rindang tersebut, termasuk dipersyaratkan, dan sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan PBB (UN Habitat) kepada pemerintah di berbagai negara, dalam menghadapi bencana alam dan non-alam (pandemi) ke depan, Jadi menurut Nirwono, salah satu antisipasi agar bebas dari terpaan virus Covid-19, adalah dengan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota-kota besar.

Biasanya masyarakat mengukur konsentrasi kesejukan udara melalui terlihatnya kerindangan pepohonan hijau yang menghadirkan udara segar di Jakarta Selatan. Itu sebabnya mereka mencari lokasi hang out yang mampu memenuhi harapan mereka.

Salah satu lokasi yang menjadi favorit adalah Lebak Bulus yang lingkungannya asri, dikelilingi danau, taman dengan spot air terjun serta kolam yang menyejukkan mata. Sebagai salah satu pilihan daerah tempat tinggal di selatan Jakarta, wilayah Lebak Bulus dapat dikatakan sebagai surga yang tersembunyi.

 

2 dari 2 halaman

Akses

Maraknya pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan kebanyakan orang khawatir bepergian ke tempat yang tertutup. Sehingga kebanyakan orang lebih memilih tempat terbuka untuk melakukan berbagai aktivitas, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku. Untuk itu mereka mencari lokasi hang out yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Hadirnya The Forest by Wyl’s sebuah tempat bersantap yang berkonsep terbuka ala hutan kota dengan kualitas udara yang terjaga, juga merupakan tempat bersantai sambil menikmati secangkir kopi, dengan ditemani sunset terbaik di selatan Jakarta.

Fasilitas umum lainnya yang tak kalah penting, bagi mereka yang berada di daerah Lebak Bulus, yaitu dengan dikelilingi oleh sejumlah pusat perbelanjaan, lembaga pendidikan berkelas dari tingkat taman bermain sampai universitas, dan berkualifikasi internasional, sejumlah rumah sakit ternama, termasuk juga pusat kebugaran, kolam renang, dan museum.

Selain terletak tidak jauh dari sejumlah pintu keluar dan masuk jalan tol, para konsumen juga akan mudah mengakses transportasi massal, mengingat saat ini Lebak Bulus menjadi hub dari dua stasiun MRT (Moda Raya Transportasi) yakni stasiun Lebak Bulus, dan Fatmawati.