Sukses

Meghan Markle-Pangeran Harry Terima Hadiah Senilai Rp68 Miliar, Termasuk Jet Pribadi

Buku biografi menyebut bahwa selama ini Meghan Markle dan Pangeran Harry telah mendapatkan beragam hadiah mewah. Jika ditotal senilai sekitar 3,5 juta Pound sterling.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan Meghan Markle dan Pangeran Harry kembali menjadi sorotan. Kali ini, biografi bertajuk Finding Freedom mengungkapkan pasangan ini telah menikmati hadiah senilai jutaan Pound sterling berkat status mereka.

Dilansir dari lama Mirror, Minggu, 23 Agustus 2020, penulis buku Omid Scobie dan Carolyn Durand berbicara kepada lebih dari 100 sumber. Mereka termasuk teman, staf, dan pembantu kerajaan, untuk mempelajari informasi penting soal waktu singkat mereka di keluarga kerajaan.

Finding Freedom membuat katalog menarik soal kehidupan Meghan Markle dan Pangeran Harry sebelum mereka mundur dari anggota keluarga kerajaan Inggris. Salah satunya mengenai hadiah yang diberikan oleh pendukung mereka.

Mereka mengklaim bahwa dermawan meminjamkan beberapa jet pribadi dan mereka juga dipinjamkan rumah atau ditawari akomodasi mewah dengan harga miring. Bahkan kamar hotel pun memiliki tarif yang sangat dipangkas.

Berbagai barang gratis yang diberikan kepada pasangan kerajaan oleh teman-teman dermawan berjumlah jutaan, seperti dilaporkan Daily Mail. Menurut buku itu, Meghan Markle mungkin telah ditawari kamar hotel dengan diskon besar-besaran untuk kencan pertamanya dengan Harry pada Juli 2016 di Soho House di pusat kota London.

"Dia memilih pakaian dan kemudian mulai merias wajahnya di suite miliknya di properti Dean Street Townhouse di Soho House. Meghan telah ditawari menginap dengan diskon besar di Dorchester Hotel bintang lima tetapi memilih kamar mewah yang diamankan oleh Markus (Anderson, direktur Soho House dan teman Meghan) sebagai gantinya," begitu yang ditulis penulis buku.

Harga suite di Soho House di Dean Street mulai dari 405 Pound sterling, tidak diketahui berapa banyak Meghan membayarnya. Setelah kencan pertama mereka, pasangan itu menikmati masa pacaran singkat sebelum mereka menikah pada Mei 2018.

Selama waktu itu Meghan Markle dan Pangeran Harry 'ditempatkan' di sebuah cottage pribadi dengan empat kamar tidur di Rumah Pertanian Cotswolds Soho dan di properti Soho House di Babington di Somerset, berkat kemurahan hati Anderson, direktur pelaksana Soho House Group. Cottage biasanya berharga 1.800 Pound sterling atau sekitar Rp34,8 juta per malam. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Mewah

Saat berita tentang percintaan pasangan itu beredar pada Oktober 2016, sahabat Meghan, sosialita dan stylist Kanada, Jessica Mulroney, ditugaskan membantunya pergi ke Inggris untuk kunjungan pribadi. Menurut buku, Meghan terbang dengan jet pribadi yang biayanya sekitar 49 ribu Pound sterling atau setara Rp947 juta untuk perjalanan sekali jalan ke London dari Toronto.

Inge Solheim, seorang pemandu petualangan dari Norwegia, sebelumnya telah membantu Harry dan pacarnya Cressida Bonas dan pada Januari 2017 dia diminta untuk mengatur perjalanan ke Lingkaran Arktik untuk pasangan tersebut. Ini termasuk seminggu di kabin di Tromsö di ujung Norwegia.

Para tamu yang ingin menghabiskan seminggu di tenda mewah dengan atap kaca harus membayar 3.521 Pound sterling atau setara Rp68 juta, sementara penerbangan kelas bisnis ke Tromsö berharga sekitar 1.500 Pound sterling. Buku itu tidak mengklaim liburan itu gratis.

Saat Meghan dan Harry menikah di St George's Chapel, diffuser oleh brand wewangian mewah, Diptyque, menghiasi gedung tersebut. Harganya masing-masing 130 Pound sterling. Tidak jelas apakah itu diberikan kepada pasangan itu secara gratis.

Harry dan Meghan menikmati bulan madu rahasia yang, menurut catatan penulis, "Mereka terbang dengan jet pribadi yang dipinjamkan oleh seorang teman. Mereka menghabiskan sebagian besar perjalanan selama seminggu di bawah sinar matahari di lokasi yang sangat pribadi, sebagian besar teman mereka masih belum tahu di mana itu,"

Dua bulan usai pernikahan, Meghan dan Harry menikmati istirahat dengan aktor George Clooney dan istrinya, Amal, di rumah mereka di Danau Como. George mengatur penerbangan pribadi untuk pasangan yang biayanya mulai dari 13.260 Pound sterling.

Selama tur sukses pasangan itu di Australia pada Oktober 2018, mereka didukung oleh sahabat Meghan, Jessica. Jessica membantu mendandani Meghan dan bepergian secara pribadi untuk menemaninya.

"Seorang miliarder real estate meminjamkan rumahnya untuk malam yang intim dan rahasia dengan lima hidangan yang disiapkan oleh koki pribadi," kata buku itu. Hadiah dermawan miliarder itu bernilai sekitar 5.000 Pound sterling.

3 dari 3 halaman

Serba Privat

Meghan yang hamil terbang kembali ke London bersama Amal Clooney dan saudara kembarnya setelah baby shower mewahnya di New York pada Februari 2019, seperti yang dikonfirmasi buku itu. Penerbangan pulang akan menelan biaya setidaknya 50 ribu Pound sterling.

Teman-teman Meghan, termasuk juara tenis Serena Williams, membayarkan untuk menginap di Mark Hotel. Total perkiraan tagihan adalah sekitar 328 ribu Pound sterling yang termasuk suite penthouse yang harganya 57 ribu Pound sterling per malam.

Finding Freedom juga mengklaim pasangan dan bayi Archie menikmati perjalanan di kediaman Elton John membawa pesawat pribadi Elton dari Ibiza ke rumah penyanyi di Nice, Prancis, pada musim panas 2019 yang akan menelan biaya 6.000 Pound sterling jika mereka memesannya secara pribadi.

Perjalanan Harry ke KTT lingkungan pada Agustus 2019 menarik kontroversi lebih lanjut setelah dia berbicara tentang melindungi lingkungan. Ia terbang ke acara tersebut di sebuah hotel di Sisilia dengan jet sewaan pribadi dan menggunakan helikopter untuk sampai ke resor di Verdura.

Biaya satu malam di resor mulai dari 466 Pound sterling, penerbangan sekali jalan ke Palermo, kelas bisnis sekitar 456 Pound sterling dan sebuah jet pribadi dari Palermo ke London akan berjumlah 10 ribu Pound sterling.

Meghan dan Harry tinggal di sebuah rumah besar dengan delapan kamar tidur yang dimiliki oleh Tyler Perry, teman dari sahabat bersama Oprah Winfrey, di Beverley Ridge di AS tepat sebelum negara itu lockdown. Mereka tinggal di sana secara gratis selama empat bulan sementara mereka memutuskan apakah mereka akan tinggal secara permanen.

Rumah serupa di Beverley Ridge diiklankan untuk disewa dengan harga 11.250 Pound sterling sebulan. Menurut Finding Freedom, pasangan itu mungkin telah menikmati barang gratis yang jumlahnya mendekati 3,5 juta Pound sterling selama empat tahun terakhir. Pasangan itu dan putra mereka Archie baru-baru ini pindah ke sebuah kediaman senilai 11,1 juta Pound sterling di Montecito, Santa Barbara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.