Sukses

Melongok Interior Perpustakaan BJ Habibie yang Bikin Betah

Perpustakaan BJ Habibie hingga kini masih tertutup untuk diakses oleh publik.

Liputan6.com, Jakarta - Bila ditanya, bagian mana dari kediaman BJ Habibie yang tak biasa, jawabannya bisa jadi perpustakaan. Nyaris para tamu yang datang tak melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar ruang tersebut.

Ternyata, perpustakaan itu dirancang khusus oleh sang istri, Ainun Hasri Besari. Posisi bangunan yang menghadap langsung ke taman belakang membuat siappaun yang berada di dalamnya makin betah berlama-lama.

Lewat tayangan di channel The Bramantyos, 28 Juni 2019, artis Zaskia Adya Mecca sempat memperlihatkan interior perpustakaan milik Presiden ke-3 RI tersebut secara lebih detail. Pintu berbahan kayu jati lengkap dengan detail ukiran rumit di sekelilingnya begitu mengagumkan.

Sekeliling bangunan berdinding kaca menambah kesan luas, sekaligus tak bersekat dengan bagian luar ruang yang hijau. Di selasar menuju perpustakaan terdapat kolam ikan di kiri- kanan yang membawa kesan menenangkan.

Begitu masuk ke dalam, Anda seolah dibawa berada di perpustakaan bergaya Eropa. Ruangan itu terdiri dua lantai yang dihubungkan dengan tangga berputar di salah satu sudut ruang.

Ruangan didominasi dengan material kayu, terutama untuk rak buku, tangga, pilar, dan parket di lantai dua. Diketahui ada ribuan koleksi buku yang tersimpan di perpustakaan itu dengan ragam bahasan topik, termasuk soal politik.

"Bersih. Mungkin karena ruangan ini dingin juga, jadi debu juga jarang nempel," ujar Zaskia dalam tayangan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patung Harimau dan Miniatur Pesawat

Masih di ruangan tersebut, lantai 1 perpustakaan juga kerap digunakan untuk menerima tamu atau menjamu para jurnalis. Berbeda dengan lantai atas yang menggunakan parket, lantai di sini berupa marmer.

Di lantai ini terdapat satu meja panjang dikeliling 14 kursi. Ada pula satu set sofa berwarna hitam di sampingnya. Sebagai tambahan pencahayaan, dua chandellier bergaya klasik menggantung di langit-langit tinggi. Terdapat pula skylight dengan motif ukiran menghiasi ruang sekaligus sumber pencahayaan alami.

Melengkapi ruangan tersebut, terdapat sejumlah miniatur pesawat terbang, termasuk pesawat CN-250 rancangan BJ Habibie. Ada pula globe alias bola dunia berukuran besar yang ditempatkan di samping pintu.

Tak ketinggalan ada patung harimau putih sedang duduk di ruangan itu. Wajah garang harimau memberi kesan maskulin ke dalam ruang. Tapi, tak ada keterangan apakah patung tersebut hanya imitasi atau bukan.

Dinding perpustakaan tak dibiarkan kosong melompong. Sejumlah foto terpajang di sana, termasuk foto Habibie bersama Soeharto. Terdapat pula pintu kayu di salah satu dinding menuju sebuah ruang. Namun, Zaskia mengaku tak pernah melihat ruangan tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.