Sukses

Cerita Pilot Vlogger Vincent Raditya yang Eksis di Dunia Maya

Tak hanya di balik kemudi pesawat, pilot sekaligus vlogger Vincent Raditya ini juga sangat populer di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Pilot maskapai penerbangan Batik Air Vincent Raditya tidak hanya piawai di balik kemudi pesawat. Ia berhasil jadi sorotan sejak mengabadikan sederet momen dan kegiatan lewat video blog atau vlog.

Lewat YouTube, Vincent Raditya sempat viral dengan video bertajuk "Sebelum Gempa Palu - Kondisi ATC Tower Palu - Berangkat Bawa Jenazah, Pulang Bawa Narapidana, Sore Gempa". Video tersebut telah ditonton lebih dari 5,8 juta kali.

Pria yang menjadi pilot sejak tahun 2010 tersebut mengakui bahwa dirinya suka berbagi. Lantaran dulu, ia merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang dunia penerbangan. 

"Dulu saya seorang yang belum tahu (informasi dunia penerbangan) dan ingin tahu. Makanya saya hobi untuk membagikannya," jelas Vincent Raditya saat diwawancara di kantor KLY, Gondangdia, Selasa, (4/12/18).

Bukan hanya sekedar hiburan, konten vlog Vincent juga bertujuan mengedukasi para penikmat videonya untuk mengenal lebih lanjut seputar dunia aviasi. Mulai dari bagaimana sang pilot membagi waktu sampai membangun kerja tim di atas ketinggian puluhan ribu kaki.

Dalam video, ia kerap terlihat apa adanya, dan tanpa persiapan maupun persiapan sekalipun. "Ada konsep juga, tapi tanpa persiapan juga bisa, dan lebih sering sih spontan, kalau konsep itu biasa untuk edukasi," tambahnya.

Sebagai seorang pilot sekaligus vlogger aviasi, Vincent juga sempat menyebut wisata favorit yang menurutnya sangat bagus dan wajib dikunjungi. "Banyak kota-kota di Papua yang menjadi wisata, seperti Sorong itu juga bagus," kata Vincent.

Vincent juga berencana untuk terjun di dunia tarik suara. Lantaran, hobinya yang banyak, disertai bakat terpendam yang belum semuanya tersalurkan. Tiba-tiba, bertemu dengan produser musik, Jimmy Van Houten di Bandara Changi Singapura, Vincent langsung diajak ke dapur rekaman untuk mengasah bakatnya itu.

Meski begitu, pria berusia 34 tahun ini, tetap menempatkan penerbangan dan vlogger menjadi fokus utamanya. "Tapi nge-vlog sama terbang masih yang utama lah," jelas Vincent Raditya. (Mariany)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.