Sukses

25 Hidangan Khas Ramadhan di Dunia, Ada Kue Lapis Indonesia hingga Samosa India

Berikut adalah 25 hidangan tradisional dari berbagai negara yang banyak dinikmati saat bulan suci Ramadhan. Ada kue lapis dari Indonesia hingga samosa dari India.

Liputan6.com, Jakarta - Islam konon berasal dari Arab Saudi, agama ini menyebar dengan cepat dan sekarang hadir di lima benua yang berpenghuni. Akibatnya, setiap negara memiliki budaya makanan khas terkait Ramadhan yang pada puncaknya dirayakan dengan Idul Fitri.

Di bulan puasa Ramadhan, tak sedikit kuliner khas yang disajikan untuk iftar. Orang-orang pun memanfaatkan momen tersebut untuk menjual takjil berupa makanan khas tersebut jelang waktu berbuka puasa.

Dari sajian umum khas Ramadan seperti kurma, lalu kue lapis dari Indonesia hingga roti Ma'arouk di Suriah, berikut ini 25 hidangan tradisional khas Ramadhan dari berbagai penjuru dunia, dilansir dari Tasting Table, Selasa (28/3/2023).

1. Kurma

Jika Anda tinggal di kota dengan populasi Muslim yang besar, Anda mungkin menyadari bahwa supermarket lokal Anda mulai menjual kurma lebih banyak dari biasanya.

Hal itu terjadi karena memakan kurma adalah cara tradisional untuk mengakhiri puasa Ramadhan, sebuah kebiasaan yang berakar pada sejarah dan diilhami oleh Nabi Muhammad.

Menurut kitab suci Islam, Nabi Muhammad akan berbuka puasa dengan makan tiga kurma dan seteguk air. Banyak pengikut yang taat mengikuti teladannya. Ini cukup masuk akal, karena kurma mengandung gula alami yang tinggi dan ideal untuk mendapatkan kembali energi setelah berpuasa. Meskipun ada lebih dari 200 varietas kurma, rasa kurma medjool yang unik dan manis menjadikannya yang paling populer.

2. Ramazan pidesi, Turki

Tahukah Anda bahwa di era Ottoman, ada toko roti untuk setiap kebutuhan yakni untuk militer, publik, kedutaan, dan amal. Meski toko roti dari masa lalu sudah tidak ada lagi, jalan-jalan kuno Istanbul masih dipenuhi dengan toko roti.

Selama Ramadhan, orang mengantre berjam-jam untuk mendapatkan Ramazan pidesi atau pidesi Ramadhan yang baru dipanggang, roti beragi yang lembut. Lekukan khasnya dan topping biji wijen dan nigella memberikan tampilan yang unik.

Bersamaan dengan kopi Turki, keju, labneh, dan selai di samping pidesi, adalah makanan ciri khas sahur di Turki. Sebagai alternatif, seseorang dapat menikmati çılbır (telur Turki) di samping roti yang empuk untuk hidangan buka puasa yang lebih memberikan tenaga.

3. Chorba frik, Aljazair

Chorba frik, makanan khas Maghreb (Aljazair, Libya, Mauritania, Maroko, dan Tunisia), adalah sup penghangat yang disajikan pada bulan-bulan musim dingin dan merupakan bagian penting dari pesta Ramadhan.

Tomat, buncis, aneka sayuran, dan rempah-rempah seperti kayu manis, paprika, kunyit, dan ketumbar meleleh menjadi saus yang kaya, kental, dan pedas, sementara daging domba yang kecokelatan menambahkan rasa yang menggugah selera.

Namun, bahan utamanya adalah freekeh, biji-bijian kuno yang berasal dari wilayah tersebut ribuan tahun lalu. Sup ini memiliki rasa pedas yang melengkapi daging yang lezat dan buncis yang lembut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Qatayef, Mesir

Begitu qatayef mulai muncul di toko-toko di Mesir, Anda tahu bahwa Ramadhan telah tiba.

Makanan manis ini, yang secara tradisional dimakan hanya pada bulan Ramadhan, identik dengan semangat pesta tidak hanya untuk orang Mesir tetapi juga untuk semua orang Afrika Utara dan Timur Tengah.

Komponen utama qatayef adalah pancake yang terbuat dari tepung, semolina, dan ragi yang dimasak hanya di satu sisi. Ada dua variasi populer, yang pertama berisi isian ashta (krim gumpalan) manis, diberi taburan kacang di atasnya, lalu ditaburi madu. Sementara yang satu lagi digoreng dan direndam dalam sirup gula.

5. Knafeh, Palestina

Knafeh (dieja kunafa, kanafe, atau kunefe) adalah salah satu manisan di Timur Tengah, meskipun asalnya masih diperdebatkan.

Beberapa sejarawan menempatkan makanan penutup ini secara definitif dari Palestina, sedangkan lebih banyak yang mengklaim asalnya dari Mesir atau Suriah. Apa pun itu, knafeh telah menyihir orang selama berabad-abad dengan aroma bunga dan rasanya yang manis.

Bahan dasar makanan penutup ini adalah mozzarella, yang atasnya ditaburi filum parut (disebut kataïfi), lalu dimasukkan ke dalam oven hingga meleleh dan berwarna keemasan. Sirup bunga manis beraroma mawar dan bunga jeruk dituangkan di atasnya, lalu taburan pistachio yang dihancurkan melengkapi knafeh.

6. Haleem, Pakistan

Memasak perlahan adalah rahasia untuk menciptakan haleem yang sukses, hidangan tradisional Pakistan yang kental, harum, dan lezat yang menggoda selera.

Untuk membuat haleem, orang memasak daging, gandum atau jelai, lentil, kacang-kacangan, dan rempah-rempah hingga menjadi lembut dan lembut. Mereka biasanya menghiasinya dengan irisan jahe, bawang bombai renyah karamel, dan daun ketumbar segar untuk menambah rasa.

Meskipun hidangan tersebut berakar di Iran, Nizams of Hyderabad mempopulerkan makanan tersebut di seluruh India. Belakangan, ketika banyak Muslim melarikan diri ke Pakistan yang baru dibentuk setelah Pemisahan India, mereka mengadaptasi haleem menjadi perayaan khusus.

7. Harira, Maroko

Masakan Maroko kaya akan variasi dan rasa, tetapi satu hidangan ini merupakan syarat mutlak pada menu buka puasa yakni harira.

Sup tradisional Maroko ini dikemas dalam rasa dan yang mengejutkan sering kali berbahan dasar tumbuhan, walaupun beberapa ada juga yang mengandung daging.

Nama harira berasal dari kata Arab "harir", yang berarti sutra, mengacu pada tekstur yang halus dan lembut. Hidangan ini juga penuh dengan buncis, tomat, lentil, peterseli, ketumbar, seledri, bihun, jahe, dan rempah-rempah yang menghangatkan.

Banyak masyarakat Maroko menanti-nanti mangkuk panas harira dengan roti kering untuk berbuka puasa.

8. Kue Lapis, Indonesia

Mungkin makanan Ramadhan ini yang paling semarak, kue lapis adalah kue kukus dengan lapisan mencolok yang berasal dari Indonesia. Popularitasnya juga menyebar ke seluruh Malaysia, di mana makanan penutup yang berwarna-warni disebut "kuih".

Koki menggunakan berbagai bahan alami yang berasal dari Asia Tenggara untuk meresapi lapisan yang berbeda dengan warna cerah, termasuk butterfly pea flowers, daun pandan, sirup mawar, dan labu. Teksturnya lembut dan kenyal karena bahan-bahan asli seperti beras ketan dan tapioka, sedangkan santan memberikan rasa krim dan manisnya dari gula tebu.

Menjelang akhir bulan Ramadhan atatu Idul Fitri, pedagang kaki lima biasanya memenuhi jalan-jalan yang menjual tumpukan kue lapis. Lebih banyak keluarga tradisional mengabdikan diri mereka untuk membuat makanan penutup yang lezat ini dengan penuh kasih menggunakan metode yang sudah teruji waktu.

9. Patir, Uzbekistan

Secara historis, Uzbekistan, dan sebagian besar Asia Tengah, pernah menjadi negara Muslim. Pada 1924, semuanya berubah. Uni Soviet menduduki Uzbekistan dan memaksakan agama negara, ateisme, pada rakyatnya. Para pelaku menghancurkan masjid, membakar tulisan Arab, dan melarang umat Islam memegang jabatan.

Baru pada 1991, Muslim Uzbekistan yang merupakan 90% dari populasi negara itu, akhirnya dapat mempraktikkan agama mereka tanpa takut akan penganiayaan. Mungkin karena sejarah kelam, di zaman modern ini, Ramadhan tetap menjadi urusan yang relatif pribadi tanpa banyak kemegahan atau kemegahan.

Namun, biasanya kepala keluarga mengadakan doa bersama, lalu berbuka puasa dengan patir, yakni roti renyah dan bermentega yang dipanggang dalam oven tandoor tradisional.

10. Zoolbia, Iran

Zoolbia menyerupai jalebi India dan bahkan berbagi bahan yang sama. Camilan manis ini terbuat dari adonan kunyit, yogurt, tepung, dan bubuk pengembang yang difermentasi selama satu jam, lalu dimasukkan ke dalam minyak panas, hasilnya seperti berbentuk spiral.

Setelah digoreng, zoolbia dengan cepat dicelupkan ke dalam sirup gula beraroma mawar, memberikan tekstur renyah yang menggoda dan rasa yang lebih manis.

Selama Ramadhan, orang biasanya memasangkan zoolbia dengan bamieh, kue berbentuk donat yang mirip dengan churros, dan teh panas. Menggabungkan suguhan tradisional ini dengan minuman susu menciptakan rasa yang sangat memanjakan tetapi nyaman untuk waktu-waktu perayaan.

3 dari 4 halaman

11. Nasi jollof, Nigeria

Makanan satu panci yang semarak ini adalah makanan pokok di Nigeria, Ghana, dan Senegal, dengan masing-masing negara mengklaim memiliki resep nasi jollof terbaik.

Makanan ini terdiri dari nasi bulir panjang yang dimasak dengan saus tomat yang kental, kemudian dibumbui dengan bubuk kari pedas, timi kering, dan daun salam.

Sering kali, nasi jollof disertai dengan ayam atau ikan goreng renyah dan diberi hiasan pisang goreng atau selada kol. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di Afrika, warga Nigeria merayakan bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat. Banyak warga Nigeria setuju bahwa perayaan Ramadhan tidak akan lengkap tanpa sepiring besar hidangan nasional mereka, nasi jollof.

12. Shorbat adas, Yordania

Karena sebagian besar budaya Muslim terkenal dengan hidangan berbahan dasar daging yang kaya dan sehat, Anda mungkin mendapat kesan bahwa tidak banyak pilihan untuk pola makan nabati. Nyatanya ada shorbat adas, sup miju-miju merah hangat dari Yordania dan Lebanon.

Meskipun sederhana, miju-miju ini dibumbui dengan rempah-rempah yang bersahaja memberikan rasa yang nikmat. Peras beberapa lemon segar di atasnya untuk mengangkat ketajaman rasa. Menyajikan shorbat adas sebagai sumber makanan pertama di pesta buka puasa cukup umum di Yordania karena rasanya yang ringan dan menyegarkan.

13. Doro wat, Etiopia

Doro wat, sup ayam yang menggiurkan ini terkenal pedas dan merupakan permata Ramadhan di Etiopia yang tidak boleh dilewatkan.

Potongan ayam yang empuk, saus mentega kental yang disebut kulet, campuran bumbu berbere yang berapi-api, dan telur rebus menyatu untuk menciptakan hidangan yang tak tertahankan ini. Sausnya memiliki kedalaman rasa yang hanya bisa dicapai dengan mengaramelisasi secara bertahap dan mengeluarkan rasa manis dari bawang bombay, jadi jangan mengurangi waktu memasaknya. Paling baik disajikan dengan injera, roti pipih yang difermentasi.

14. Khaliat al nahl, Yaman

Nama khaliat al nahl ini diterjemahkan menjadi "roti sarang lebah", merujuk pada desainnya yang meniru pola sarang lebah yang indah.

Setiap roti yang mengembang seperti awan diisi dengan keju krim manis dan diberi wijen dan biji nigella di atasnya. Roti ini tidak akan lengkap tanpa sapuan madu bunga yang manis. Roti yang menggoda ini mudah disobek dan dibagikan serta rasanya luar biasa enak saat dicelupkan ke dalam kopi Yaman.

15. Ayam masak merah, Malaysia

Tidak ada keraguan bahwa masakan Malaysia terkenal di dunia karena makanan pedasnya yang menggoda dan rasa yang kompleks, salah satunya ayam masak merah, hidangan ayam harum yang dimasak dengan saus aromatik yang lembut.

Hidangan ini mutlak harus dimiliki oleh keluarga Muslim Melayu pada Idul Fitri, dan banyak warga Malaysia mengumpulkan bahan-bahannya untuk memasak sendiri.

Pada kebanyakan resep ayam masak merah terdapat sambal, bumbu yang terbuat dari cabai merah kering, serai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan bumbu aromatik lainnya. Ini menambah cita rasa panas lembut ke hidangan yang lembut, yang membuat kari ideal untuk dimakan dengan nasi ghee (nasi minyak).

16. Nafaqo, Somalia

Tidak diketahui dari mana salah satu hidangan itu berasal, beberapa sumber menunjuk ke nargis kofta India, sedangkan yang lain menunjukkan kesamaan dengan makanan ringan dari Afrika Utara.

Tidak seperti kebanyakan iterasi hidangan serupa lainnya, nafaqo dari Somalia ada telur rebus di tengahnya yang dibungkus dengan kentang tumbuk dan dibumbui dengan halus. Kemudian, dilapisi dengan remah roti yang renyah.

Nafaqo juga menu sarapan yang lazim, tetapi memiliki tempat khusus di antara makanan Ramadhan. Di Somalia, nama nafaqo berarti "nutrisi", dan karena alasan inilah nafaqo tetap menjadi makanan puasa yang populer hingga saat ini di sana.

17. Bamia, Lebanon

Bamia adalah hidangan khas Lebanon yang bahan utamanya adalah sayuran bendi. Banyak yang tidak menyukai bendi. Namun, rahasia untuk memasak sayuran bendi yang terbaik adalah sesuai dengan metode masyarakat Lebanon.

Bamia tradisional, sup bendi dan daging yang kuat dan sehat, pasti akan mengubah pikiran bahkan pembenci bendi. Hidangannya lezat, diresapi dengan rasa dari rempah-rempah klasik Lebanon, molase delima yang tajam, dan rasa tomat yang kaya.

4 dari 4 halaman

18. Falooda, Bangladesh

Menjelang Ramadhan, Bangladesh berada dalam cuaca yang agak panas dan cerah. Di situlah falooda datang untuk menyelamatkan, minuman pencuci mulut yang manis dan menyegarkan yang disukai di daerah tersebut.

Campuran susu manis adalah bihun manis, sirup mawar dingin, jeli, biji basil, mutiara tapioka, dan kacang cincang. Secara tradisional, falooda Bengali disajikan dalam gelas tinggi dan di atasnya diberi satu sendok es krim vanila dingin, kacang ekstra, dan untaian saffron.

Makanan penutup yang kompleks ini memadukan rasa dan tekstur yang berbeda dengan efek visual yang memukau dan wajib dikonsumsi setelah hari yang panjang tanpa minum atau makan.

19. M'battan, Libya

Jika ada satu makanan yang tidak bisa kita tolak, itu adalah kentang goreng. Dipuja secara universal, kentang adalah salah satu sayuran yang paling mudah diakses dan serbaguna, dengan hampir setiap negara membanggakan camilan beragam yang terbuat dari kentang yang dimasak dengan renyah.

Di Libya, sajian pilihan adalah m'battan (dieja mubattan atau batata mbatna). Melalui m'battan, warga Libya telah berhasil membuat sesuatu yang bahkan lebih baik daripada kentang goreng, renyah di luar, lembut di dalam, irisan kentang diisi dengan daging cincang berbau bawang putin.

20. Dolma, Irak

Legenda mengatakan bahwa popularitas dolma yang meluas adalah berkat kekaguman Alexander Agung atas praktik orang Yunani yang membungkus sisa makanan dengan daun anggur. Alexander Agung begitu terpesona dengan teknik itu, sehingga ia memperkenalkannya ke dapur militernya dan membawa tradisi itu ke mana pun ia pergi, menyebarkan kecintaan akan hidangan lezat ini ke mana-mana.

Namun, apa sebenarnya dolma itu? Camilannya melibatkan membungkus nasi berbumbu, sayuran, atau daging cincang dengan daun anggur yang tajam. Daunnya dikukus, lalu disajikan dengan molase delima asam manis. Warga Irak dan tetangga mereka menikmati makanan ringan ini sebagai bagian dari pesta Iftar mereka.

21. Pai kacang, Amerika Serikat (AS)

Mungkin bukan insting pertama Anda untuk membayangkan makanan Amerika dinikmati sebagai bagian dari jamuan Iftar. Meskipun demikian, Islam adalah agama terbesar ketiga di AS (setelah Kristen dan Yudaisme), dengan lebih dari 3,5 juta pengikut. Sementara banyak dari penganut ini membawa kelezatan kuliner tradisional mereka ke AS, beberapa merancang makanan baru.

Pai kacang adalah salah satu contohnya, dengan sejarah yang berasal dari komunitas Muslim Kulit Hitam pada 1930-an. Pendiri Nation of Islam, sebuah gerakan populer pada zaman itu, menyarankan para pengikutnya untuk menghindari pati yang tidak sehat bersama dengan makanan haram seperti daging babi, alkohol, dan agar-agar. Sementara banyak makanan pencuci mulut yang keluar dari pertanyaan, pembuat roti yang rajin menjadi imajinatif dan menciptakan pai kacang yang legendaris, makanan penutup yang lembut dan lembut yang terbuat dari kacang navy.

22. Arroz caldo, Filipina

Bagi orang Filipina, arroz caldo, hidangan nasional mereka, adalah makanan berbuka puasa yang sempurna dan sehat. Arroz caldo menyajikan ayam, jahe, dan bawang putih dalam kaldu beraroma yang dicampur dengan nasi krim hangat dan atasnya dengan bawang putih goreng, daun bawang, dan jeruk nipis.

Mereka yang mendambakan sedikit protein tambahan dapat menambahkan telur rebus, kuning telur yang halus memberikan rasa yang lebih dalam saat dicampur ke dalam bubur kental, selain meningkatkan profil nutrisinya.

23. Samosa, India

Sementara India tetap menjadi negara mayoritas Hindu, ada minoritas Muslim yang cukup besar dengan total sekitar 200 juta, menjadikannya negara dengan populasi Muslim tertinggi ketiga.

Mengingat hal ini, tidak mengherankan jika Ramadhan adalah acara yang spektakuler di seluruh India, terutama di kota-kota seperti Hyderabad dan Delhi. Pesta buka puasa terdiri dari banyak hidangan kari, roti, dan nasi, tetapi Anda akan menemukan satu camilan khusus di setiap meja makan.

Samosa adalah kue kering yang digoreng dengan pastri renyah, renyah, keemasan, dan kentang berbumbu dengan kacang polong. Pasangkan dengan chutney, raita, atau kombinasi kari apa pun.

24. Chebab, Uni Emirat Arab (UEA)

Status UEA sebagai salah satu negara terkaya di dunia tercermin dalam kancah restorannya yang semarak, di mana koki memiliki banyak bahan impor di untuk menciptakan beragam kuliner yang nikmat. Namun, negara ini juga memiliki sejarah kuliner yang kaya, dan salah satu hidangan favorit masyarakatnya terutama saat Ramadan, yakni chebab.

Chebab adalah kue dadar yang empuk. Untuk membuat kelezatan yang lezat ini, campurkan kunyit, kapulaga, dan susu hangat untuk membuat adonan, lalu masak di atas wajan panas. Sentuhan terakhir adalah menyiram chebab dengan sirup kurma atau madu.

25. Ma'arouk, Suriah

Di Suriah dan negara tetangga Lebanon, roti ma'arouk yang empuk adalah salah satu suguhan populer saat bulan Ramadhan. Antisipasi meningkat di antara anak-anak dan orang dewasa saat mereka dengan penuh semangat menunggu kesempatan untuk menikmati roti seperti brioche ini.

Adonan ma'arouk diresapi dengan mahlab aromatik, kemudian diisi dengan pasta kurma yang lezat dan campuran kacang yang dicincang halus, menciptakan campuran manis-pedas yang menyatu dengan rasa. Secara tradisional, ma'arouk dibentuk menjadi karangan bunga, dipanggang sampai berwarna keemasan, diolesi dengan sirup gula yang mengandung jeruk, dan disajikan dengan banyak keju, selai, teh panas, atau kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.