Sukses

3 Golongan yang Jauh dari Rasulullah SAW di Hari Kiamat

Dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari Kiamat dan jauh darinya

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam senantiasa mendapatkan syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat. Bagaimana tidak, ketika semua nabi dan rasul kebingungan, Nabi Muhammad SAW memohonkan ampunan untuk umat di hari perhitungan itu.

Sebaliknya, mukmin sangat khawatir bukan menjadi bagian golongan yang mendapat syafaat. Terlebih, hingga dijauhkan dari Rasulullah SAW di hari akhir. 

Sebab pada hari itu, hari seluruh umat manusia dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban, atas apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Tetap, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi SAW.

Seperti dilansir Laduni.id, dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah SAW menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari Kiamat

Salah satu orang dekat dengan Rasulullah  pada hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Siapakah orang berakhlak mulia?

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan adalah bukan orang yang keras, tidak suka menghina sesama dan tidak sombong.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Golongan yang Jauh dari Rasulullah SAW di Hari Kiamat

Sebaliknya, orang yang melakukan tiga perbuatan tersebut, akan menjadi orang yang paling jauh dari Nabi Muhammad SAWpada saat hari Kiamat.

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إليّ وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة أحاسنكم أخلاقا وإن أبغضكم إليّ  وأبعدكم منّي مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون

Dari Jabir bin Abdullah bin Amru bin Haram Al-Anshari radliyallahu anhu (607-697 M, Jannatul Baqi' Madinah) berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : “Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi Asy-Syafi'i atau Imam At-Tirmidzi rahimahullah wafat 9 Oktober 892 M, Termez, Uzbekistan).

Hadis di atas, juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari rahimahullah (20 Juli 810 M - 1 September 870 M di Uzbekistan) dalam kitab Shahihnya, Imam Muslim rahimahullah (wafat 5 Mei 875 M, Naisabur, Iran) dalam kitab Shahihnya dan Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah (wafat 2 Agustus 855 M, Bagdad, Irak) dalam kitab Musnadnya.

Kesimpulannya, empat golongan yang dijauhkan dari Rasulullah SAW di hari kiamat adalah:

1. Orang yang keras dan rakus

2. Orang yang suka menghina

3. Orang yang sombong

Wallahu A'lam.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.