Sukses

Mengintip Kegiatan Jemaah Haji Jelang Wukuf Arafah

Sejumlah jemaah calon haji asal Indonesia mengisi waktu jelang wukuf Arafah dengan membaca Al-Qur'an, berzikir, hingga salat sunah di dalam tenda.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji mengisi kegiatan jelang wukuf di Arafah dengan salat sunah dan zikir, Jumat (8/7/2022). Para jemaah telah didorong dari hotel di Makkah pada Kamis 7 Juli 2022 kemarin untuk melaksanakan puncak ibadah haji.

Seperti yang dilakukan dua jemaah haji dari Gresik, Jawa Timur. Nisa Faqih Hairani (53) dan Ihwani (47) di tenda Maktab 6, Tenda 1, Kloter 21 SUB mengatakan, aktivitas yang dilakukan seperti jemaah lain yakni melakukan salat sunah dan zikir semenjak tiba di Arafah.

"Salat duha, zikir," kata Nisa.

Dia mengaku berdoa meminta diberi keselamatan dunia akhirat. "Untuk negara jangan terpecah belah umat. Rukun, damai, jangan berantem. Doa yang terbaik untuk Indonesia," kata dia.

Mereka pun membawa sejumlah baju ganti, makanan, obat dan master. "Bawa vitamin juga," kata Nisa yang mendaftar haji pada 2011.

Jemaah lainnya, Agus Subagio pun demikian. Dia mengisi waktu jelang wukuf Arafah dengan membaca Al-Qur'an, zikir, dan salat.

"Mengisi waktu menjelang wukuf, berdoa, mendoakan yang ditinggal di rumah, sanak famili, teman handai taulan," katanya.

"Ucapan Terima kasih mendoakan kita naik haji. Saling mendoakan. Mendoakan diri saya dan keluarga, barokah umur, rezeki, dijauhkan dari segala penyakit Indonesia umumnya," tambah Agus.

Pantauan di sejumlah tenda dan luar tenda, banyak jemaah yang membaca Al-Qur'an, zikir dan salat.

Sementara itu, tenda jamaah haji asal Indonesia ini tampak dilengkapi dengan karpet, kasur busa serta bantal. Masing-masing jemaah juga diberikan selimut.

AC yang terpasang di sejumlah sudut tenda membuat udara di dalam terasa sejuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

134 Jemaah Safari Wukuf, 56 Orang Dibadalhajikan

Sebanyak 134 jemaah calon haji akan disafariwukufkan. Sedangkan jemaah yang akan dibadalhajikan ada 56 orang berdasarkan data per Kamis, 7 Juli 2022.

Data yang bersumber dari hasil koordinasi Kabid Bimbad Alam Agoga dengan Kasi Kesehatan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dr M Imran menyebutkan, dari 134 jemaah yang disafariwukufkan, ada 106 safari wukuf dengan duduk di bus dan 27 jemaah safari wukuf baring. Mereka adalah pasien yang berasal dari KKHI.

Sedangkan 1 jemaah lainnya merupakan jemaah safari wukuf duduk yang dirawat di rumah sakit pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, 56 jemaah yang dibadalhajikan terdiri atas 27 orang wafat di Saudi, 1 wafat di embarkasi, dan 1 jemaah wafat pada 2019.

Kemudian, ada 15 anggota jemaah badal haji karena sakit berat. Pasien ini dirawat di KKHI. Selain itu, ada 12 jemaah jemaah yang badal haji karena sakit berat dan dirawat di RSAS.

Sebelumnya, 182 anggota jemaah calon haji rencananya disafariwukufkan per Rabu, 6 Juli 2022.

"Untuk kemudian pada hari Jumat (9 Zulhijah) bersama-sama berangkat ke Arafah dengan menggunakan bus," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana di Kantor KKHI Makkah, Rabu (6/7/2022).

Direncanakan, bus yang digunakan mencapai 10 unit untuk 182 anggota jemaah. Dari data 182 anggota jemaah menjadi calon peserta safari wukuf, sebanyak 162 anggota jemaah merupakan calon peserta duduk dan 20 anggota jemaah merupakan calon peserta baring.

Sebanyak 113 calon peserta safari wukuf merupakan jemaah yang saat ini berada di kloter. Sementara calon jemaah safari wukuf yang saat ini masih menjalani perawatan di KKHI, sampai hari ini sejumlah 69 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.