Sukses

Libur Idul Adha 2024, Catat Jadwal Libur Panjangnya

Libur Idul Adha tahun 2024 jadi libur panjang yang wajib ditunggu.

Liputan6.com, Jakarta Libur Idul Adha memang selalu dinantikan sebagai momen penting dalam agama Islam. Selain sebagai waktu untuk salat Idul Adha dan pelaksanaan ibadah kurban, libur ini juga menjadi kesempatan berharga untuk bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Tidak hanya itu, banyak yang menggunakannya sebagai waktu untuk melepas penat dengan liburan atau aktivitas menyenangkan lainnya. Dengan begitu, libur Idul Adha 2024 menjadi momen yang sangat dinanti-nanti oleh banyak orang. 

Libur Idul Adha sendiri biasanya berlangsung selama beberapa hari, memberikan cukup waktu bagi umat Muslim untuk merayakan dan beristirahat. Tidak jarang pula adanya cuti bersama yang menyertainya, membuat suasana liburan semakin meriah. Dengan begitu, tidak hanya momen ibadah yang disambut dengan khidmat, tetapi juga kesempatan untuk merayakan dengan lebih santai bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, informasi lengkap mengenai berapa hari libur Idul Adha 2024 dan adanya cuti bersama dapat ditemukan dengan mudah. Perlu diketahui, kepastian ini juga bisa bervariasi tergantung pada kebijakan pemerintah setempat. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa informasi terbaru agar bisa merencanakan kegiatan dan liburan dengan lebih baik.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pada Kamis (13/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Libur Idul Adha 2024?

Idul Adha tahun 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 17 Juni. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selain itu, hasil sidang isbat yang diadakan pemerintah pada tanggal 7 Juni juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Idul Adha. Kedua lembaga ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah, menyepakati bahwa 10 Zulhijah pada tahun 2024 bertepatan dengan tanggal 17 Juni.

Dengan jatuhnya Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024, maka hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional. Secara langsung, libur Idul Adha berlangsung selama satu hari. Namun, karena jatuh pada hari Senin, maka jika dikombinasikan dengan libur akhir pekan, libur tersebut dapat dinikmati selama tiga hari berturut-turut. Apalagi, bagi yang mengambil cuti pada hari Jumat, maka gabungan liburnya akan semakin panjang. Dengan demikian, libur Idul Adha 2024 akan terasa lebih lama dan menjanjikan sebuah long weekend yang menyenangkan bagi banyak orang.

Libur panjang ini tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, merayakan hari besar dengan khidmat, maupun untuk bersantai dan menikmati waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan kegiatan selama libur Idul Adha dengan baik agar dapat maksimal menikmati momen berharga ini.

 
3 dari 3 halaman

Cuti Libur Idul Adha 2024

Pemerintah telah menetapkan libur Lebaran Idul Adha pada tahun 2024, dimulai pada hari Senin tanggal 17 Juni. Pengumuman ini didasarkan pada Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga Menteri, yakni Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 yang mengatur tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk tahun 2024.

Dalam SKB tersebut, terdapat ketentuan yang menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha akan menjadi hari libur nasional pada tanggal 17 Juni 2024. Libur ini kemudian dilanjutkan dengan cuti bersama keesokan harinya, yakni tanggal 18 Juni 2024. Dengan demikian, total hari libur untuk Idul Adha pada tahun 2024 adalah selama dua hari berturut-turut, yaitu Senin dan Selasa.

Ketetapan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan dan menjalankan ibadah dengan khusyuk, sekaligus menikmati waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Dengan adanya cuti bersama, suasana libur Idul Adha tahun 2024 akan terasa lebih panjang dan memberikan kesempatan untuk rehat dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.