Sukses

Kawaii Artinya Imut, Ketahui Asal-Usul, Ungkapan dan Contoh Kalimat

kawaii artinya imut atau kecil, yang digunakan untuk menggambarkan penampilan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Kawaii artinya imut atau kecil, di mana penggunaan kata ini adalah konsep budaya Jepang. Istilah kawaii sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki daya tarik visual yang menggemaskan, lucu, dan menghibur. Dalam budaya Jepang, kawaii bukan hanya sekadar gaya visual, tetapi juga mencerminkan sebuah sikap, gaya hidup, dan filosofi. 

Asal mula kata kawaii dapat ditelusuri pada zaman Edo di Jepang, ketika kata ini digunakan untuk menggambarkan hal-hal kecil yang menggemaskan seperti hewan peliharaan, bunga, dan benda-benda sehari-hari. Namun, kawaii artinya imut ini memiliki popularitas tinggi setelah era modern Jepang, terutama melalui budaya pop seperti manga, anime, dan industri hiburan Jepang lainnya.

 

Fenomena kawaii telah menyebar ke luar Jepang, dan mendapatkan penggemar di seluruh dunia. Banyak orang di luar Jepang menikmati seni kawaii dan menggunakannya sebagai inspirasi dalam karya seni mereka sendiri. Kawaii artinya imut ini juga telah mempengaruhi budaya populer global, dengan banyak merek dan perusahaan menggunakan elemen kawaii dalam produk mereka.

Berikut ini arti kawaii yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/5/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-Usul Kata Kawaii

Kata "kawaii" berasal dari bahasa Jepang, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "menggemaskan", "lucu", atau "imut". Kata ini memiliki akar kata "kawa", yang berarti "takut" atau "tunduk", serta akhiran "ii", yang berarti "baik" atau "indah". Asal mula penggunaan kata "kawaii" dalam konteks modern, dapat ditelusuri pada awal abad ke-20 di Jepang. Pada saat itu, istilah ini digunakan untuk menggambarkan objek atau hal-hal yang memiliki sifat imut atau menarik secara visual, seperti benda-benda kecil yang lucu atau binatang peliharaan yang menggemaskan.

Pada dekade 1970-an, kawaii mulai mendapatkan popularitas yang lebih luas di Jepang melalui perkembangan industri hiburan, terutama manga dan anime. Karakter-karakter kartun dengan ciri khas kawaii, seperti mata besar, wajah bulat, dan ekspresi imut, mulai muncul dan menjadi sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja. Kemudian, istilah "kawaii" semakin meluas penggunaannya dan menjadi bagian integral dari budaya pop Jepang.

Kawaii tidak hanya terbatas pada dunia hiburan, tetapi juga mempengaruhi fashion, desain, makanan, dan gaya hidup. Saat ini, kawaii telah menjadi simbol ikonik dari Jepang di mata dunia dan memiliki pengaruh yang kuat dalam budaya populer global. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, kawaii juga telah meluas ke ranah digital. 

3 dari 4 halaman

Ungkapan Kawaii

Meelansir dari Alex Rock in Japanese, berikut tujuh ungkapan yang merupakan pengembangan dari kata kawaii.

1. Kawayu/Kawayusu

Kawayu (かわゆ, 川湯), memiliki arti yang sama dengan kawaii, tetapi ungkapan kawayusu lebih sering dipakai dalam situasi informal dan media sosial. Kawayu adalah salah satu slang dalam bahasa Jepang, dan hanya digunakan untuk memuji orang lain. Walaupun kawayu dapat digunakan untuk laki-laki maupun perempuan, umumnya pria Jepang lebih sering menggunakan kawayusu.

2. Kakko Kawaii

Kakko kawaii (カッコ可愛い, かっこかわいい) adalah ungkapan, untuk memadukan sesuatu yang imut dan keren secara bersamaan. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk mendeskripsikan seseorang yang keren dan imut secara bersamaan. 

3. Kawachii

Kawachii (かわちー, かわちい) digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat imut dan kekanak-kanakan. Ungkapan ini biasanya digunakan oleh wanita muda, agar dirinya terlihat seperti anak kecil dan diucapkan pada orang yang dirasa imut dan menggemaskan.

4. Gekikawa

Gekikawa (激かわ) terdiri dari kata geki (激), yang berarti “sangat” dan kawa (かわ) yang merupakan dua suku kata pertama dari kawaii. Jadi, gekikawa memiliki arti “sangat imut”. Ungkapan ini dapat digunakan dalam percakapan informal antara pria dan wanita yang sama-sama masih muda.

5. Mecha Kawa

Hampir sama dengan gekikawa, mecha kawa (めちゃカワ) juga memiliki arti “sangat imut”, tetapi ungkapan ini hanya digunakan untuk kondisi informal. Kamu juga bisa mengatakan “mecha kawaii” (めちゃ可愛い, めちゃかわいい) atau “mecha kucha kawaii” (めちゃくちゃ可愛い, めちゃくちゃかわいい).

6. Kyuuto

Kyuuto (キュート) adalah kata serapan dari bahasa Inggris cute yang sama-sama memiliki arti “imut”. Ungkapan ini jarang digunakan di Jepang, karena bukan kata asli bahasa Jepang. Jadi, masyarakat Jepang lebih memilih untuk tetap menggunakan kata kawaii.

7. Aikurushii

Aikurushii (愛くるしい) dapat diartikan sebagai indah, imut, menawan, dan manis. Kata ini digunakan dalam bahasa Jepang, untuk menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang imut dan manis. Berbeda dengan kata kawaii yang tidak digunakan untuk menyebut seseorang yang manis dan menggemaskan.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Menggunakan Kawaii

Berikut contoh kalimat yang mengandung kata kawaii, beserta terjemahannya agar kamu lebih mudah memahami cara penggunaannya.

1. 私の娘は可愛くて綺麗です わたしのむすめはかわいくてきれいです.

(watashi no musume wa kawaikute kirei desu) – Anak perempuanku imut dan cantik.

2. 私の彼氏は可愛くない (わたしのかれしはかわいくない)

(watashi no kareshi wa kawaikunai) – Kekasihku tidak imut.

3. 赤ちゃんは可愛いですね (あかちゃんはかわいいですね)

(akachan wa kawaii desu ne) – Bayi itu lucu, bukan?

4. Kawaii (かわいい) - "cute" or "adorable"

5. Kawaiisō (かわいそう) - "pitiful" or "poor thing"

6. Kawaiikunai (かわいくない) - "not cute"

7. Kawaiiko (かわいこ) - "cute child" or "adorable kid"

8. Kawaiineko (かわいいねこ) - "cute cat"

9. Kawaiiyatsu (かわいいやつ) - "cute person" or "adorable individual"

10. Kawaiihito (かわいいひと) - "cute person"

11. Kawaiimonono (かわいいもの) - "cute thing"

12. Kawaiihana (かわいい花) - "cute flower"

13. Kawaiigaaru (かわいいガール) - "cute girl"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.