Sukses

15 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Harus Diperhatikan

Penyebab kantung mata hitam baiknya Anda pahami sebelum memilih bagaiman cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kantung mata hitam kadang tidak disadari oleh orang-orang. Umumnya banyak yang menganggap bahwa penyebab kantung mata hitam hanya disebabkan oleh kurang tidur. Ya memang, akan tetapi selain itu ternyata penyebab kantung mata hitam tersebut justru timbul dari gaya hidup sehari-hari.

Jika tidak sesegera mungkin menyadari penyebab kantung mata hitam tersebut, akan menyebabkan penampilan pada wajah terlihat kurang segar dan terkesan lesu. Bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri.

Terkadang, saat timbul kantung mata hitam tersebut, kita hanya terfokus untuk mencari bagaimana cara menghilangkannya. Padahal, bisa saja setelah hilang kantung mata hitam tersebut akan kembali lagi, tentu karena kita tidak tahu apa sebenarnya penyebab kantung mata hitam tersebut.

Kurang pahamnya akan apa sebenarnya penyebab kantung mata hitam tersebut, maka bisa saja kita justru melakukan cara perawatan yang salah dalam menghilangkan kantung mata hitam tersebut. Dan tentunya akan memperbesar risiko dampak buruknya apabila terlanjur menggunakan obat-obatan kimia.

Agar dapat mengenali apa sesungguhnya penyebab kantung mata hitam yang diderita, tentu agar cara pengobatannya sesuai dengan sumber masalahnya. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai apa saja penyebab kantung mata hitam tersebut, Selasa (5/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab kantung mata hitam karena kebiasaan sehari-hari

1. Kurang tidur

Penyebab pertama dari kantung mata hitam yang umum ditemui, yaitu karena kurang tidur. Hal ini dapat memicu timbulnya kantung mata hitam. Alasannya karena kurang tidur dapat memperlambat sirkulasi darah dan memicu munculnya kantung mata hitam di bawah mata.

Selain itu, dengan kurang tidur, maka tubuh tidak berhasil mengeluarkan cairan berlebih sehingga akan membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata yang menyebabkan kantung hitam tersebut.

2. Tidur dengan posisi tengkurap

Mungkin terlihat menjadi hal yang cukup sepele. Namun, ternyata tidur dengan posisi tengkurap dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Apabila Anda sering tidur dengan posisi tengkurap ternyata dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata dan itulah yang menyebabkan timbulnya kantung mata hitam tersebut.

Jadi akan lebih baik jika Anda merubah posisi tidur Anda. Cobalah dengan posisi tidur menyamping, karena dengan posisi menyamping maka akan membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mencegah masalah kantung mata hitam.

3. Kebiasaan menggosok mata

Kebiasaan menggosok pada bagian mata ternyata dapat menimbulkan kantung mata hitam tersebut. Hal ini karena daerah sekitar mata tersebut merupakan susunan dari kulit yang sangat halus dan juga sensitif. Karena sifatnya yang demikian, maka apabila Anda terlalu sering menggosoknya maka dapat menyebabkan reaksi inflamasi dan menyebabkan kantung mata menjadi hitam.

3 dari 5 halaman

Penyebab kantung mata hitam karena bahan minuman atau makanan

4. Banyak minum kopi

Kopi memang terkenal karena dapat mengurangi rasa kantuk. Namun walaupun begitu, apabila Anda terlalu banyak meminum kopi maka dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, cepat lelah, dan berujung pada memengaruhi kondisi mata.

Jadi ada baiknya, apabila Anda sulit untuk lepas dari kafein, maka coba berganti ke minuman seperti teh hijau. Selain memiliki kandungan kafein, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh.

5. Mengonsumsi garam berlebihan

Salah satu penyebab sari kantung mata hitam selanjutnya yaitu karena mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan. Mengonsumsi garam dengan berlebihan dapat membuat Anda berisiko untuk dehidrasi dan akhirnya menimbulkan kantung mata hitam.

6. Kurang konsumsi air putih

Saat tubuh kekurangan cairan, biasanya akan timbul rasa haus. Setelah itu tubuh akan tiba-tiba mengalami kelelahan. Disaat tubuh lelah, biasanya pembuluh darah di sekitar mata akan melebar dan membuat timbulnya kantung mata hitam.

7. Mengonsumsi alkohol

Apabila Anda gemar mengonsumsi alkohol, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya kantung mata hitam. Kareana alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebar hingga pada akhirnya akan timbul kantung mata hitam.

4 dari 5 halaman

Penyebab kantung mata hitam karena produk kecantikan

8. Iritasi produk kecantikan

Iritasi ini biasanya karena adanya sisa-sisa sampo, kondisioner, atau pembersih wajah yang belum terbilas bersih saat menggunakannya. Biasanya bahan tersebut akan tertinggal di lipatan mata dan akhirnya menyebabkan iritasi di kantung mata. Jadi ada baiknya jika Anda menggunakan produk kecantikan yang memiliki sifat hypoallergenic.

9. Penggunaan skin care

Salah satu jenis produk skin care yang biasa digunakan adalah eye cream. Eye cream ini berfungsi untuk merawat kulit tipis di sekitar area mata.

Di dalam eye cream ini terdapat jenis kandungan bahan seperti, retinol, salicylic acid, dan glycolic acid. Memang, jenis bahan-bahan tersebut efektif untuk mengatasi permasalahan di area mata, namun jika salah dalam pengaplikasiannya dapat menyebabkan masalah lain seperti iritasi. Iritasi tersebut yang akan menimbukan timbulnya kantung mata hitam.

10. Malas membersihkan makeup

Kebiasaan ini tentu saja akan menimbulkan terbentuknya kantung mata hitam, mengingat makeup tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang akan berbahaya bagi kulit wajah jika terlalu lama ada di permukaan kulit. Oleh sebab itu ada baiknya Anda untuk membersihkan makeup terutama yang ada di area kantung mata.

5 dari 5 halaman

Penyebab kantung mata hitam karena kondisi tubuh

11. Pengaruh keturunan

Jika sedari kecil memang sudah terlihat memiliki kantung mata hitam, mungkin hal tersebut merupakan jenis faktor genetik yang memang tidak dapat dengan cepat dihilangkan. Namun, Anda bisa mencoba dengan melakukan perawatan mata yang bisa bertahap mengurangi adanya kantung mata hitam tersebut, walau mungkin tidak sepenuhnya akan hilang.

12. Usia yang bertambah

Karena kulit sudah mulai kehilangan kolagen dan jaringan lemak, terutama pada bagian wajah, maka akan membuat kulit menjadi kendur. Lalu akan timbul cairan yang terkumpul pada area bawah mata yang biasa disebut dengan kantung mata hitam.

13. Hormon

Apabila tubuh mengalami kelebihan estrogen maka akan menyebabkan memar dan menyebabkan kantung mata hitam. Hal tersebut memang dikarenakan adanya fluktuasi kadar hemoglobin. Adanya sindrom pramenstruasi dan menopause dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan dan akhrinya akan meningkatkan pigmentasi kulit.

14. Alergi

Memang terdapat beberapa hal yang dapat menjadi salah satu penyebab kantung mata menjadi hitam, salah satunya alergi. Adanya zat penyebab alergi ini dapat menjadi sebab timbulnya inflamasi pada area bawah mata yang memberi warna gelap pada area bawah mata Anda.

15. Stres

Salah satu penyebab banyak timbulnya penyakit adalah stres. Selain kerena menimbulkan susah tidur, hal tersebut dapat berdampak panjang pada timbulnya kantung mata hitam.

Ibarat dampak berantai, ketika stres maka Anda akan sulit tidur, akhirnya mengurangi waktu tidur Anda dan timbulah kantung mata hitam. Oleh karena itu, selalu usahakan diri terhindar dari stres berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini